×
×

Search in Mata Mata Musik

Tool Rajai Deretan Top 10 di Chart Lagu Rock!

Posted on: 08/21/19 at 9:00 am

Selain 10 lagu hit mereka di barisan Top 10, Tool juga menempati lima tempat lainnya di posisi 25 besar, yang empat di antaranya berada di Top 20.

Setelah bertahun-tahun menolak mengunggah diskografi mereka ke platform streaming (seperti Spotify dan Apple Music) atau etalase digital (seperti iTunes dan Amazon), Tool akhirnya bergabung dengan revolusi digital dan membuat musik mereka dapat diakses semua orang.

Awal bulan ini, semuanya yang pernah dirilis band hard rock ini dilepas ke platform streaming  dan toko online, dan fanbase besar mereka menunjukkan dukungan mereka dengan membeli dan streaming lagu-lagu favorit mereka. Hasilnya, Tool mencetak sejarah di tangga lagu Rock Digital Song Sales Billboard, yang memeringkat lagu-lagu rock terlaris di AS setiap minggu.

Luar biasanya, band ini menempati semua posisi di Top 10 pada daftar tersebut, yang merupakan pencapaian yang belum pernah diraih oleh artis lain di ranah ini, menurut Billboard sendiri.

Di nomor satu ada “Sober,” salah satu lagu Tool yang paling dicintai dan tertua. Lagu ini dirilis pada tahun 1993, yang di mana pada saat itu membantu mereka menjadi kekuatan yang wajib diperhitungkan di dunia hard rock.

Single baru “Fear Inoculum,” yang merupakan rilisan pertama dari album mereka yang akan datang dengan judul yang sama, menduduki No. 2 sebagai lagu termuda dari Tool di daftar ini. Kehadirannya di No. 2 kemungkinan besar adalah bentuk terima kasih penggemar kepada band yang menyerah dan akhirnya mau menerima teknologi baru.

Selain 10 lagu hit mereka di barisan Top 10, Tool juga menempati lima tempat lainnya di posisi 25 besar, yang empat di antaranya berada di Top 20. Lagu rock terlaris minggu lalu, “Hey Look Ma, I Made It” dari Panic! at the Disco, terjun dari puncak ke No. 11, meskipun penurunan itu mungkin hanya sementara. Lagu itu kemungkinan akan kembali menaiki tangga lagu di periode berikutnya, dan bahkan bisa jadi kembali ke puncak. 

Berikut adalah 10 lagu Tool di Top 10 tangga lagu Rock Digital Song Sales Billboard.

No. 1 – “Sober”
No. 2 – “Fear Inoculum”
No. 3 – “SCHISM”
No. 4 – “Forty Six & 2”
No. 5 – “Stinkfist”
No. 6 – “Ænema”
No. 7 – “The Pot”
No. 8 – “Vicarious”
No. 9 – “Lateralus”
No. 10 – “Prison Sex”

Keterangan Foto Utama: Tool di festival musik Rock en Seine pada 25 Agustus 2007. (Foto: Gamma-Rapho via Getty Images/Eric Catarina)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Enuff

    Enuff Z'nuff Rilis Album Tribute The Beatles "Enuff Z'Nuff's Hardrock ...

    Foto: dok. Enuff Z'nuff. Seakan tidak pernah luntur kecintaan para penikmat musik kepada band rock n' roll legendaris The Beatles. Begitu juga yang dirasaka

    on Sep 16, 2021
    Eddie Jerome Vedder

    Eddie Vedder Merilis 'Long Way', Single Dari Album Solo Mendatang

    Eddie Vedder (Foto: Danny Clinch). Edward Louis Severson III atau yang lebih familiar dikenal dengan nama Eddie Vedder, pentolan salah satu dedengkot grunge

    on Sep 8, 2021
    The Cranberries

    The Cranberries Rilis Album Tribute Kepada Mendiang Dolores O'Riordan

    Sampul album Remembering Dolores. The Cranberries memberikan penghormatan kepada mendiang vokalisnya, Dolores O’Riordan pada ulang tahunnya yang ke-50 den

    on Sep 7, 2021
    Taipei Houston

    Taipei Houston, Band Rock Besutan Dua Putra Lars Ulrich Siap Debut

    Taipei Houston (Foto: Aleyna Dogan via Instagram). Taipei Houston, adalah band besutan dua putra kandung dramer Metallica, Lars Ulrich. Band ini terdiri dar

    on Sep 3, 2021