×
×

Search in Mata Mata Musik

Tony Iommi & Gibson Luncurkan Gitar SG Special Replika 1964 “Monkey”

Posted on: 08/18/21 at 11:00 am

Tony Iommi & Gibson Luncurkan Gitar SG Special Replika 1964 "Monkey" Yang Ikonik
Tony Iommi (Foto: dok. Gibson).

Tony Iommi, sang riff lord legenda Black Sabbath dan Gibson telah meluncurkan gitar listrik SG Special seri baru. Model signature ini menciptakan kembali alias mereplika Gibson SG Special 1964 “Monkey” ikonik milik Iommi.

Baca juga: Kirk Hammett (Metallica) Resmi Menjadi Artis Endorsement Gitar Gibson

SG Special adalah inti dari sound Black Sabbath dan telah dianggap sebagai riff gitar paling berpengaruh dalam sejarah heavy metal. Riff distingtif bernuansa gelap Iommi mendefinisikan genre yang kita kenal selama lebih dari lima dekade. Dan “Monkey” adalah instrumen konduktif sebagai inti dari “tone” masif sang gitaris sepuh tersebut. Yang menyemburkan nada-nada ikonik dalam lagu-lagu seperti ‘Paranoid’, ‘War Pigs’ atau ‘Iron Man’.

Iommi dan Gibson USA bekerja sama untuk mereplikasi gitar yang asli, hingga hasil akhir warna cherry vintage yang dalam. Gitar ini tersedia dalam versi untuk pemain kiri dan kanan (Tony adalah kidal). SG Special baru ini berbahan body mahoni, neck mahoni terikat dengan profil bulat, dan fretboard rosewood India dengan 22 fret.

Cakep ya, beautiful as fuck, bray.

Perangkat keras lainnya termasuk mur Graph Tech, tuner Grover Rotomatic dengan tombol bergaya kontemporer, dan pickup P-90 berlapis krom. Reproduksi stiker “Monkey” Iommi juga hadir di dalam casing khusus. Sebagai sentuhan terakhir, tanda tangan gitaris menghiasi bagian belakang headstock.

Tanda tangan Tony Iommi di belakang headstock Gibson SG “Monkey”.

Tony Iommi Senang Berbagi Senjata Riff Ke Publik

“Saya memiliki kesempatan untuk pergi ke pabrik Gibson, bertemu orang-orang yang bekerja di sana, dan saya melihat betapa berdedikasinya mereka semua untuk kerajinan itu,” kata Iommi dalam pernyataan persnya. “Tidak ada yang bisa menghentikan Gibson, yang sangat bagus untuk kita semua pemain gitar dan saya senang sekarang dapat berbagi gitar SG ini dengan khalayak luas”.

Gibson Brands EU Head of Marketing, Lee Bartram menambahkan: “Tony Iommi adalah definisi sebenarnya dari pelopor musik dan sebagai arsitek dari gerakan heavy metal, dia layak untuk dirayakan di setiap kesempatan. Dengan gitar ini, Gibson USA telah menciptakan penghargaan tertinggi untuk seorang ikon yang menghasilkan Gibson SG yang sangat keren yang cocok untuk semua genre musik”.

Akhir-akhir ini, Gibson secara khusus merangkul para musisi heavy metal dan hard rock. Perusahaan gitar kelas dunia ini juga belum lama meluncurkan model signature untuk Slash (Guns N’ Roses), Dave Mustaine (Megadeth), Lzzy Hale (Halestorm), dan Kirk Hammett (Metallica).

Baca juga: Umumkan Kemitraan Dengan Dave Mustaine, Gibson Bagikan Foto Prototipe Gitarnya

Gibson Tony Iommi SG Special dijual seharga US$2,399 atau kisaran Rp 34,5 juta dan tersedia melalui Gibson dan Reverb. Selamat menyimak video Tony Iommi mempresentasikan Gibson SG Special-nya.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021