×
×

Search in Mata Mata Musik

The Rolling Stones Ancam Tuntut Donald Trump Atas Penggunaan Musik Tanpa Izin

Posted on: 06/28/20 at 7:00 am

Keith Richards (The Rolling Stones) dan Donald Trump.
Keith Richards (The Rolling Stones) dan Donald Trump.

The Rolling Stones tidak memiliki ‘Sympathy for the Devil’. Band rock legendaris ini mengancam akan menuntut Presiden AS Donald Trump dan kampanyenya atas berlanjutnya penggunaan musik The Rolling Stones dalam kampanyenya tanpa izin.

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Sabtu (27 Juni), The Rolling Stones dan organisasi hak-hak performa BMI telah menegur Donald Trump dengan peringatan terakhir untuk berhenti memainkan musik legenda rock and roll Inggris ini di acara kampanye resmi dan aksi unjuk rasa. “Jika Donald Trump mengabaikan pelarangan dan tetap berlanjut maka ia akan menghadapi tuntutan hukum karena melanggar embargo dan memainkan musik yang belum dilisensikan,” bunyi pernyataan itu.

Seperti yang dijelaskan BMI kepada Deadline, kampanye Donald Trump memiliki Lisensi Entitas Politik yang memberi mereka akses ke lebih dari 15 juta karya musik dalam repertoar BMI. Namun, lisensi ini mencakup ketentuan yang memungkinkan BMI “untuk mengecualikan karya musik dari lisensi jika seorang penulis lagu atau penerbit keberatan dengan penggunaannya oleh kampanye”.

Baca Juga: Lagu Foo Fighters Yang Manakah Ditulis Dave Grohl Tentang Kurt Cobain?

“BMI telah menerima keberatan seperti itu dan mengirim surat pemberitahuan kampanye Donald Trump bahwa karya The Rolling Stones ‘telah dihapus dari lisensi kampanye, dan menasihati kampanye bahwa setiap penggunaan komposisi musik ini di masa depan akan melanggar perjanjian lisensi dengan BMI,” tulis organisasi itu menjelaskan.

Sepanjang kampanye presiden 2016 dan selama demonstrasi yang diadakan selama masa kepresidenannya, Donald Trump telah berulang kali memainkan musik The Rolling Stones. Baru-baru ini, lagu ‘You Can’t Always Get What You Want’ mengudara melalui pengeras suara selama rapat umum di Tulsa, Oklahoma pada 20 Juni. (Reli kampanye yang sama itu juga memicu maklumat larangan dan penghentian dari keluarga Tom Petty).

The Rolling Stones mengatakan eskalasi hukum hari ini adalah hasil dari kampanye Donald Trump mengabaikan maklumat larangan dan penghentian sebelumnya.

Ini bukan pertama kalinya The Rolling Stones mengalami diri mereka berselisih dengan Donald Trump. Kembali pada tahun 1989, sang gitaris, Keith Richards diduga menarik pisau dan ditodongkan ke Donald Trump sebelum konser yang berlangsung di Boardwalk Hall Atlantic City. Wew!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Rolling Stones

    The Rolling Stones “No Filter Tour" Tetap Jalan Pasca Charlie Watts ...

    The Rolling Stones (Foto: Dave J Hogan/Getty Images). The Rolling Stones sebagai band rock "sepuh" yang tetap eksis sampai saat ini memang selalu mengeluark

    on Aug 27, 2021
    Charlie Watts

    Charlie Watts, Dramer The Rolling Stones Meninggal Di Usia 80 Tahun

    Foto: Kevin Winter/Getty Images. Charlie Watts, dramer legendaris The Rolling Stones, meninggal dunia di usia 80 tahun. Beliau mengembuskan napas terakhirny

    on Aug 25, 2021
    Dua Musisi Gereja Bawakan Lagu Motorhead

    Motorhead 'Ace Of Spades' Dimainkan Di Lonceng Gereja Di Torenfestival

    Gitaris Jitse Zonneveld bersama ringer lonceng gereja Frank Steijns (Foto: via YouTube). Motorhead 'Ace of Spades' merupakan salah satu lagu 'claro' alias c

    on Aug 11, 2021
    Motorhead

    Motorhead Hampir Gelar 'Farewell Show' Jauh Sebelum Jadi Legenda

    Motorhead circa 1981. (Foto: dok. Motorhead). Motorhead memang sudah 'tutup buku' sejak sang komandan Lemmy Kilmister tutup usia pada 24 Desember 2015 silam

    on Jul 6, 2021