×
×

Search in Mata Mata Musik

Tradeto & Hindia Duet Di Single ‘Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah’

Posted on: 08/14/21 at 10:00 am

Tradeto x Hindia Bersinergi Di Single 'Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah'
Pose Tradeto dan Hindia (Foto: dok. Tradeto).

Tradeto yang juga dikenal sebagai vokalis band alternative rock Glaskaca kini kembali dengan karya solonya. Setelah merilis dua single di masing-masing tahun 2019 dan 2020, musisi asal Jakarta ini merilis single baru berjudul ‘Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah’. Kali ini Tradeto tidak sendiri, tetapi menggandeng Hindia sebagai rekan kolaboratornya.

Baca juga: Kembali dari Istirahat, Glaskaca Rilis Dua Singel Sekaligus, ‘Dialog’ Dan ‘Killjoy’

Terinspirasi dari kisah pribadinya, ‘Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah’ adalah ekspresi Tradeto terhadap banyaknya rencana yang batal terlaksana akibat pandemi.

Tradeto menjelaskan tentang pesan lagunya “Pandemi benar-benar merusak banyak rencana gue. Ada banyak hal yang mestinya sudah gue lakukan, jadi batal semuanya. Tapi gara-gara hal ini gue juga jadi belajar kalau hidup itu memang tidak bisa selamanya sesuai dengan rencana. Jadi ketika rencana gue tidak terlaksana, ya gue belajar buat ikhlas, dan menata ulang lagi rencana-rencana gue secara perlahan”.

Tentang ‘Masa Depan/Satu Dua Langkah’ merupakan lagu yang sudah ditulis Tradeto sejak akhir 2020, namun baru dirilis pada bulan Juli 2021 ini. Mengambil inspirasi dari album Mantra-Mantra Kunto Aji, dan Menari Dengan Bayangan Hindia, Tradeto tanpa ragu mengajak dua sosok tersebut untuk berkolaborasi dan memberikan warna kepada lagu ‘Tentang Masa Depan/Satu Langkah Dua Langkah’.

“Kalau ditanya di mana suaranya Mas Kun, suaranya tuh ada di voice note yang muncul di tengah-tengah lagu. Sedangkan buat Hindia, karena dia relate dengan cerita yang ada di lagu ini, dia dengan senang hati mau bantu dan jadi teman duet di lagu ini – senang sih, karena vokal kami berdua ‘kan warnanya beda banget, jadinya vokal yang diberikan oleh dia itu memberikan harmoni yang menyenangkan di lagu ini”.

Tradeto dan Hindia

Tradeto 'Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah' artwork

Baik Tradeto maupun Hindia, merupakan nama panggung atau alter ego masing-masing musisi. Tradeto bernama asli Dias Widjajanto, dan Hindia, you know lah, Baskara Putra, vokalis band alternative rock .Feast.

Baskara sendiri mengakui kalau dirinya menerima ajakan dari Dias, karena memang dirinya dan Dias sudah sering bekerja bersama. Selain itu, lirik dan cerita lagu ‘Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah’ juga relate dengan kejadian yang ada di hidupnya.

“Gue kenal Dias sudah lama, dia sering kerja bareng gue dan sebaliknya dia sering bantuin proyek-proyek keluarga besar musik gue, cuma kami belum pernah bikin lagu bareng. Ini pertama kali. Long overdue saja, akhirnya bikin bareng, sesuatu yang gue rasa dialami minimal sekali oleh semua orang sepanjang hidupnya sih. Ini umur-umur rentan banget untuk bertanya-tanya kenapa target dan pencapaian lo dalam hidup kok belum kesampaian. Pokoknya jangan sampe maksa bandingin target diri sendiri dengan milik orang lain, itu cuman bawa nelangsa saja. Kurang lebih itu juga yang gue tangkep dari lagu ini”.

Pelipur Lara

Dengan dirilisnya ‘Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah’, Tradeto harap lagu ini bisa menjadi penghibur bagi orang-orang yang terdampak situasi pandemi.

“‘Sesekali kembali ke bumi’ dan ‘hati-hati terbakar matahari’ menjadi representasi yang cocok dengan situasi pandemi ini. Pandemi benar-benar mengajarkan saya tentang penerimaan. Banyak sekali orang yang mengalami kehilangan. Ada yang kehilangan keluarga, karier, pekerjaan, bahkan hingga impian mereka. Tapi begitulah hidup, kadang ada hal-hal yang memang berada diluar kontrol kita. Keadaan sekarang mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati dalam mengontrol ekspektasi, dan mulai lebih realistis, karena hidup kadang bisa mengejutkan kita”.

Baca juga: ‘Si Lemah’ Single RAN dan Hindia Jadi Penutup Omne Trium Perfectum: The Series

‘Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah’ sudah bisa didengarkan di layanan streaming digital mulai 13 Agustus 2021. Rilisnya lagu ini juga dilengkapi oleh sebuah video lirik yang sudah bisa ditonton di kanal YouTube Tradeto.

Sumber: Siaran Pers
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    RAN dan Hindia

    'Si Lemah' Single RAN dan Hindia Jadi Penutup Omne Trium Perfectum: Th...

    RAN bersama Hindia dalam video musik 'Si Lemah'. Masih dalam rangkaian Omne Trium Perfectum: The Series, sebuah konsep proyek terbaru RAN yang berarti, “E

    on May 4, 2020
    Hindia

    Libatkan Penggemar, Hindia Rilis Video Musik 'Evakuasi'

    Hindia. (Foto: Instagram.com/@wordfangs). Hindia kembali melepas video musik untuk single 'Evakuasi' dari album bertajuk Menari Dengan Bayangan yang dirilis

    on Apr 17, 2020
    Hindia

    Hindia Merilis Versi Remix Dari Lagu 'Secukupnya' Hasil Karya DJ dan P...

    Hindia dan Dipha Barus (Foto: Sun Eater). Di tengah masa krisis akibat virus Covid-19 yang mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah, Sun Eater merilis

    on Mar 31, 2020
    Hindia

    'Menari dengan Bayangan', Merayakan Quarter Life Crisis Hindia

    Vokalis Feast Baskara Putra merilis album solonya bertajuk 'Menari dengan Bayangan'. Ilham untuk menjahit lagu di album perdana Hindia—proyek solo Baskara—

    on Nov 30, 2019