×
×

Search in Mata Mata Musik

Tom Meighan Cabut Dari Kasabian Setelah Terbukti Bersalah Kasus KDRT

Posted on: 07/8/20 at 7:30 am

Tom Meighan Cabut Dari Kasabian Setelah Terbukti Bersalah Kasus KDRT
Tom Meighan.

Mantan vokalis band alt-rock Kasabian, Tom Meighan mengaku bersalah atas penyerangan terhadap mantan tunangannya, Vikki Ager.

Musisi berusia 39 tahun itu muncul di pengadilan Leicester, Inggris pada hari Selasa lalu untuk menghadapi tuduhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Setelah mengaku bersalah, Tom Meighan dihukum “18 bulan masa percobaan dan 200 jam pelayanan masyarakat,” menurut BBC News. Dia juga harus menyelesaikan masa rehabilitasi selama lima hari.

Jaksa penuntut mengatakan bahwa “serangan berkelanjutan” terjadi pada malam tanggal 9 April dan meninggalkan Vikki Ager dengan luka memar di bagian lutut, siku, pergelangan kaki serta “luka yang memerah di lehernya”. Setelah menanggapi laporan kasus itu, petugas polisi mengatakan bahwa Tom Meighan “sangat berbau minuman keras” dan sempat “agresif” dan tidak mau bekerja sama.

Pengacara Tom Meighan, Michelle Healey, mengatakan kepada pengadilan bahwa kliennya merasakan “penyesalan yang mendalam” dan “penghinaan pribadi,” menambahkan bahwa “dia tidak memiliki siapa pun selain dirinya sendiri untuk disalahkan”.

Pengacaranya juga mengkonfirmasi bahwa kepergian Tom Meighan dari Kasabian berhubungan langsung dengan insiden itu. “Kehilangan kesempatan untuk tampil dengan band yang dia cintai dan orang-orang yang dia cintai adalah kehilangan pribadi yang sangat besar,” ujar Michelle Healey.

Dalam hukumannya terhadap Tom Meighan, hakim distrik Nick Watson mengatakan, “Aku perlu memperhitungkan fakta bahwa kamu tidak hanya menyakiti Nona Ager, kamu juga mengecewakan banyak orang, anggota band dan mereka yang menyukai musik kamu. Mereka akan terkejut dengan apa yang kamu lakukan malam itu”.

Pada hari Senin lalu, Kasabian mengumumkan bahwa Tom Meighan “mengundurkan diri dari band dengan persetujuan bersama”. Pernyataan band ini kemudian menambahkan, “Tom Meighan telah berjuang dengan masalah pribadi yang telah mempengaruhi perilakunya selama beberapa waktu dan sekarang ingin memusatkan semua energinya untuk mengembalikan hidupnya ke arah yang benar”.

Tom Meighan adalah anggota pendiri Kasabian, yang dibentuk di Leicester, Inggris pada tahun 1997. Selama masa jabatannya sebagai vokalis utama, band ini merilis enam album studio, lima di antaranya masuk peringkat No. 1 di UK Album Chart. Pada 2010, Kasabian memenangkan Brit Award untuk kategori Best British Group, dan pada 2014, mereka menjadi headline di festival musik Glastonbury. Album terakhir band ini, For Crying Out Loud, dirilis pada 2017 lalu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Che Cupumanik dan Robi Navicula

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

on Oct 27, 2020
Foo Fighters live

Konser Pertama Foo Fighters Sejak Pandemi Di #SOSFest, Troubadour, Los...

Pada hari Sabtu, 17 Oktober, anggota Foo Fighters bersatu kembali untuk pertunjukan pertama mereka sejak awal pandemi kopad-kopid ora jelas. Sebagai bagian

on Oct 19, 2020
Linkin Park

Linkin Park Rilis Versi Demo 'In The End' Dari 20th Anniversary Hybrid...

Boleh dibilang Linkin Park adalah band nu-metal/alternative rock yang berhasil menguasai blantika musik rock di era awal millenium alias pada tahun 2000. A

on Oct 2, 2020
Mariah Carey

Mariah Carey Diam-Diam Pernah Membuat Album Alternative Rock!

Mariah Carey circa 1995. (Foto: via Frank Micelotta Archive/Getty Images). Hari ini, 29 September, Mariah Carey meluncurkan buku baru sekaligus buku memoar

on Sep 29, 2020