×
×

Search in Mata Mata Musik

The Metallica Blacklist: Peringkat 53 Lagu Cover Dari Terburuk Ke Terbaik

Posted on: 09/23/21 at 2:00 pm

The Metallica Blacklist: Urutan Peringkat 53 Lagu Cover Dari Terburuk Ke Terbaik

The Metallica Blacklist merupakan album kompilasi “tribute” yang paling megah dalam sejarah musik. Bagaimana tidak, mega proyek ini menampilkan 53 artis lintas genre, bangsa dan generasi. Dari artis pendatang baru hingga nama-nama besar yang legendaris. Sebut saja: Alessia Cara, The Warning, Ha*Ash, Rina Sawayama, Cage the Elephant, J Balvin, Miley Cyrus, Chris Stapleton, Phoebe Bridgers, Ghost, Biffy Clyro, Corey Taylor, Weezer, Elton John, dan masih banyak lagi.

Semua artis tersebut mengcover 12 lagu dari album self-titled Metallica yang lebih dikenal sebagai “The Black Album”. Dari tiap 12 lagu, nampaknya tiap artis bebas memilih lagu mana yang ingin mereka cover. Hasil akhirnya, lagu ‘Nothing Else Matters’ paling banyak peminatnya. Kedua, ‘Sad But True’ dan ‘The Unforgiven’, dan ketiga, ‘Enter Sandman’.

Baca juga: Metallica Rilis Album Berisi 53 Lagu Cover Dari “The Black Album”

Album “tribure to The Black Album” tersebut telah dirilis berbarengan dengan reissue Metallica “The Black Album” pada 10 September 2021. Dalam rangka memperingati 30 tahun mahakarya keramat bagi sejuta umat rock dan metal seantero jagat.

The Metallica Blacklist Ranked From Worst To Best

Masih dalam suasana euforia selebrasi tiga dekade album yang telah mengubah hidup jutaan orang ini, kami membuat daftar urutan peringkat 53 lagu dari 53 artis yang terburuk hingga terbaik dalam The Metallica Blacklist. Sebagian besar artis mengcover dengan versinya masing-masing. Baik menurut genre, instrumen yang dimainkan maupun karakter dari artis itu sendiri. Hasil musikalitas aransemen lagunya pun berbeda-beda.

Golongan lagu-lagu yang baik dan terbaik adalah mereka yang berhasil merombak lagu versi aslinya secara signifikan dan cerdas. Golongan lagu-lagu yang buruk adalah mereka yang gagal menciptakan sebuah lagu cover yang menarik. Dan yang terburuk adalah mereka yang tidak mengcover melainkan hanya me-remix lagu aslinya ke dalam musik ciptaannya. Umumnya dilakukan oleh para pengusung hip hop.

The Black Album Dalam Bentuk Variasi Genre

Di sini lo akan menemukan lagu-lagu “The Black Album” dalam variasi genre yang kaya. Sebut saja: pop, hip hop, jazz, county, latin, reggaeton, folk, techno, rock, alternative rock, punk rock, dan tentu saja heavy metal. Gila ya, bisa terbayang betapa serunya album kompilasi ini.

Baca juga: Metallica “The Black Album” Melonjak Kembali Ke ‘Top Ten’ Billboard 200

Kami membuat grup tiap lagu “The Black Album” dalam sebuah Playlist Spotify di bawah ini yang disusun berdasarkan urutan peringkat dari terburuk (bawah) hingga terbaik (atas). Selamat menikmati.

1. ENTER SANDMAN

Juara: Alessia Cara & The Warning

2. SAD BUT TRUE

Juara: St. Vincent

3. THE UNFORGIVEN

Juara: Ha*Ash

4. HOLIER THAN THOU

Juara: Biffy Clyro

5. WHEREVER I MAY I ROAM

Juara: Chase & Status

6. DON’T TREAD ON ME

Juara: Volbeat

7. THROUGH THE NEVER

Juara: The HU

8. NOTHING ELSE MATTERS

Juara: Miley Cyrus

9. OF WOLF AND MAN

Tanpa juara karena hanya satu penampil di lagu ini.

10. THE GOD THAT FAILED

Juara: Imelda May

11. MY FRIEND OF MISERY

Juara: Izia

12. THE STRUGGLE WITHIN

Tanpa juara karena hanya satu penampil di lagu ini.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    LOVEBITES Heavy Reaction

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Alcatrazz

    Alcatrazz Comeback Via Album Epik "V" Bersama Vokalis Doogie White

    Foto: Alex Solca. Alcatrazz baru saja meluncurkan MV (Music Video) single baru 'Grace Of God' yang bisa lo dengar di akhir artikel ini. Lagu itu diambil dar

    on Oct 10, 2021
    Iron Maiden Fan Principal

    Kepala Sekolah Fans Iron Maiden Dituntut Via Petisi Orang Tua Murid

    Vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson (foto: Kevin RC Wilson), KepSek Sharon Burns (foto: via Change.org). Iron Maiden dan penggemarnya belum lama ini menjad

    on Oct 10, 2021