×
×

Search in Mata Mata Musik

Tiga Tentara Korea Utara Diringkus Biro Keamanan Karena Jogeti Lagu BTS

Posted on: 08/14/20 at 6:00 am

Tiga Tentara Korea Utara Diringkus Biro Keamanan Karena Jogeti Lagu BTS
Tentara Korea Utara (Foto: Reuters) / BTS (Foto: Billboard).

Fanbase BTS ARMY terkadang merasa diserang dan dihakimi karena menyukai dan mendengarkan lagu-lagu BTS, tetapi baru-baru ini, tiga tentara Korea Utara terpaksa menghadapi dampak serius karena menjogeti salah satu lagu milik boyband K-pop fenomenal itu.

Baca juga: BTS Mengalami Masalah Saat Hidup di Hutan Dalam Reality Show Mereka

Pada malam tanggal 5 Agustus lalu, dilaporkan bahwa tiga tentara muda, semuanya berusia 20-an tahun, memulai “insiden” saat mereka sedang dalam perjalanan ekspedisi Tentara Rakyat saat berhenti di Stasiun Sokhu di Provinsi Hamgyong Selatan. Selama pemadaman listrik dalam perjalanan dari Pyongyang ke Hyesan, mungkin daripada bengong mereka lantas menggelar “acara hiburan”, di mana tiga cowok dari divisi angkatan udara mulai joget-joget diiringi musik.

Ketika beberapa anggota dari Badan Keamanan Pertahanan Korea Utara, yang menonton acara tersebut, memperhatikan bahwa ada beberapa tentara yang joget diiringi lagu ‘Blood Sweat & Tears’ oleh BTS, mereka segera membuat para pemuda itu diseret oleh penjaga keamanan. Ini terjadi karena seorang pekerja propaganda dari Biro Politik Umum dan direktur Biro Keamanan memperhatikan tindakan mereka dan menentukan bahwa itu adalah keadaan darurat dan pertanda bahwa para tentara sedang berada dalam “kondisi pikiran yang benar-benar busuk” .

Ketika ditanyai tentang insiden tersebut, para tentara bersikeras bahwa mereka nggak menyadari bahwa lagu tersebut adalah lagu BTS, dan bahwa jogetan atau tarian yang mereka lakukan bukanlah koreografi milik Bangtan Boys itu, melainkan tarian “Exciting Boy Scout Dance” yang telah mereka pelajari dari tentara lainnya dalam unit mereka. Sayangnya, bagaimanapun, insiden tersebut dapat mengarah pada peninjauan ideologis terhadap seluruh pasukan militer Korea Utara.

Beberapa orang tentu saja mempertanyakan bagaimana para personil militer itu bisa begitu cepat mendeteksi lagu dan tarian tersebut, mengingat “propaganda” semacam itu dari Korea Selatan dilarang untuk ditonton dan didengarkan oleh warga Korea Utara. Ternyata, menurut Biro Keamanan Korea Utara, mereka memiliki unit khusus yang menghabiskan setidaknya 3 jam seminggu untuk menonton dan memantau media hiburan, seperti video K-Pop, agar tetap up-to-date dengan hal-hal modern semacam itu.

Pembelot Korea Utara dan petugas siaran Han Song Yi berbicara bulan lalu tentang bagaimana BTS, secara diam-diam, populer di Korea Utara. Fans rupanya menggunakan kata-kata kode, seperti “Bangtan Bag”, untuk merujuk ke boyband itu tanpa ketahuan. Hal ini menyebabkan adanya unit khusus untuk mendeteksi dan menganiaya orang-orang yang mendengarkan boyband asal Korea Selatan, karena anggota pemerintah Korea Utara melihat K-pop sebagai propaganda Korea Selatan yang dapat mempengaruhi kepercayaan warganya dengan cara yang nggak diinginkan.

Baca juga: BTS Rilis Teaser Individual ‘DYNAMITE’, Single Bahasa Inggris Mendatang

Belum disebutkan hukuman apa yang akan dihadapi para tentara muda itu atas tindakan mereka, tapi mudah-mudahan nggak terlalu parah ya. Sulit membayangkan seseorang ditangkap karena sesuatu yang sederhana seperti joget dan mendengarkan musik, tetapi itulah kenyataan hidup di Korea Utara. Pahit, cuy!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

V BTS dan Alicia Keys

V (BTS) dan Alicia Keys Diduga Beri Kode Untuk Kolaborasi Mendatang Me...

Alicia Keys dan V (BTS). Popstar Alicia Keys baru-baru ini menggunggah cuplikan video pendek lagu cover BTS di Twitter yang tentu saja bikin para penggemarn

on Nov 27, 2020
30 Peringkat Keseluruhan Idol K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan idol K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Keseluruhan Grup K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Anggota Girlband K-pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan No...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

on Nov 22, 2020