×
×

Search in Mata Mata Musik

The Two Killings Of Sam Cooke Akan Tayang di Netflix

Posted on: 02/9/19 at 10:15 am

Sebuah dokumenter tentang tentang kehidupan, kematian dan warisan legenda musik soul Sam Cooke. 

Oleh: Tim Peacock. (uDiscover Music)

Legenda musik soul, Sam Cooke, menjadi perhatian utama di film terbaru dalam seri dokumenter ReMastered di Netflix. Bisa di-streaming di Netflix mulai tanggal 8 Februari, The Two Killings Of Sam Cooke menyelidiki kematian menyedihkan sang bintang dan warisan besarnya.

ReMastered adalah seri dokumenter musik yang mulai diluncurkan di Netflix pada musim gugur tahun lalu. Menargetkan peristiwa-peristiwa spesifik dan menyelediki apa yang terjadi, mengapa peristiwa itu terjadi dan kekuatan dari luar apa yang terlibat, seri ini menghadirkan perspektif baru—dan wawancara dan dokumentasi baru—ke kisah dan mitos yang dirasa sudah diketahui sebelumnya.

Seri ReMastered terbaru ini juga mengeksplorasi, antara lain, bagaimana penembakan Bob Marley adalah akibat dari keterlibatan sang legenda reggae di tengah pertikaian partai politik di Jamaika (Who Shot the Sheriff?), pembunuhan DJ Run-DMC yang masih belum terpecahkan (Who Killed Jam Master Jay?), dan ikatan kontroversi yang saling berhubungan antara Johnny Cash dan Richard Nixon (Tricky Dick and the Man in Black).

“Sangat penting untuk tidak hanya mengulangi informasi yang sudah diketahui para penonton tentang musisi terkenal,” ucap Jeff Zimbalist kepada Rolling Stone. Zimbalist, yang, bersama dengan saudaranya Michael, menyusun dan memproduksi seri ini (bekerja sama dengan produser eksekutif Irving Azoff dan Stu Schreiberg). “Kami ingin memajukan jurnalisme dan membawakan kisah-kisah yang mungkin belum diketahui para penonton tentang artis yang mereka kenal.”

Seri ini berlanjut malam ini (8/2) dengan pemutaran perdana film Cooke. Film ini menampilkan rekaman yang jarang terlihat dan menceritakan kembali kejadian di tahun 1964 tepatnya di malam saat penyanyi pop dan R&B tersebut dibunuh—ditembak mati oleh manajer sebuah motel yang tampaknya dikunjungi Cooke bersama seorang wanita yang ternyata adalah seorang pelacur. Film ini juga menyelidiki bagaimana industri musik di awal tahun ’60-an terancam oleh kesadaran Cooke yang terus berkembang terkait hak sipil seiring dia menjadi lebih dari sekedar orang sukses dan pebisnis (dia memiliki label rekaman dan perusahaan penerbitan).

Menggunakan wawancara dengan kerabat dan kolega serta Smokey Robinson dan Quincy Jones, The Two Killings of Sam Cooke mengeksplorasi tragedi yang jauh lebih besar dari kematian Cooke: bagaimana pembunuhannya bisa menutupi kontribusinya. “Sebagian dari warisannya dibajak dengan cara dia meninggal,” tutur sutradara Kelly Duane de la Vega. “Dia adalah artis musik yang luar biasa, tetapi yang sama pentingnya adalah cara dia berkontribusi pada gerakan hak sipil dan mewujudkan gagasan tentang seorang artis Afrika-Amerika yang memiliki kekuatan di industri rekaman. Itu adalah akhir yang kejam, dan untuk sebagian orang, di situlah pembicaraan berakhir.”

Film ini juga menceritakan gosip tentang pesta malam di tahun 1964 yang dihadiri Cooke, Muhammad Ali, pemain speak bola Amerika Jim Brown, dan Malcolm X—dan seorang informan FBI yang mencatat semuanya.

Keterangan Foto Utama: Sam Cooke. (Foto via uDiscover Music)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Charli XCX Hadirkan Kesenduan di Lagu Baru “Miss U”

Charli XCX Hadirkan Kesenduan di Lagu Baru “Miss U”

Diambil dari season baru seri drama Netflix, 13 Reasons Why Charli XCX menyumbang satu lagu baru ke soundtrack seri 13 Reasons Why. Berjudul “Miss U,”

on Aug 27, 2019
Kid Cudi Umumkan Album Baru dan Seri Animasi di Netflix

Kid Cudi Umumkan Album Baru dan Seri Animasi di Netflix

LP terbarunya, Entergalatic, akan mengisi soundtrack seri baru yang ditulis dan dibintangi oleh Cudi. Kid Cudi mengumumkan album barunya, Entergalatic, yang

on Jul 24, 2019
ANIMA, Kisah Cinta Emosional untuk Masa Kelam dari Thom Yorke

ANIMA, Kisah Cinta Emosional di Masa Kelam Thom Yorke?

Film ANIMA yang tayang di Netflix lebih dari sekadar materi promosi untuk perilisan album milik Thom Yorke. Pentolan Radiohead, Thom Yorke, merilis album so

on Jun 28, 2019
Ariana Grande Bintangi Adaptasi Musikal The Prom di Netflix

Ariana Grande Bintangi Adaptasi Musikal The Prom di Netflix

Ryan Murphy menunjuk Ariana Grande sebagai salah satu dari banyak bintang dalam adaptasi terbaru dari musikal The Prom. Ryan Murphy, seorang showrunner TV,

on Jun 26, 2019