×
×

Search in Mata Mata Musik

The Weeknd Mulai Sekarang Boikot Grammy Awards Sejak Dilecehkan

Posted on: 03/12/21 at 11:30 am

The Weeknd Mulai Sekarang Boikot Grammy Awards Sejak Dilecehkan
The Weeknd. (Foto: Getty Images).

The Weeknd makin melesat sebagai penyanyi top dunia setelah doi merilis album After Hours tahun lalu. Enggak hanya menjadi salah satu album terbaik tahun 2020, salah satu single hit album ini, ‘Blinding Lights’, baru-baru ini menjadi lagu pertama dalam sejarah yang tetap berada di Top 10 tangga lagu Billboard Hot 100 selama satu tahun penuh.

Baca juga: The Weeknd ‘Blinding Lights’ Setahun Berada Di Top 10 Billboard Hot 100!

Meskipun After Hours dan singel ‘Blinding Lights’ sukses besar, The Weeknd sama sekali enggak menerima nominasi untuk Grammy 2021. Penyanyi bernama asli Abel Tesfaye itu pun sempat memposting kekecewaannya melalui Twitter. Kini, doi memberikan tanggapan atas penghinaan atau pelecehan tersebut secara lebih tegas. Doi memutuskan untuk memboikot acara Grammy Awards di masa mendatang sebagai peserta maupun tamu.

Dalam suatu pernyataannya kepada The New York Times, penyanyi Kanada itu mengungkapkan bahwa doi akan menolak untuk hadir, tampil, atau mengajukan karyanya untuk dipertimbangkan dalam nominasi Grammy mulai sekarang. “Karena adanya panitia rahasia, gue enggak akan lagi mengizinkan label gue mengirimkan musik gue ke Grammy,” cetusnya menegaskan.

Saat pertama kali tersiar kabar bahwa The Weeknd benar-benar dilecehkan oleh panitia Grammy, doi menganggapnya sebagai suatu “pukulan keras”. Sumber yang dekat dengan doi meyakini bahwa itu bukan pengawasan oleh Recording Academy, melainkan tindakan pembalasan karena memainkan Pertunjukan Halftime Super Bowl. Diduga, Grammy merasa keterlibatan The Weeknd dalam Big Game itu telah mengurangi eksklusivitas doi tampil dalam seremoni penghargaan yang disiarkan televisi.

Sementara itu, Recording Academy enggak percaya itu yang harus disalahkan, tetapi merasa enggak nyaman dengan perbedaan yang jelas berperan dalam situasi ini. “Kami semua kecewa ketika ada yang kesal,” ujar Presiden interim/CEO Recording Academy Harvey Mason Jr. saat mengatakan kepada Times. “Tapi saya akan mengatakan bahwa kami terus berkembang. Dan tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, kami akan melihat dengan saksama cara meningkatkan proses penghargaan kami, termasuk panitia peninjau nominasi”.

Dengan pernyataan tegas pemboikotan dari The Weeknd tersebut, menjadikan kekasih artis model Bella Hadid itu bagian dari deretan artis yang sebelumnya juga menyatakaan ketidaksukaannya terhadap acara penghargaan prestisius itu, termasuk Drake, Kanye West, dan Fiona Apple.

Pada 2017, Frank Ocean sangat vokal tentang memutuskan untuk melewatkan acara Grammy dan menolak untuk mengirimkan dua album terobosannya, Blonde dan Endless untuk dipertimbangkan dalam nominasi. “Pakai gramophone lama untuk benar-benar mendengarkannya, bro,” ucap Ocean dengan nada pedas. “Jika kalian siap berdiskusi tentang bias budaya dan kerusakan saraf umum yang diderita dari acara yang kalian produksi, maka gue setuju”.

Baca juga: Yuk Intip Daftar Nominasi Grammy 2021: Taylor Swift, Beyonce, Fiona Apple, Dll!

Grammy telah dihantui oleh kontroversi kiri dan kanan selama beberapa tahun terakhir. Recording Academy selaku organisasi penyelenggara telah merevisi proses pemungutan suara beberapa kali sejauh ini, tetapi masih sering menghadapi tuduhan kecurangan, pengajuan enggak etis, dan banyak lagi. Tentu saja, itu enggak membantu bahwa mereka berusaha membungkam siapa pun yang berbicara tentang merajalelanya korupsi di internal organisasi Recording Academy.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Yoshiki X-Japan

    Yoshiki (X-Japan) Beri Hibah Tahunan Rp 1,4 M Inisiatif Kesehatan Ment...

    Yoshiki donasikan MusiCares sebesar US$100,000. (Foto: Yoshiki). Yoshiki, pentolan legenda heavy metal X-Japan, telah memberikan pengumuman penting. Bahwa d

    on Apr 1, 2021
    Van Halen

    Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

    Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores). Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards

    Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 Yang Kita Tunggu

    Foto: Don Emmert/AFP via Getty Images. Grammy Awards tahun ke-63 telah rampung digelar di Los Angeles pada hari Minggu, 14 Maret pukul 8 malam atau Senin, 1

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards 2021

    Grammy Awards 2021: Bocoran Siapa Yang Akan & Seharusnya Menang

    Beyoncé, Fiona Apple, Taylor Swift, Phoebe Bridgers (Foto: Getty Images). Perhelatan tahunan Grammy Awards yang ke-63 digelar pada 15 Maret 2021. Ditunda d

    on Mar 13, 2021