×
×

Search in Mata Mata Musik

The Weeknd Akan Gelar Konser Virtual Pertama di Aplikasi TikTok

Posted on: 08/1/20 at 6:30 am

The Weeknd Akan Gelar Konser Virtual Pertama di Aplikasi TikTok
Avatar The Weeknd dalam aplikasi TikTok.

The Weeknd akan naik panggung virtual di aplikasi TikTok minggu depan untuk konser livestream spesial dengan konsep AR alias Augmented-Reality yang menampilkan lagu-lagu dari album hit baru superstar asal Kanada itu, After Hours.

Baca juga: The Weeknd Ajak Major Label Donasi Besar-Besaran Untuk Melawan Rasisme

Bertajuk “The Weeknd Experience”, acara ini diciptakan oleh TikTok dengan kemitraannya dengan XO, Republic Records, dan Wave, sebuah aplikasi konser virtual start-up yang didukung oleh Scooter Braun (manajer dari Justin Bieber, Ariana Grande, dll). Konser virtual ini akan menampilkan performa dari artis R&B-pop pemenang Grammy itu, yang akan muncul dalam bentuk avatar digital untuk menyanyikan lagu-lagu dari album After Hours.

Livestream konser virtual The Weeknd akan tayang perdana secara eksklusif di TikTok (di akun @tiktok) pada hari Jum’at, 7 Agustus, jam 8.30 malam waktu setempat, dengan beberapa penayangan ulang yang telah dijadwalkan.

Acara ini, yang menurut TikTok adalah acara berkonsep AR pertama mereka, akan menggunakan rendering 3D dan video bentuk picture-in-picture untuk membuat livestream ini berjalan canggih. Sebagai bagian dari “The Weeknd Experience”, pemirsa akan dapat berinteraksi secara langsung selama siaran itu berlangsung (seperti yang dapat dilakukan pengguna aplikasi dengan livestream TikTok lainnya).

Menurut TikTok, ‘Blinding Lights’ oleh The Weeknd, single kedua dari After Hours, menginspirasi lebih dari 1,5 juta kreasi video di TikTok dan menelurkan tagar “#BlindingLightsChallenge”. Pada Juli 2020, The Weeknd adalah artis paling sering di-streaming di Spotify dengan 60 juta pendengar setiap bulannya.

“The Weeknd Experience” akan menggalang dana untuk organisasi Equal Justice Initiative yang mendukung kesetaraan rasial, dengan penggemar dapat menyumbang langsung dari aplikasi TikTok sebelum dan selama konser. TikTok mengatakan bahwa mereka akan menyocokkan jumlah dana amal itu “hingga secukupnya”. Selain itu, TikTok akan membiarkan pemirsa untuk membeli merchandise eksklusif yang terinspirasi oleh “The Weeknd Experience”, melalui kapsul merchandise yang hanya tersedia mulai tanggal 6-10 Agustus, dengan hasil dari penjualannya disumbangkan ke Equal Justice Initiative.

Baca juga: The Weeknd Gandeng Doja Cat Berduet Di Versi Remix Lagu ‘In Your Eyes’

TikTok, sebuah aplikasi video sosial berdurasi pendek, telah melonjak popularitasnya dalam dua tahun terakhir ini. TikTok dimiliki oleh perusahaan Cina bernama ByteDance, yang telah menyebabkan administrasi kepresidenan Donald Trump untuk mengancam akan melarang aplikasi itu di wilayah AS atas dugaan masalah keamanan. CEO TikTok, Kevin Mayer menanggapi insiden itu minggu ini atas pengawasan intensif dari hubungannya dengan Cina, mengumumkan bahwa TikTok akan memberikan transparansi yang lebih besar ke dalam operasinya dengan secara terbuka mengungkapkan algoritma aplikasi, kebijakan moderasi, dan aliran data mereka.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Arfa

Arfa Patahkan Stereotip Via 'Holy', Single Tentang Jenis Cinta Yang Le...

Arfa. Setelah sukses merilis single debutnya, 'Next Flight', Arfa kembali hadir dengan single berjudul 'Holy' pada hari Jum'at, 16 Oktober. Terinspirasi dar

on Oct 19, 2020
Lana Del Rey

Lana Del Rey Rilis ‘Let Me Love You Like a Woman’, Single Dari Alb...

Lana Del Rey. (Foto: via Instagram Lana Del Rey). Penyanyi cantik bersuara sensual dan stoner, Lana Del Rey telah merilis lagu terbarunya yang berjudul ‘L

on Oct 17, 2020
Paruhwaktu

Trio Pop Paruhwaktu Ungkap Perasaan Yang Sulit Diungkap Via MV 'Alexit...

Paruhwaktu. Seringkali kita merasa sulit untuk sekedar menggerakkan bibir, padahal otak kita sedang liar-liarnya dalam menciptakan skenario tentang kalimat

on Oct 16, 2020
Satmore

Ungkapan Ikhlas Melalui Single Ketiga Satmore, 'I Will Be Fine' Yang P...

Satmore (sebelumnya bernama Blackpepper) adalah band Pop Jazz kelahiran Bandung yang dibentuk pada 1 November 2014, dari aktivitas ekstra kulikuler musik d

on Oct 14, 2020