×
×

Search in Mata Mata Musik

Tom Morello & Pussy Riot Collab Via Lagu Rock Politis ‘Weather Strike’

Posted on: 05/1/21 at 11:00 am

Tom Morello & Pussy Riot Kolaborasi Via Lagu Alt-Rock Politis 'Weather Strike'
Tom Morello (Foto: Eitan Miskevich) / Nadya Tolokonnikova (Foto: Pussy Riot).

Gitaris Rage Against The Machine (RATM) Tom Morello berkolaborasi dengan band punk rock Rusia Pussy Riot! Dalam sebuah lagu alternative rock bernuansa politis yang mengentak berjudul ‘Weather Strike’.

Baca juga: Tom Morello Protes Via Lagu Baru Kolab Dengan Dan Reynolds (Imagine Dragons)

Dua musisi dan aktivis politik itu muncul bersamaan dengan ungkapan kekaguman satu sama lain. Morello memuji Pussy Riot dalam siaran persnya. “Pussy Riot adalah salah satu grup musik aktivis paling radikal dan penting sepanjang masa. Perpaduan seni dan konfrontasi mereka yang tidak kenal takut adalah inspirasi secara kontinyu. Dan merupakan suatu kehormatan untuk menggabungkan kekuatan pada lagu ‘Weather Strike’ yang revolusioner dan kuat ini”.

Nadya Tolokonnikova dari Pussy Riot berkomentar, “Bagi Tom dan gue, politik selalu terkait erat dengan musik kami, seperti dua sisi strip Möbius. Merupakan suatu kehormatan untuk berkolaborasi dan berteman dengan Tom. Gue merasa kuat, diberdayakan, didukung, dilihat, dihormati, ketika gue bekerja dengan Tom. Gue merasa bahwa kami sedang membentuk bagian yang baik dari pasukan seni revolusioner bersama-sama, sekutu dan rekan sejati”.

Personel Pussy Riot itu menambahkan, “‘Weather Strike’ adalah lagu utopis yang hebat bagi gue, kami dengan lantang menyatakan masa depan yang ingin kami lihat: sistem alternatif keamanan publik di mana kekerasan polisi tidak lagi menjadi masalah, kegembiraan utama pemberontakan dan menolak ketidakadilan, dan juga gue bernyanyi tentang impian gue untuk mengubah gedung utama FSB (bekas KGB) menjadi museum yang imersif di mana kita akan belajar tentang momen-momen kelam dalam sejarah Rusia. Gue akan mewujudkannya ketika Putin tidak lagi berkuasa”.

Gabungan Riff RATM Tom Morello dan Electro-Pop-Punk

Lagu yang memiliki lirik bahasa Inggris dan Rusia ini menampilkan baris-baris kalimat provokatif seperti, “I’m sorry I just puked on your police suit/ (You) touched me and I vomited, so cute/ You’d better call me daddy but don’t shoot/ You’d better call me mami when you lick my boot”.

Secara musikal, ‘Weather Strike’ menggabungkan lick gitar rap rock khas Morello di RATM dengan vibe elektro-pop dan bernapaskan punk rock. Lagu ini dirilis menyusul EP Panic Attack yang baru-baru ini dirilis Pussy Riot, yang berisi single ‘Toxic’ yang menampilkan Dorian Electra, ‘Sexist’, dan ‘Panic Attack’.

Terlepas dari sejarah 10 tahun mereka yang sering menjadi tajuk utama media, Pussy Riot enggak pernah merilis album full-length. Tetapi itu akan berubah tahun ini dengan album debut mereka yang akan dirilis pada tahun 2021.

Morello, sementara itu, akan memulai tur reuni Rage Against the Machine yang sangat ditunggu-tunggu pada tahun 2022, setelah dua kali ditunda karena pandemi.

Baca juga: Anti-Flag Rilis Lagu ‘A Dying Plea’ Fitur Tom Morello, DEWAYNE, Marcia Richards

Silakan tonton video lirik ‘Weather Strike’, yang disutradarai oleh pembuat film Ksti Hu, di bawah ini, dan unduh atau streaming lagu tersebut di sini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    RATM

    RATM Masuk Daftar 167 Lagu Yang Dicekal Radio AS Pasca Tragedi 9/11

    Rage Against The Machine (RATM) (Foto: Niels van Iperen/Getty Images). RATM singkatan dari Rage Against The Machine, band hardcore yang sukses melebur rap,

    on Sep 13, 2021
    Sekolah Musik Wanita Afghanistan

    Sekolah Musik Wanita Afghanistan Mencari Suaka Pasca Okupasi Taliban

    The Miraculous Love Kids (Foto: dok. Lanny Cordola). Sekolah musik wanita Afghanistan "cry for help". Pasca okupasi atau pendudukan dan pengambil alihan kot

    on Aug 30, 2021
    Tom Morello

    Tom Morello Cover Lagu AC/DC Fitur Eddie Vedder & Bruce Springsteen

    ddie Vedder, Tom Morello, Bruce Springsteen (Foto: Full Coverage Communications). Tom Morello telah mengumumkan album solo barunya, The Atlas Underground Fi

    on Aug 5, 2021
    600 Musisi

    600 Musisi (RATM, Serj Tankian) Serukan Boikot Israel Dukung Palestina

    Lebih dari 600 musisi menyerukan kepada rekan-rekan sesama musisi mereka untuk memboikot pertunjukan apapun di Israel sebagai bentuk dukungan untuk Palesti

    on May 27, 2021