×
×

Search in Mata Mata Musik

The Who Bakal Rilis Album Baru Tahun ini!

Posted on: 01/13/19 at 8:30 am

Dalam wawancara terbaru dengan Rolling Stone, Pete Townshend dan Roger Daltrey mengungkapkan rencana mereka untuk merilis sebuah album studio baru lengkap bersama turnya.

Oleh: Michael Roffman (Consequence of Sound)

Tahun 2019 akan menjadi tahun yang baikterutama baik para penggemar band The Who.

Baca Juga: The Best, Album Kumpulan Single Terbaik Justin Bieber!

Album The Who yang masih belum selesai tersebut akan menandai pertama kalinya penampilan The Who semenjak Endless Wire pada tahun 2006, yang keluar empat tahun setelah kepergian bassist lama mereka John Entwistle dan juga menjadi kelanjutan dari album mereka yang rilis pada tahun 1982, It’s Hard—dan menjadi sebuah sekuel bagi rekaman solo Pete Townshend tahun 1993 yang berjudul Psychoderelict.

Townshend menceritakan bahwa album The Who terbaru akan bernuansa “dark ballads, heavy rock, experimental electronica, material contoh dan nada-nada khas The Who yang dimulai dengan gitar yang berbunyi yanga-dang.” Selanjutnya Daltrey akan merekam bagian vokal dengan target untuk rilis di tahun 2019.

Keinginan untuk membuat album baru pertama kali muncul karena adanya tawaran tur yang menjanjikan dari Live Nation, menurut Rolling Stone. “Saya telah mengatakan bahwa saya tidak akan menandatangani kontrak tanpa material baru,” jelas Townshend. “Ini semua tidak berkaitan dengan hal-hal seperti membuat album baru yang akan menjadi hits. Semuanya berkaitan dengan urusan pribadi. Selebihnya berkaitan dengan kebanggaan, berkaitan dengan harga diri dan martabat diri saya sebagai seorang penulis.”

Selain akan menyuguhkan musik baru, tur tersebut nantinya juga akan menyuguhkan simponi lokal pada malam hari. Daltery menjelaskan kepada Rolling Stone bahwa ide tersebut muncul dari pengalamannya sendiri ketika ia melakukan tur solo dan memainkan lagu The Who yang berjudul “Tommy” dengan dukungan orchestra. “Saya akan berumur 75 tahun bulan Maret ini dan sepertinya itu akan menjadi cara yang bermartabat dalam mempersembahkan musik,” catatnya. “Inilah yang masih tersisa untuk kita. Kita sudah tua sekarang. Kita sudah kehilangan kegantengan kita. Kita sudah kehilangan glamor. Yang tersisa dari kita tinggal musik dan oleh karena itu kita akan mempersembahkannya dengan cara yang segar dan bersemangat layaknya sebuah perayaan megah.”

Tur 31 hari keliling Amerika Utara tersebut akan dibagi ke dalam dua musim, yang pertama akan dilaksanakan pada bulan April, dan yang kedua akan dilaksanakan pada bulan September. Detail lebih spesifik akan diumumkan secepat mungkin.

Daltrey juga menyampaikan bahwa tur tersebut akan menjadi tur terakhirnya. “Saya pikir tidak tepat untuk mengucapkan ‘perpisahan’, namun kemungkinan besar ini akan menjadi tur terakhir saya,” catat Daltrey. Saya hanya mencoba realistis dalam memandang 75 tahun hidup saya. Saya harus realistis dan menyadari bahwa saya telah berumur dan suara saya mulai memudar. Saya tidak ingin tampil dengan suara yang tidak sebaik dua tahun lalu.”

Jika berita album The Who terbaru dan tur ini belum cukup menggembirakan, manajer The Who, Bill Curbishley, juga telah mengumumkan bahwa biopic Keith Moon yang telah lama direncanakan akhirnya mencapai kemajuan. Saat berbicara kepada BBC Radio (melalui Best Classic Bands) pada hari Kamis (10/1), Curbishley mengatakan: “Kita sudah berbicara dengan Roger selama hampir 20 tahun dan akhirnya kita berhasil mencapai kemajuan,” tambahnya. “Selama bertahun-tahun dia mendapatkan skrip yang tidak terlalu cocok untuknya, namun semenjak saya ikut serta dalam mengatasi permasalahan ini, kita telah mencoba untuk bekerjasama dengan beberapa penulis dan akhirnya kita bisa membuat kesepakatan dengan seorang penulis bernama Jeff Pope.”

Baca Juga: Lagu Baru Dream Theater, “Fall Into the Light”

Baru-Baru ini Pope menulis sebuah skrip untuk Stan & Ollie, dan juga menjadi co-writer bagi Philomenia tahun 2013 bersama dengan Steve Coogan. Sementara untuk pertanyaan mengenai siapa yang akan memerankan Moon, Curbishley mengatakan bahwa, “saya sudah menyelesaikan permasalah tersebut dengan memilih orang yang benar-benar tidak tekenal.”

Keterangan foto utama: The Who. (Foto: Philip Cosores)

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The Who

The Who Bocorkan Detail Album Who & Rilis Single Pertama!

Lagu protes Guantanamo, “Ball & Chain” muncul di Who, LP yang sudah lama dirumorkan dari pionir rock asal Inggris ini. Baca Juga: Gelar Konser di Wem

on Sep 16, 2019
The Who

The Who Perdana Bawakan “Big Cigars” di New York!

Lagu baru The Who yang bermuatan politik ini, rencananya akan disertakan dalam album terbaru mereka yang akan segera hadir. Baca Juga: Patti Smith, The Who

on Sep 5, 2019
Gelar Konser di Wembley, The Who Debut Lagu Baru

Gelar Konser di Wembley, The Who Bawakan Lagu Baru!

“Hero Ground Zero” diperkirakan menjadi lagu dari album studio terbaru The Who yang akan rilis tahun ini. The Who menggelar satu-satunya konser mereka d

on Jul 9, 2019
Dr. Martens Rayakan The Who dengan Koleksi Terbaru-1

Dr. Martens Rayakan The Who dengan Koleksi Terbarunya!

Koleksi ini terdiri dari lima sepatu, kaus, kaus kaki dan ransel kulit dengan logo ikonik The Who. Dr. Martens terus melanjutkan kolaborasinya. Setelah meng

on Jun 11, 2019