×
×

Search in Mata Mata Musik

Tony Iommi Dihormati Ilmuwan, Namanya Dipakai Untuk Fosil Baru

Posted on: 10/9/21 at 11:00 am

Tonny Iommi namanya dipakai untuk fosil baru
Foto: Tony Iommi (via SRO PR), Drepanoistodus iommii (via the European Journal of Taxonomy).

Tony Iommi, sang gitaris legendaris Black Sabbath telah dihormati oleh ahli paleontologi yang menemukan fosil makhluk mirip belut berusia 469 juta tahun. Ahli tersebut menjuluki salah satu fosil temuannya dengan nama “Drepanoistodus iommii”.

Baca juga: Black Sabbath Diharapkan Reuni Dan Merilis Album Lagi Oleh Bill Ward

Fosil yang baru ditemukan adalah bagian dari spesies conodont, dan ditemukan oleh tim Denmark/Swedia. Digali dari suksesi batu kapur di Rusia barat yang pernah membentuk sedimen dasar laut selama Periode Ordovisium (menurut laporan penelitian resmi).

Seperti semua spesies yang baru ditemukan, para ilmuwan harus memberi fosil itu nama Latin formal. Nah, bagi ahli paleontologi yang juga seorang metalhead, Mats E. Eriksson, ini adalah waktu yang tepat untuk menghormati sang gitaris heavy metal paling berpengaruh sepanjang masa.

“Saya pribadi memiliki rekam jejak yang cukup luas dalam menggabungkan ilmu paleontologi saya dengan musik cadas (dimanifestasikan melalui fosil yang dinamai Lemmy Kilmister, Alex Webster, dan King Diamond. Tetapi juga melalui pameran keliling Rock Fossils, buku-buku sains populer, dan bahkan rekaman paleo metal). Jadi itu mudah bagi saya,” kata Eriksson, seperti dilansir dari Brave Words.

Eriksson melanjutkan: “Tony Iommi berada di urutan teratas dalam daftar orang yang ingin saya hormati dengan cara ini. Saya sangat senang, kedua rekan penulis saya menyukai saran itu. Jadi, sekarang Tony Iommi juga diabadikan dalam literatur ilmiah dengan spesies cantik Drepanoistodus iommii”.

Tony Iommi Bukan Yang Pertama Namanya Dipakai Untuk Fosil

Seperti yang disebutkan Eriksson, paleontologi dan heavy metal telah cukup marak sebelumnya. Awal tahun ini, para ilmuwan menamai spesies baru dengan nama para anggota band metal Prancis Gojira. Sebelum itu, kami melaporkan sebuah fosil yang dinamai The Ocean, sebuah band metal yang menggabungkan tema paleontologis ke dalam musiknya.

Baca juga: Gojira Dihormati Para Ilmuwan, Menamai Fosil Berdasarkan Anggota Band

Lo bisa lihat bagan fosil dan ilustrasi Iommi dengan makhluk conodont di bawah ini. Fosil Drepanoistodus iommii direpresentasikan dalam gambar E sampai H.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021