×
×

Search in Mata Mata Musik

Tonton Aksi Memukau James Blake Mengcover Lagu Klasik ‘Come As You Are’ Nirvana

Posted on: 06/30/20 at 9:00 am

Video James Blake mengcover lagu Nirvana.
Video James Blake mengcover lagu Nirvana.

Penggemar dari musisi andalan kelahiran London, Inggris James Blake telah disuguhi sejumlah versi cover lagu-lagu spesial selama masa karantina wabah virus Corona ini. Selama beberapa bulan terakhir saja, musisi rajin asal Inggris ini telah mengcover lagu-lagu orisinil oleh Radiohead, Billie Eilish, Frank Ocean, dan Joni Mitchell. Untuk versi cover terbarunya, James Blake dengan ambisius membawakan versinya sendiri dari lagu klasik Nirvana, ‘Come As You Are’.

Baca juga: James Blake Ingin Lindungi Kamu Dalam Lagu Terbarunya, ‘You’re Too Precious’

Performa itu merupakan bagian dari “konser piano improvisasi”-nya selama satu jam yang disiarkan di Instagram Live pada hari Sabtu lalu. Sesuai yang diminta oleh seorang penggemar, versi cover James Blake untuk single album Nevermind itu nadanya terasa “lembut”. Namun, meskipun itu tidak memiliki nuansa enerjik yang keras yang sama dengan versi asli lagu tahun 1992 tersebut, versi cover James Blake masih terasa indah dengan caranya sendiri yang rapuh dan pelan tapi pasti.

Tonton aksi James Blake saat mengcover lagu Nirvana di bawah ini, diikuti dengan konser penuhnya. Sumbangan yang dikumpulkan selama mini-konser virtual itu akan menguntungkan The Loveland Foundation, yang mendukung komunitas ras kulit berwarna, khususnya perempuan dan gadis kulit hitam.

Bulan April lalu, musisi pemenang Grammy ini merilis sebuah single berjudul ‘You’re Too Precious’ dan mengisyaratkan bahwa pengerjaan album barunya sudah berlangsung. Album full-length terakhir James Blake, Assume Form, dirilis pada awal 2019 lalu.

Dalam ulasan album tersebut yang mendapat nilai A-plus dari jurnalis Consequence of Sound, Wren Graves, yang menyebut album itu sebagai suatu “prestasi yang luar biasa” dan memuji James Blake sebagai “salah satu penulis lagu paling orisinal di generasinya”. Jurnalis The New York Times, Jon Pareles menulis bahwa album tersebut “terbuka ke kedalaman, menghantui secara mendalam” dalam ulasan positifnya.

Baca juga: James Blake dan Travis Scott Luncurkan Video “Mile High”

Sedangkan Tom Connick dari NME memberikan album itu peringkat bintang lima pertama pada tahun 2019, menyebut James Blake sebagai “salah satu produser terbesar dunia, seorang penulis lagu yang brilian dan penulis lirik yang emotif”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    For Revenge & Stereo Wall

    For Revenge & Stereo Wall Lebur Energi Emo Via Collab Single 'Jakarta ...

    Dua band yang dikenal sebagai pengusung gaya emo/modern rock, For Revenge dan Stereo Wall berkolaborasi dalam sebuah lagu yang menyatukan energi dan karakt

    on Mar 1, 2021
    Pop 1980an & Heavy Metal

    Studi Baru: Pop 1980an & Heavy Metal Mampu Menurunkan Tekanan Darah & ...

    Pet Shop Boys (Foto: via CoS), Megadeth (Foto: David Brendan Hall). Kalau lo sedang mengalami stres, mungkin salah satu cara ampuh untuk menghilangkannya at

    on Feb 19, 2021
    Grrrl Gang

    Grrrl Gang Bagikan Kisahnya Di Amerika Dalam MV 'Honey, Baby', Single ...

    Grrrl Gang. (Foto: Carkultera). Setelah lama enggak merilis musik baru, akhirnya trio alternative pop rock asal Yogyakarta, Grrrl Gang kembali menyuguhkan s

    on Feb 17, 2021
    Ridh

    Darah Muda Pop Ridh Buktikan Potensinya Via EP Perdana "When It's Over...

    Ridh. (Foto: dok. Ridh). Kita harus terus berbangga dengan talenta musik dalam negeri. Setiap tahun, kita selalu mencetak musisi-musisi baru yang bisa menar

    on Feb 15, 2021