×
×

Search in Mata Mata Musik

Travis Bott, Robot Yang Bisa Meniru Musik Dan Lirik Lagunya Travis Scott

Posted on: 02/14/20 at 1:38 pm

TRAVIS BOTT

Rapper/produser asal Houston, AS, Travis Scott telah membentuk tren dan telah menjadi kekuatan pendorong utama dalam industri musik selama lebih dari setengah dekade – sekarang musiknya telah memengaruhi kecerdasan buatan alias robot. Proyek dari agensi kreatif yang didorong oleh teknologi bernama ‘space150’ telah menciptakan robot yang sepenuhnya didedikasikan untuk meniru Travis Scott, menghasilkan lagu baru berjudul ‘Jack Park Canny Dope Man’, yang dikomposisikan melalui metode pembelajaran mesin dari lirik sampai ke melodi khas Travis Scott.

Meskipun liriknya sama sekali tidak masuk akal, melodi yang disetel otomatis dan instrumen pendukungnya memiliki kemiripan yang luar biasa dengan salah satu singel Travis Scott. Lirik yang tidak masuk akalnya adalah hasil dari proses intensif selama dua minggu, dengan mengatur sebuah model generator teks untuk menganalisa seluruh diskografi Travis Scott. Dari proses itu, model dapat meniru skema irama dan pola nada asli Travis Scott yang sering muncul kembali sepanjang lagu-lagu miliknya.

Baca Juga: Stitched Up Heart Rilis Video Lirik Baru Lagu ‘Straitjacket’

Sang Executive Creative Director dari space150, Ned Lampert mengatakan kepada Adweek: “Kami agak terpesona dengan ‘Bagaimana jika kami mencoba membuat lagu – seperti lagu yang benar-benar bagus – dengan menggunakan AI (kecerdasan buatan) dan pada dasarnya mengarahkan AI secara kreatif?’ Jadi kami memilih Travis Scott hanya karena ia adalah seorang seniman yang begitu unik dan dia memiliki suara yang unik dan segala macam karyanya memiliki estetika tertentu, baik dalam segi audio maupun visual”.

Video musik untuk lagu tiruan Travis Scott ini menggunakan teknologi deepfake melalui lensa terdistorsi untuk memberi kesan estetika berbasis AI dan untuk lebih membuat buram garis antara Travis Bott dan Travis Scott yang sebenarnya. Keanehan lainnya yang sangat ya… aneh, dan tidak dapat dijelaskan adalah adanya sebuah obsesi makanan yang mengelilingi lirik Travis Bott.

“Robot itu terus berbicara tentang makanan,” ungkap Lampert. “Ada satu kalimat seperti, ‘Saya tidak ingin memakan makanan pesta Anda,’ dan kami hanya seperti, ‘Apa?!’.

Inisiatif ini dibuat untuk menguji kemajuan dalam teknologi jaringan saraf, yang bertujuan untuk memajukan kemampuan kreatif perusahaan untuk melihat apakah proyek di masa depan dapat menerima manfaat dari penggunaan kecerdasan buatan.

“Robot itu mengarang hal-hal yang kita tidak akan pernah pikirkan. Saya suka segala kesalahan indah yang kita buat sepanjang proses yang lalu berubah menjadi hasil yang baik atau [situasi] di mana seseorang mengatakan sesuatu yang konyol dan kemudian kita akhirnya melakukannya. Dan ada beberapa jenis perilaku dalam proses ini”.

Tonton video musik Travis Bott milik Space150 di bawah ini dan saksikan juga video musik baru dari Travis Scott yang lebih nyata, singel baru dengan Migos dan Young Thug berjudul ‘GNF (Give No FXK)’.

Baca Juga: Billie Eilish Bersuara ‘Elegan’ Dalam Lagu Film James Bond ‘No Time To Die’

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kanye West for President?

Kanye West Resmi Umumkan Dirinya Sebagai Kandidat Presiden AS di 2020

Kanye West for President? (Foto: via CoS). Kanye West telah lama menyatakan minatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS), meskipun

on Jul 6, 2020
Pop Smoke

Album Anumerta Pop Smoke, ‘Shoot for the Stars, Aim for the Moon’ ...

Pop Smoke ‘Shoot for the Stars'. Album debut anumerta dari almarhum rapper Pop Smoke, Shoot for the Stars, Aim for the Moon, telah dirilis. Streaming albu

on Jul 4, 2020
Kanye West

Kanye West Rilis ‘Wash Us in the Blood’, Single Barunya Fitur Trav...

Kanye West dan Travis Scott. Masa penantian telah usai, kini Kanye West telah kembali dengan musik baru. Bos Yeezy ini merilis ‘Wash Us in the Blood’, s

on Jul 1, 2020
Travis Scott

Travis Scott Dituntut Pelanggaran Hak Cipta Atas Lagu ‘Highest In th...

Travis Scott. (Foto: Kevin Winter/Getty Images for LiveNation). Tiga penulis lagu telah menuntut Travis Scott serta penulis dan produser musik lainnya yang

on Jun 11, 2020