×
×

Search in Mata Mata Musik

The Beatles Sempat Rencanakan Album Lain Setelah Abbey Road

Posted on: 10/4/19 at 2:30 pm

Sejarawan The Beatles Mark Lewisohn membeberkan fakta baru di balik ‘akhir’ dari kisah The Fab Four.

Baca juga: Rayakan 50 Tahun Abbey Road, The Beatles Hadirkan Video Musik “Here Comes The Sun”

Banyak yang beranggapan, The Beatles membuat Abbey Road (1969) sebagai semacam kado perpisahan untuk penggemar mereka, di mana mereka rela mengesampingkan perbedaan besar mereka dan berusaha keras menciptakan satu mahakarya terakhir.

Menurut dugaan, mereka saat itu sudah tahu mereka sebentar lagi akan bubar dan ingin mengakhiri perjalanan dengan kesuksesan besar. Namun, sejarawan The Beatles, Mark Lewisohn, berkata sebaliknya.

Lewisohn mengantongi reputasi sebagai orang yang paham betul soal sejarah The Beatles dengan detail yang sangat mendalam sampai dia bahkan bisa tahu apa yang dilakukan masing-masing personil pada hari tertentu di tahun ’60-an.

Dia pun telah menyalurkan banyak informasi itu ke dalam Hornsey Road, sebuah pertunjukan panggung baru yang tayang di London akhir bulan lalu. Untuk pertunjukan itu, Lewisohn dikabarkan menggunakan kaset, film, foto, mix audio baru, dan koleksi memorabilia serta anekdotnya sendiri untuk menceritakan kisah Abbey Road.

Tetapi seperti yang terungkap dalam fitur baru di The Guardian tentang Hornsey Road, Abbey Road tidak melulu ditakdirkan menjadi album terakhir The Beatles.

Di antara koleksi Lewisohn ada rekaman kaset yang dibuat John Lennon, Paul McCartney, dan George Harrison selama pertemuan mereka pada 8 September 1969, dua minggu sebelum perilisan Abbey Road. Ringo Starr saat itu sedang menjalani pemeriksaan di rumah sakit setelah mengalami masalah di ususnya.

“Ringo—kamu tidak bisa hadir di sini, tapi ini supaya kamu bisa mendengar apa yang kami diskusikan,” kata Lennon dalam rekaman. Mereka lanjut membahas rencana untuk album lainnya dan satu single yang akan dirilis sekitar Natal, seperti yang telah lama menjadi strategi mereka.

Baca juga: The Beatles Kembali ke Abbey Road Untuk Edisi Ulang Tahun ke-50

“Buku-buku yang ada selalu mengatakan mereka tahu Abbey Road adalah album terakhir mereka dan mereka ingin berakhir dengan kesuksesan artistik yang besar,” kata Lewisohn kepada The Guardian. “Tapi tidak—mereka mendiskusikan album berikutnya. Dan kamu pikir John adalah orang yang ingin membubarkan band ini. Tapi ketika kamu mendengar ini, dia tidak seperti itu. Apakah itu tidak mengubah hampir semua hal yang kita pikir kita sudah tahu?”

Dalam rekaman itu, Lennon menyarankan setiap personil membawa kandidat lagu untuk single baru. Dia juga mengatakan, dia merasa kontribusi lagu untuk album berikutnya harus lebih terbagi rata, dengan Lennon, McCartney, dan Harrison masing-masing mendapat jatah empat lagu, dan Ringo dua lagu “kalau dia mau.”

McCartney tampaknya tidak setuju dengan saran ini, dan mengatakan, “Menurut saya sampai album ini, lagu-lagu George tidak begitu bagus,” yang mana dijawab Harrison, “Itu masalah selera. Di setiap titik, orang-orang suka dengan lagu saya.”

Lennon juga menyinggung soal “mitos Lennon-dan-McCartney,” yang memperkuat persepsi lama kalau masing-masing dari mereka menyajikan lagunya sendiri meskipun ada nama mereka berdua di kredit lagu-lagu itu. Dan dia menyarankan McCartney harus mulai menawarkan lagu-lagu yang ‘lebih konyol’ seperti “Maxwell’s Silver Hammer” ke artis-artis seperti penyanyi folk asal Wales, Mary Hopkin, mempertanyakan apakah McCartney sendiri bahkan suka dengan lagu itu. Macca merespons, “Saya merekamnya karena saya menyukainya.”

Baca juga: The Beatles di Top Of The Pops Akan Kembali Ditayangkan

Kalau kamu merasa semua ini menggelitik, tenang saja; Lewisohn sedang mengerjakan biografi The Beatles yang super epik berjudul The Beatles: All These Years. Volume pertamanya, Tune In, mengisahkan tahun-tahun sebelum hit pertama mereka dan sudah dirilis. Dua volume lainnya, Turn On (sekitar 1963-66) dan Drop Out (1967-69) dikabarkan masih dalam pengerjaan. Dan kalau kamu sedang ada di UK, Lewisohn akan memboyong pertunjukan Hornsey Road-nya keliling UK pada musim gugur ini. Lihat tanggal lengkapnya di sini.

Sementara bagi yang di luar UK, sepertinya kita cuma bisa membuat spekulasi tentang mana dari lagu The Beatles solo awal yang mungkin akan menjadi bagian dari album lanjutan Abbey Road, dan seperti apa daftar lagu albumnya.

Keterangan Foto Utama: The Beatles dalam cover Abbey Road. (Foto via Stereogum)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pembunuh John Lennon

Pembunuh John Lennon Beri Pengakuan Baru Alasan Tindakan Kejinya

John Lennon. (Foto: Vinnie Zuffante/Michael Ochs Archives/Getty Images). Seorang pembunuh John Lennon pada tahun 1980, Mark David Chapman mengakui bahwa doi

on Sep 24, 2020
John Lennon

Yoko Ono Merasa John Lennon Bakal Jadi Rapper Jika Masih Hidup

John Lennon. (Foto: via YouTube). Sepanjang kariernya, legenda The Beatles John Lennon telah membuat segala macam musik dari lagu-lagu blues-rock hingga ins

on Aug 6, 2020
Matt Sorum

Matt Sorum (Eks-GN’R) Ungkap Alasan Kenapa Ringo Starr Mengubah Hidu...

Matt Sorum. (Foto: Kevork Djansezian/Getty Images). Matt Sorum telah memuji Ringo Starr sebagai alasan dari kenapa dia mau menjadi seorang dramer. Mantan

on Jul 10, 2020
Slash

10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

Slash. (Foto: Robert Knight Archive, Getty Images). Gitaris legendaris Guns N' Roses (GN'R), Slash adalah orang yang paling bertanggung jawab atas banyaknya

on Jul 4, 2020