×
×

Search in Mata Mata Musik

The 1975 Rilis Video Fitur Greta Thunberg Gugah Kesadaran Perubahan Iklim

Posted on: 05/29/20 at 8:30 am

Matt Healy (The 1975) dan Greta Thunberg.
Matt Healy (The 1975) dan Greta Thunberg. (Foto: Jordan Hughes).

The 1975 telah merilis video baru lagu kolaborasi self-titled mereka dengan aktivis muda asal Swedia, Greta Thunberg. Lagu yang menjadi pembuka album terbaru dari band pop-rock Inggris ini, Notes On A Conditional Form, telah menuai banyak pujian saat perilisannya karena membantu meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim di Bumi.

Baca juga: The 1975 Rayakan Persahabatan Mereka Dengan ‘Guys’, Lagu Barunya

Video pendamping baru untuk lagu berjudul ‘The 1975’ ini menampilkan pidato motivasional dari Greta Thunberg diiringi instrumentalnya, yang diputar di atas serangkaian gambar peringatan tentang dampak perubahan iklim terhadap planet yang kita huni ini.

Saat berbicara tentang waktu dia bertemu dengan Greta Thunberg tahun lalu di Pedestrian.TV, vokalis unik The 1975 Matt Healey mengatakan bahwa juru kampanye lingkungan berusia 17 tahun itu adalah “satu-satunya orang yang benar-benar membuatku sangat kagum”.

“Dia (Greta) sangat terkenal dalam segi ikonografi. Kamu tahu dia seperti ada di berbagai poster dengan ketenaran selevel (Mahatma) Gandhi. Jadi ketika aku pertama kali melihatnya melalui kaca studio, melalui semacam kaca buram ini, kamu bisa melihat garis siluetnya. Dan seperti kata Slash, ‘Untuk menjadi benar-benar ikonik, kamu harus bisa dikenali (bahkan) dalam bentuk siluet’. Dia dapat dikenali dalam siluetnya. Jadi, itu benar-benar (terasa) kuat”.

Matt Healy lalu melanjutkan: “Greta Thunberg adalah orang paling punk yang pernah aku temui dalam hidupku. Ketika aku bertemu dengannya, dia mengenakan t-shirt ‘all-stars anti-fasis’. Aku tahu (maksudnya), itu bukan seperti ‘antifa’ (gerakan anti fasis AS) – dia tidak mendukung kekerasan, dia mendukung… keadaan yang alami, bro. Aku berasal dari hal semacam itu”.

NME menggambarkan lagu itu sebagai “sebuah langkah yang sangat berani” yang “menantang pendengar untuk memberontak terhadap kekuasaan” dalam sebuah ulasan bulan Juli lalu.

Baca juga: Clairo, Phoebe Bridgers, dan Rina Sawayama Turut Promosikan Album Baru The 1975

Dalam ulasan album terbaru The 1975, Notes On A Conditional Form, NME menulis: “Alih-alih mengeluarkan album lain tentang kondisi dunia saat ini, The 1975 entah bagaimana mengeluarkan album yang dibuat khusus untuk sesi berintrospeksi, didengarkan melalui headphone sambil menari di sekitar ruangan tamu kamu, sesuatu yang bermakna dan luas dan kadang-kadang konyol demi membuat pendengar mengulang-ngulang lagunya, di mana lagu favorit kamu akan terasa beda setiap harinya. Sesuatu yang membutuhkan waktu dan perhatian – sesuatu yang tepat untuk kondisi saat ini”.

Ok mari kita nonton video The 1975 bersama Greta Thunberg di bawah ini:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

#LetTheMusicPlay

Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTh...

Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!). Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheM

on Jul 3, 2020
Mike Shinoda

Mike Shinoda Umumkan Album Baru Yang Dibuat di Twitch Bersama Fans

Mike Shinoda. (Foto: Frank Maddocks). Di awal masa karantina, salah satu pendiri Linkin Park, Mike Shinoda jatuh cinta dengan layanan livestream Twitch. Dia

on Jul 1, 2020
Antartick & Bogorian Voices.

Antartick & 17 Musisi Bogor Serukan Bangkit Dari Pandemi Lewat ‘Indo...

Antartick & Bogorian Voices 'Indonesia Kita'. Perubahan kini terjadi di segala penjuru. Alih-alih mengeluh dan berhenti berkarya bukankah sebaiknya kita

on Jun 25, 2020
Robb Flynn

Robb Flynn (Machine Head) Katakan “Fuck No!” Kepada Konser Musik D...

Robb Flynn (Machine Head). (Foto: Grizzlee Martin). Robb Flynn telah menyuarakan pendapatnya mengenai kemungkinan dia bersama Machine Head bermain konser dr

on Jun 25, 2020