×
×

Search in Mata Mata Musik

The Rolling Stones Rilis ‘Scarlet’, Lagu Kolab Dengan Jimmy Page Yang Langka

Posted on: 07/24/20 at 9:00 am

The Rolling Stones Rilis ‘Scarlet’, Lagu Kolab Dengan Jimmy Page Yang Langka
Keith Richards (The Rolling Stones) dan Jimmy Page (Led Zeppelin).

Ketika pada awal Juli ini, The Rolling Stones merilis detail mengenai box set Goat’s Head Soup mendatang mereka, salah satu elemen yang paling menarik adalah kehadiran lagu ‘Scarlet’ yang sebelumnya tidak pernah dirilis, sebuah lagu lawas yang direkam bersama pendiri Led Zeppelin, Jimmy Page. Box Set ini akan dirilis pada 4 September, tetapi pada hari Rabu lalu, band ini merilis lagu yang sangat ditunggu-tunggu para fans Stones maupun Zep tersebut.

Baca juga: The Rolling Stones Ancam Tuntut Donald Trump Atas Penggunaan Musik Tanpa Izin

Lagu ini direkam pada Oktober 1974 dengan Keith Richards dan Jimmy Page sebagai gitaris combo dan Ric Grech dari Traffic sebagai bassis. “Ingatan gue adalah saat kami memasuki studio di akhir sesi rekaman Led Zeppelin,” ungkap Keith Richards dalam sebuah pernyataan. “Mereka baru saja pergi, dan kami di-booking untuk sesi berikutnya dan gue ingat, Jimmy memutuskan untuk menetap. Kami nggak benar-benar merekamnya sebagai trek; itu pada dasarnya hanya untuk demo, semacam demonstrasi, lo ngerti lah, hanya untuk merasakan momennya, tapi itu hasilnya ternyata bagus, dengan line-up seperti itu, lo ngerti lah ya, lebih baik kami manfaatkan saja”.

Pada tahun 1975, Jimmy Page mengatakan kepada Rolling Stone bahwa dia pikir lagu itu seharusnya jadi semacam lagu B-sides untuk The Rolling Stones. “Sound-nya sangat mirip dengan gaya dan nuansa yang ada di lagu-lagu Blonde on Blonde,” ujar Jimmy Page. “Lagu itu luar biasa; sangat bagus. Kami begadang sepanjang malam dan pergi ke Island Studios di mana Keith Richards memainkan beberapa gitar reggae di salah satu bagiannya. Gue hanya memasukkan beberapa solo di lagu itu, tapi itu sudah jam delapan pagi di hari berikutnya sebelum gue melakukan itu. Dia membawa hasilnya ke Swiss dan seseorang mengetahui lagu itu. Keith Richards memberi tahu orang-orang bahwa itu adalah lagu dari album gue”.

“Gue ingat pertama kali jamming lagu ini dengan Jimmy dan Keith di studio bawah tanah Ronnie,” ujar Mick Jagger dalam sebuah pernyataan. “Itu adalah sesi yang luar biasa”.

Baca juga: The Rolling Stones Kembali Dengan Lagu Baru, ‘Living in a Ghost Town’

Edisi baru dari Goat’s Head Soup juga menampilkan lagu-lagu yang sebelumnya tidak pernah dirilis, yakni ‘Criss Cross’ dan ‘All the Rage’, bersama dengan berbagai rekaman demo langka, versi take dan mix alternatif, dan sebuah rekaman video lengkap dari konser tahun 1973 The Rolling Stones di Belgia yang sebelumnya dirilis sebagai A Brussels Affair.

The Rolling Stones awalnya berencana untuk melakukan tur stadion American football di sepanjang Amerika Serikat (AS) selama musim panas ini, tetapi pandemi virus Corona memaksa mereka untuk menunda rencana itu. Selama masa istirahat band, mereka sempat merilis lagu baru berjudul ‘Living in a Ghost Town’, komposisi orisinil pertama mereka sejak 2012.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Roy Head

Roy Head, Rocker Lawas Pelantun Lagu Hit ‘Treat Her Right’, Mening...

Roy Head. (Foto via Facebook). Roy Head, rocker yang beken di era 1960-an dan paling dikenal karena lagu hit ‘Treat Her Right’, meninggal dunia pada usi

on Sep 23, 2020
FLUER!

FLEUR! Tampilkan Sisi Maskulin Lewat 'Lagu Lama', Single Terbarunya

FLUER! Trio cewek rock and roll. Ada banyak hal terjadi selama pandemi. Salah satunya adalah pembelajaran atas perubahan yang melahirkan inspirasi untuk ber

on Sep 23, 2020
Lars Urlich

Dramer Terbaik Sepanjang Masa, John Bonham Atau Neil Peart? Lars Ulric...

Lars Ulrich (Metallica). (Foto: Greg Chow/Shutterstock). Dramer Metallica, Lars Ulrich belum lama ini menjadi bintang tamu di program "The Howard Stern Show

on Sep 19, 2020
Corey Taylor

Corey Taylor Gelar Konser Virtual Megah Untuk Merayakan Album Solo Per...

Corey Taylor. (Foto: via Roadrunner Records). Corey Taylor, vokalis Slipknot yang terbilang nggak bisa diam alias hiperaktif ini akan merayakan perilisan al

on Sep 16, 2020