×
×

Search in Mata Mata Musik

The Rain Garap Single Baru ‘Gombal Itu Indah’ Secara Physical Distancing

Posted on: 05/6/20 at 9:30 am

Wabah virus Corona sedang menjadi perhatian dunia saat ini. Bagaimana tidak, virus yang melanda berbagai negara di belahan dunia ini, sangat meresahkan banyak orang. Angka kasus terinfeksi virus ini pun semakin bertambah, hingga menggoyahkan banyak sektor industri termasuk industri musik.

Minggu kedua bulan Maret 2020, The Rain mengumumkan pembatalan dan penundaan seluruh jadwal panggung hingga waktu yang belum ditentukan. Seluruh personil The Rain yakni Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bass) dan Aang Anggoro (dram) memutuskan untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja, tidak bertemu dulu satu sama lain dan fokus menjaga diri dan keluarga masing-masing. Anggota tim produksi pun terpaksa dirumahkan untuk sementara waktu demi menjaga keselamatan bersama di tengah kondisi pandemi ini.

Baca juga: The Rain Lepas Single Perdana di 2019

Sampai bulan April 2020, The Rain melihat keadaan yang belum membaik. Lewat sebuah rapat virtual dari rumah masing masing, tercetus ide untuk merekam sebuah single tanpa bertemu sama sekali. Sesuatu yang belum pernah The Rain lakukan selama lebih dari 18 tahun berkarya. “Ini kami lakukan sekaligus untuk mengirimkan pesan semangat ke teman-teman di mana pun berada, bahwa kita masih bisa tetap produktif di saat yang sulit ini,” ujar Indra.

Lagu yang dipilih berjudul ‘Gombal Itu Indah’, sebuah lagu yang tadinya ditulis untuk album ketiga The Rain, Serenade pada tahun 2007, namun tidak pernah dimasukkan ke album tersebut maupun album-album berikutnya. Seluruh proses penggarapan lagu ini dilakukan dari rumah masing-masing, mulai dari bongkar pasang aransemen lagu, hingga rekaman seluruh instrumen. Semua data mentah hasil rekaman dikirimkan ke Iwan, sang gitaris, yang sekaligus bertugas sebagai audio engineer, yang juga mengerjakan mixing dan mastering dari rumah.

“Kami memang sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal teknis secara swadaya sejak The Rain menempuh jalur independen pada tahun 2013. Namun kali ini keadaannya benar-benar berbeda. Mau tidak mau semua harus dikerjakan dari rumah,” tambah Iwan.

Tak berhenti di situ, pengerjaan artwork hingga video lirik single ini juga dilakukan dari rumah. Dan The Rain berhasil menyelesaikan lagu yang dibuat tanpa bertemu sama sekali ini untuk para pencinta musik The Rain.

“Keterbatasan kami dalam kondisi yang sekarang ini, justru memicu kreativitas kami. Bukan berarti dirumah saja, proses kreatif ikut berhenti. Kami tetap bikin karya”, tutup Aang, sang dramer yang juga membuat desain artwork lagu ini.

Yuk kita dengarkan sama-sama single ‘Gombal Itu Indah’ dari The Rain.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021
    Konser

    Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

    Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

    on Jan 12, 2021
    Boss Metal Zone

    Diagram Efek Gitar Metal Zone Dirumorkan Sebagai Chip 5G Dalam Vaksin ...

    "5G chip diagram" dan pedal efek Boss Metal Zone. Kita telah memasuki era di mana realitas yang nggak masuk akal adalah hal yang masuk akal. Hal yang non-lo

    on Jan 6, 2021