×
×

Search in Mata Mata Musik

The Cranberries Raih Nominasi Grammy Pertama Sepanjang Karier

Posted on: 11/21/19 at 6:08 pm

Nominasi Grammy pertama The Cranberries dalam 30 tahun karier mereka adalah kebahagiaan yang diselimuti kesedihan. Album final mereka, In The End, yang keluar tahun ini mendapat nominasi Best Rock Album pada hari Rabu (20/11), hampir dua tahun setelah kematian vokalis Dolores O’Riordan.

Dirilis sebagai tribute untuk sang mendiang vokalis, album ini menampilkan vokal yang direkam O’Riordan sebelum tutup usia pada Januari 2018, dan personil band yang tersisa (gitaris Noel Hogan, bassist Mike Hogan dan drummer Fergal Lawler) menyelesaikan album ini dengan bantuan keluarga O’Riordan.

The Cranberries memulai pengerjaan album ini hanya beberapa bulan setelah kematian sang vokalis, dan mereka merilis single pertama dari album pada hari peringatan satu tahun kepergian O’Riordan.  

Di kategori Best Rock Album, In the End bersaing dengan album-album milik Bring Me The Horizon, Cage The Elephant, I Prevail dan Rival Sons. Kalau menang, penghargaan ini akan menjadi kemenangan Grammy pertama mereka.

Menanggapi perolehan nominasi Grammy pertama mereka, Hogan mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Kami ingin menyelesaikan album ini untuk sahabat sekaligus teman seband kami, Dolores. Ini merupakan bentuk penghormatan kepadanya, band ini dan fans kami selama 30 tahun terakhir. Menerima nominasi Grammy ini membuat seluruh proses ini menjadi lebih istimewa.” 

Baca juga: The Cranberries Rilis Lagu Baru

“Kami sangat terkejut dan merasa terhormat menerima nominasi Grammy ini,” ungkap Lawler. “Kami yakin Dolores pasti senang.”

Ibunda O’Riordan, Eileen, juga mengeluarkan pernyataan: “Dolores pasti sangat senang dengan ini, dia menaruh hati dan jiwanya ke dalam lagu-lagu dan musiknya. Bagi kami sebagai keluarganya, ini sedikit pahit manis. Kami sangat bangga tapi juga sedih dia tidak lagi di sini untuk menyaksikan dan menikmati ini, tetapi saya merasakan jiwanya hadir di sini.” 

Pagelaran Grammy Awards ke-62 akan digelar pada 26 Januari 2020. Lizzo memperoleh nominasi terbanyak dengan delapan nominasi, termasuk Record of the Year dan Song of the Year untuk “Truth Hurts,” Album of the Year untuk Cuz I Love You (Deluxe) dan Best New Artist. 

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rock

    Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

    Lunchbox Records di Charlotte, North Carolina, AS, 29 Juli 2018 (Foto: Luke Taylor/MPR). Rock is dead? Rock sudah mati? Jadi ingat pernyataan Gene Simmons t

    on Jul 28, 2021
    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021