×
×

Search in Mata Mata Musik

The Rolling Stones Punya Batu di Mars!

Posted on: 08/28/19 at 9:00 am

Aktor Robert Downey Jr mengumumkan kabar tersebut di Rose Bowl Stadium, Pasadena sebelum band ini tampil di sana pada Kamis malam (22/8).

Baca Juga: The Rolling Stones & Florence Welch Duet di Lagu “Wild Horses”

The Rolling Stones sekarang mempunyai batu yang diberi nama seperti mereka di Mars. Tim yang menjalankan misi InSight NASA menamai batu ini, yang berukuran sedikit lebih besar dari bola golf, Batu Rolling Stones.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh aktor Robert Downey Jr di Rose Bowl Stadium, Pasadena sebelum band ini tampil di lokasi tersebut pada Kamis malam (22/8). “Sains penyerbukan silang dan band rock legendaris selalu menjadi hal yang baik,” terangnya di belakang panggung.

Dalam sebuah pernyataan, Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts dan Ronnie Wood mengatakan mereka senang dengan penghargaan ini. “Sungguh cara yang luar biasa bisa merayakan tur No Filter The Stones di Pasadena,” kata band ini. “Ini jelas merupakan kejadian penting dalam sejarah kami yang panjang dan penuh peristiwa. Terima kasih banyak kepada semua orang di NASA karena telah mewujudkannya.”

Penghargaan ini memiliki relevansi khusus untuk Pasadena karena misi InSight dipimpin oleh Jet Propulsion Laboratory milik NASA, yang terletak dekat dengan Rose Bowl di kota itu. “Saya sudah melihat banyak batu di Mars selama karier saya,” kata ahli geologi JPL Matt Golombek. “Yang ini mungkin tidak akan disebutkan di banyak makalah ilmiah, tapi ini pastinya salah satu yang paling keren…” Golombek telah membantu NASA mendaratkan semua misinya di Mars sejak 1997; dia dan rekan ilmuwannya menghitung batu dan menilai keamanan calon lokasi pendaratan di planet itu.

Baca Juga: Mick Jagger Sakit, Rolling Stones Tunda Turnya!

Batu Rolling Stones tampaknya sudah menggelinding sejauh sekitar 91 meter pada 26 November tahun lalu, menurut gambar yang diambil oleh InSight pada hari berikutnya. Batu ini terhempas oleh pendorong mesin pendarat ketika pesawat luar angkasa mendarat di Mars untuk mempelajari bagian dalam Planet Merah itu. Dalam gambar, sejumlah lubang di tanah berwarna oranye kemerahan dapat terlihat membuntuti Batu Rolling Stones. NASA belum pernah melihat sebuah batu menggelinding sejauh itu saat mendaratkan pesawat di planet lain.

“Nama Batu Rolling Stones sangat cocok,” kata Lori Glaze, direktur Planetary Science Division NASA di Washington. “Bagian dari wewenang NASA adalah membagikan karya kami dengan audiens yang berbeda. Ketika kami mengetahui The Stones akan tampil di Pasadena, memberi mereka penghargaan sepertinya menjadi cara yang menyenangkan untuk menjangkau penggemar di seluruh dunia.”

Baca Juga: Rolling Stone Akan Miliki Tangga Lagunya Sendiri!

Nama Batu Rolling Stones sendiri bersifat informal, tetapi akan muncul di peta kerja di Mars. Nama ilmiah resmi untuk tempat dan objek di seluruh tata surya seperti asteroid, komet dan lokasi di planet, hanya dapat ditentukan oleh Persatuan Astronomi Internasional. Tetapi ilmuwan yang bekerja dengan rover NASA di Mars telah memberikan banyak nama panggilan tidak resmi untuk batu dan fitur geologi lainnya, karena ini memudahkan mereka untuk mendiskusikan objek yang berbeda dan merujuknya dalam makalah ilmiah.

Keterangan Foto Utama: The Rolling Stones bersama Robert Downey Jr di Rose Bowl Pasadena. (Foto: The Rolling Stones)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Enuff

    Enuff Z'nuff Rilis Album Tribute The Beatles "Enuff Z'Nuff's Hardrock ...

    Foto: dok. Enuff Z'nuff. Seakan tidak pernah luntur kecintaan para penikmat musik kepada band rock n' roll legendaris The Beatles. Begitu juga yang dirasaka

    on Sep 16, 2021
    Eddie Jerome Vedder

    Eddie Vedder Merilis 'Long Way', Single Dari Album Solo Mendatang

    Eddie Vedder (Foto: Danny Clinch). Edward Louis Severson III atau yang lebih familiar dikenal dengan nama Eddie Vedder, pentolan salah satu dedengkot grunge

    on Sep 8, 2021
    The Cranberries

    The Cranberries Rilis Album Tribute Kepada Mendiang Dolores O'Riordan

    Sampul album Remembering Dolores. The Cranberries memberikan penghormatan kepada mendiang vokalisnya, Dolores O’Riordan pada ulang tahunnya yang ke-50 den

    on Sep 7, 2021
    Taipei Houston

    Taipei Houston, Band Rock Besutan Dua Putra Lars Ulrich Siap Debut

    Taipei Houston (Foto: Aleyna Dogan via Instagram). Taipei Houston, adalah band besutan dua putra kandung dramer Metallica, Lars Ulrich. Band ini terdiri dar

    on Sep 3, 2021