×
×

Search in Mata Mata Musik

The Beatles: 13 Urutan Peringkat Album Dari Terburuk Hingga Terbaik

Posted on: 03/20/21 at 11:30 am

13 Urutan Peringkat Album The Beatles Dari Terburuk Hingga Terbaik

Jujur saja, judul artikel ini mengandung clickbait yang sedikit misleading. Di mana letak misleading-nya? Pemakaian diksi “Terburuk”. Karena dari 13 album studio yang dimiliki The Beatles selama tujuh tahun karier rekaman mereka sebenarnya enggak ada yang buruk. Enggak ada sama sekali. Bahkan hampir setiap dari semua album tersebut adalah sebuah mahakarya. Kejayaan band rock and roll legendaris ini selama satu dekade, 1960-1970 menjadi salah satu periode paling subur dalam sejarah musik. Hal itu juga membantu memperjelas bahwa The Beatles memiliki dua penulis lagu terbaik abad ke-20, John Lennon dan Paul McCartney.

Baca juga: Alasan Mengapa The Beatles Bubar 50 Tahun Yang Lalu

Jadi pada dasarnya, enggak ada yang salah dengan album The Beatles mana pun (yah, mungkin ada satu atau dua album). Tetapi yang manakah dari album penting mereka yang terbaik? Rubber Soul? Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band? Abbey Aroad?

Kami kembali mendengarkan semua album The Beatles untuk membuat daftar 13 Urutan Peringkat Dari Terburuk hingga Terbaik, yang bisa lo lihat di bawah. Garis perbedaan di antara sebagian besar album-album ini sangat tipis sehingga kami bahkan enggak akan berdebat kalau lo mulai berdebat tentang penempatan album ini atau yang itu (kecuali lo mencoba memberi tahu kami bahwa Yellow Submarine lebih baik daripada Abbey Road, hehe). Seperti yang kami bilang, semuanya bagus kok.

13. Yellow Submarine (1969)

The Beatles - Yellow Submarine

Yellow Submarine adalah album studio kesepuluh The Beatles, dirilis pada 13 Januari 1969 di Amerika Serikat (AS) dan pada 17 Januari di Inggris. Dirilis sebagai soundtrack untuk film animasi berjudul sama, yang ditayangkan perdana di London pada Juli 1968. Album ini berisi enam lagu oleh The Beatles, termasuk empat lagu baru dan yang sebelumnya dirilis, ‘Yellow Submarine’ dan ‘All You Need Is Love’. Sisa dari album ini adalah rekaman ulang soundtrack orkestra film ini oleh produser The Beatles, George Martin.

12. Magical Mystery Tour (1967)

The Beatles - Magical Mystery Tour

Magical Mystery Tour adalah mini album alias EP dobel The Beatles yang dirilis di Inggris dan LP di AS. Album ini termasuk soundtrack untuk film televisi tahun 1967 dengan judul sama. EP ini dirilis di Inggris pada 8 Desember 1967 oleh Parlophone Records, dan Capitol Records yang merilis LP-nya di AS pada 27 November yang menampilkan lima lagu tambahan yang awalnya dirilis sebagai single tahun itu. Pada tahun 1976, Parlophone merilis LP-nya berisi sebelas lagu di Inggris.

11. Beatles for Sale (1964)

The Beatles - Beatles for Sale

Beatles for Sale adalah album studio keempat The Beatles. Album ini dirilis pada 4 Desember 1964 di Inggris oleh Parlophone Records, sublabelnya EMI. Album ini menandai keberangkatan dari nada optimis yang menjadi ciri karya The Beatles sebelumnya, sebagian karena kelelahan band setelah serangkaian tur yang menjadikan mereka sebagai fenomena di seluruh dunia pada tahun 1964. Beatles for Sale tidak tersedia secara luas di AS sampai tahun 1987, ketika katalog The Beatles distandarisasi untuk dirilis dalam bentuk CD. Sebaliknya, delapan dari empat belas lagu di album ini muncul dirilis bersamaan dengan album Beatles ’65, yang diterbitkan Capitol Records hanya di Amerika Utara.

10. Help! (1965)

The Beatles - Help!

Help! adalah album studio kelima dan soundtrack untuk film The Beatles dengan judul sama. Album ini dirilis pada 6 Agustus 1965. Tujuh dari empat belas lagu, termasuk single ‘Help!’ dan ‘Ticket to Ride’, muncul dalam film tersebut dan ada di sisi pertama dari album vinyl-nya. Sisi kedua termasuk ‘Yesterday’, lagu The Beatles yang paling banyak di-cover artis lain sejauh ini. Album ini mendapat review yang bagus dan menduduki puncak tangga lagu Australia, Jerman, Inggris dan AS.

9. Let It Be (1970)

The Beatles - Let It Be

Let It Be adalah album studio kedua belas dan terakhir The Beatles. Album ini dirilis pada 8 Mei 1970, hampir sebulan setelah band bubar, bersamaan dengan filmnya yang berjudul sama. Seperti kebanyakan rilisan band sebelumnya, album ini menduduki puncak tangga lagu di banyak negara, termasuk AS dan Inggris. Namun, respons kritis terhadap album ini kurang menguntungkan, dan Let It Be dianggap sebagai salah satu album rock paling kontroversial dalam sejarah. Yah just let it be lah, sesuai makna judulnya.

8. Please Please Me (1963)

Please Please Me adalah album studio debut The Beatles. Diproduseri oleh George Martin, album ini dirilis oleh Parlophone Records-nya EMI pada 22 Maret 1963 di Inggris, menyusul kesuksesan dua single pertama band, ‘Love Me Do’, yang mencapai nomor 17 di UK Singles Chart, dan ‘Please Please Me’ yang mencapai nomor 1 di tangga lagu majalah NME dan Melody Maker. Album ini menduduki puncak tangga lagu LP Record Retailer selama 30 minggu, pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk album rock pada saat itu.

7. With the Beatles (1963)

With the Beatles adalah album studio kedua The Beatles. Album ini dirilis pada 22 November 1963 oleh Parlophone Records, tepat delapan bulan setelah album debut Please Please Me. Diproduseri oleh George Martin, album ini menampilkan delapan komposisi asli (tujuh oleh Lennon–McCartney dan ‘Don’t Bother Me’, komposisi solo rekaman pertama George Harrison dan yang pertama dirilis di album The Beatles) dan enam lagu cover (kebanyakan dari hits artis Motown). Foto sampul albumnya dijepret oleh fotografer fesyen Robert Freeman dan sejak itu telah ditiru oleh banyak grup musik selama bertahun-tahun. Sampul yang berbeda digunakan untuk perilisan album ini di Australia, yang tidak disukai para personel The Beatles.

6. A Hard Day’s Night (1964)

A Hard Day’s Night adalah album studio ketiga The Beatles, dirilis pada 10 Juli 1964 oleh Parlophone Records, dengan sisi pertama berisi lagu-lagu dari soundtrack untuk film mereka dengan judul sama. Album versi Amerika dirilis dua minggu sebelumnya, pada 26 Juni 1964 oleh United Artists Records, dengan daftar lagu yang berbeda. Berbeda dengan dua album pertama The Beatles, 13 lagu di A Hard Day’s Night ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney, yang menunjukkan perkembangan kemitraan penulisan lagu mereka.

5. Rubber Soul (1965)

Rubber Soul adalah album studio keenam The Beatles. Album ini dirilis pada 3 Desember 1965 di Inggris oleh Parlophone Records-nya EMI, disertai dengan single non-album double A-side ‘Day Tripper’ / ‘We Can Work It Out’. Versi asli untuk edaran Amerika Utara dari album tersebut, yang dikeluarkan oleh Capitol Records, berisi sepuluh dari empat belas lagu dan dua lagu yang ditahan dari Help! album. Rubber Soul mendapat respons secara kritis yang sangat baik dan menduduki puncak grafik penjualan di Inggris dan AS selama beberapa minggu.

4. Abbey Road (1969)

Abbey Road adalah album studio kesebelas The Beatles, dirilis pada 26 September 1969 oleh Apple Records. Diberi judul demikian berdasarkan nama jalan lokasi EMI Studios di London, sampulnya menampilkan empat personel band yang berjalan melintasi jalur zebra cross, sebuah gambar yang menjadi salah satu yang paling terkenal dan ditiru dalam sejarah musik populer. Review album yang awalnya beragam dikontraskan dengan kesuksesan komersial konsernya, menduduki puncak tangga lagu di Inggris dan AS. Single utama ‘Something’ / ‘Come Together’ dirilis pada bulan Oktober dan menduduki puncak tangga lagu AS.

3. The White Album (1968)

Album “self-titled”, The Beatles, juga dikenal sebagai White Album, adalah album studio kesembilan dan satu-satunya album dobel The Beatles, yang dirilis pada 22 November 1968. Bagian sleeve putih polos sampulnya pun tidak berisi gambar atau teks selain nama band yang diembos, yang dimaksudkan sebagai kontras langsung dengan artwork sampul yang ngejreng banget dari album sebelumnya, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. The Beatles dikenal karena gayanya yang terpisah-pisah dan beragam gaya genre, termasuk folk, blues Inggris, ska, nuansa music hall, dan avant-garde. Sejak itu, album ini dipandang oleh beberapa kritikus sebagai karya post-modern, dan juga di antara album terbesar sepanjang masa lainnya. Nampak jelas bahwa album “self-titled” Metallica alias The Black Album terinspirasi dari sini.

2. Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1967)

Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band adalah album studio kedelapan The Beatles. Dirilis pada 26 Mei 1967, album ini menghabiskan 27 minggu di nomor satu di tangga lagu Record Retailer di Inggris dan 15 minggu di nomor satu di tangga lagu Billboard Top LPs di AS. Album ini dipuji oleh para kritikus karena inovasinya dalam penulisan lagu, produksi dan desain grafis artwork sampulnya, untuk menjembatani kesenjangan budaya antara musik populer dan cita rasa seni tinggi, dan untuk mencerminkan minat pemuda kontemporer dan budaya tandingan. Perilisan album ini merupakan momen yang menentukan dalam budaya pop 1960-an, salah satu penanda kelahiran “Summer of Love”, sebuah festival musik dan budaya “hippies” yang dipadati 100.000 orang di Haight-Ashbury, tetanggaan dengan San Fransico, AS.

Baca juga: Tulisan Paul McCartney (The Beatles) Untuk Lirik ‘Hey Jude’ Dijual Rp 14 Miliar

1. Revolver (1966)

Revolver adalah album studio ketujuh The Beatles. Album ni dirilis pada 5 Agustus 1966, disertai dengan single ‘Eleanor Rigby’ / ‘Yellow Submarine’ di sisi A vinylnya. Album ini adalah proyek rekaman terakhir The Beatles sebelum mereka pensiun sebagai penampil live dan menandai penggunaan teknologi studio yang paling terbuka hingga saat ini, membangun kemajuan dari rilisan akhir tahun 1965, Rubber Soul. Sejak itu, album ini dianggap sebagai salah satu album terbesar dan paling inovatif dalam sejarah musik populer, dengan pengakuan yang berpusat pada berbagai gaya musik, sound yang beragam, dan konten lirik.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rock

    Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

    Lunchbox Records di Charlotte, North Carolina, AS, 29 Juli 2018 (Foto: Luke Taylor/MPR). Rock is dead? Rock sudah mati? Jadi ingat pernyataan Gene Simmons t

    on Jul 28, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    Beatallica

    Beatallica, Band Unik Tribute The Beatles & Metallica Kembali Siapkan ...

    Beatallica. (Foto: via Metal Assault Records). The Beatles bisa dibilang adalah band rock terhebat sepanjang masa, dan Metallica adalah band metal terbesar

    on Jan 20, 2021
    Phil Spector

    Phil Spector, Produser Rekaman Legendaris Inventor "Wall of Sound" Tut...

    Phil Spector. (Foto: via CoS). Phil Spector, produser rekaman Amerika Serikat pionir dan inventor "wall of sound" dalam genre pop, yang hidupnya berakhir di

    on Jan 17, 2021