×
×

Search in Mata Mata Musik

The Black Keys Hadirkan Joe Walsh dalam Konser di LA

Posted on: 11/22/19 at 7:40 pm

“Cuyahoga River Way” memang terdengar cukup berbeda dari “Rocky Mountain Way,” tetapi beberapa rocker paling terkenal asal Ohio bertemu di Los Angeles pada Selasa malam, saat The Black Keys menghadirkan Joe Walsh di panggung The Forum.

Baca juga: The Black Keys Rilis Video Pertama dalam 5 Tahun

Pertemuan ini mencakup penampilan dua lagu sekitar dua pertiga pagelaran konser keduanya, yang selanjutnya melibatkan duet permainan gitar yang intens. Penonton di arena khususnya terpukau saat Walsh membawakan tambahan yang garang di “She’s Long Gone,” lagu dari album Brothers yang selama hampir satu dekade terakhir banyak dimainkan The Black Keys dalam tur.

Tapi mungkin suguhan yang sebenarnya bagi beberapa fans setia adalah lagu yang tampaknya belum pernah dipentaskan keduanya di depan umum sebelumnya: cover dari lagu “Water Street” milik mendiang rocker asal Cleveland, Glenn Schwartz. Meskipun tidak disebutkan secara gamblang, Schwartz adalah pendahulu Walsh di James Gang pada akhir ’60-an.

Gitaris Dan Auerbach juga penggemar sosok Schwartz. Menceritakan pertemuan pertamanya dengan Schwartz di sebuah pertunjukan klub di Cleveland saat dia masih remaja, Auerbach mengatakan, “Kalian mungkin tidak tahu siapa dia, tapi dia sangat penting bagi saya, dan dia membuat saya terpukau waktu saya masih 16 tahun. Dan gitar Glenn di sinilah, ini gitar yang dia mainkan malam itu. Ternyata, saat Joe masih muda, dia datang ke bar dan melihat aksi Glenn Schwartz yang membuatnya terpukau dan ingin bermain musik rock ‘n’ roll, sama seperti yang terjadi dengan saya. Jadi untuk menghormati teman baik kami Glenn Schwartz, kami akan membawakan salah satu lagunya, oke?”

Berdasarkan laporan Variety, album yang direkam Auerbach, Walsh dan Schwartz bersama pada 2016 lalu akhirnya akan dirilis tahun depan via label Auerbach, Easy Eye Sound.

Baca juga: The Black Keys Batal Tampil di Woodstock 50

Auerbach mulai berteman dengan mendiang pendiri James Gang tersebut—dan penerusnya, Walsh, berteman dengannya—sebelum Schwartz meninggal pada November 2018 di usia 78. Mereka bertiga manggung bersama di Nashville pada 2016, kemudian melanjutkan itu dengan pertunjukan di Coachella selama penampilan band Auerbach lainnya, The Arcs. Sekitar waktu yang sama mereka bertiga masuk studio rekaman, yang hasilnya akan bisa dinikmati tahun depan.

 “Glenn adalah inspirasi rock ‘n’ roll terbesar saya,” kata Auerbach pada majalah Cleveland setelah kematian Schwartz tahun lalu. “Saya menontonnya di Hooples saat saya 18 tahun dan segalanya tidak pernah lagi saya bagi saya. Tidak akan ada The Black Keys tanpa Glenn Schwartz. Saya sangat merindukannya. Dia pria yang baik; dia sangat cinta Tuhan dan musik. Saya sangat menghormati keyakinannya.”

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020
Roy Head

Roy Head, Rocker Lawas Pelantun Lagu Hit ‘Treat Her Right’, Mening...

Roy Head. (Foto via Facebook). Roy Head, rocker yang beken di era 1960-an dan paling dikenal karena lagu hit ‘Treat Her Right’, meninggal dunia pada usi

on Sep 23, 2020
FLUER!

FLEUR! Tampilkan Sisi Maskulin Lewat 'Lagu Lama', Single Terbarunya

FLUER! Trio cewek rock and roll. Ada banyak hal terjadi selama pandemi. Salah satunya adalah pembelajaran atas perubahan yang melahirkan inspirasi untuk ber

on Sep 23, 2020
Alkemirasa

Lewat Single 'Tiga Puluh Dua Derajat', Alkemirasa Refleksikan Arti Keh...

Alkemirasa. Alkemirasa, band shoegaze rock yang berdomisili di Jakarta dengan formasi Akel (vokal/gitar), Fiqo (vokal/gitar), Akbar (dram), Edho (bass) kemb

on Sep 18, 2020