<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Travis Rayakan 20 Tahun Album The Man Who

Posted on: 05/5/19 at 2:00 pm

Salah satu album paling sukses dari Inggris dalam 20 tahun terakhir, The Man Who, melahirkan empat lagu hit termasuk “Why Does It Always Rain on Me?”

Baca Juga: The Weeknd, SZA & Travis Scott Rilis VM “Power is Power”

Craft Recordings akan merayakan ulang tahun ke-20 debut Travis dengan dua rilisan serentak: Live at Glastonbury ’99, plus edisi panjang album The Man Who – yang keduanya akan rilis pada 21 Juni.

Tersedia untuk pertama kalinya, Live at Glastonbury ’99 adalah album yang sudah lama dicari penggemar Travis. Set berisi 16 lagu ini berisi lagu-lagu favorit seperti single pertama mereka yang masuk Top 20 di Britania Raya, “More Than Us,” “Driftwood,” “Happy,” dan “Turn.” Live at Glastonbury ’99 akan tersedia dalam format CD, sebagai set vinyl dua kaset, dan digital.

Untuk memperingati ulang tahun The Man Who, Travis memilih 19 lagu sisi B, yang akan tersedia dalam versi reissue digital dan CD dari album ini.

Selain itu, box set deluxe (yang sebelumnya ditawarkan dalam jumlah terbatas melalui toko online Travis, kini tersedia lagi karena banyaknya permintaan) menghadirkan versi panjang album ini dalam dua CD dan dua LP, sementara kotak berukuran 12” x 12” juga akan mencakup buku foto peringatan setebal 58 halaman.

1999 menjadi tahun yang penting bagi kuartet asal Skotlandia ini. Penyanyi/penulis lagu Fran Healy, gitaris Andy Dunlop, drumer Neil Primrose, dan bassist Dougie Payne sudah bersama sejak awal dekade, dan saat itu sedang mempersiapkan perilisan album kedua mereka, The Man Who, menyusul perilisan album debut mereka di 1997, Good Feeling.

Baca Juga: Tool Selipkan 2 Lagu Baru di Setlist Konser Terbarunya

Meskipun album ini cukup sukses di Britania Raya dan membuat mereka menggelar tur yang panjang—menjadi pembuka untuk konser band seperti Oasis—Travis masih relatif tidak populer secara internasional. Segalanya kemudian berubah.

Dengan The Man Who yang hanya dipajang selama sebulan di toko kaset, Travis tampil di Other Stage di Glastonbury Festival. Itu menjadi kesempatan yang cukup baik, tetapi, saat mereka membawakan single yang baru akan segera dirilis “Why Does It Always Rain on Me?,” langit pun seolah terbuka.

Pengunjung menggila, dan penampilan mereka menjadi salah satu penampilan hebat sepanjang masa dalam sejarah 50 tahun festival tersebut. Pada saat “Why Does It Always Rain on Me?” dirilis sebagai single lima minggu kemudian, Travis dan The Man Who berada di jajaran bintang internasional, dan kemudian menjadi penampil utama di Glastonbury setahun kemudian.

Sebagai salah satu album paling sukses dari Inggris dalam 20 tahun terakhir, The Man Who melahirkan empat lagu hit seperti, “Writing to Reach You,” “Driftwood,” “Turn,” dan kemungkinan lagu paling ikonik dari band ini, “Why Does It Always Rain on Me?” Diproduseri oleh Nigel Godrich (Radiohead, U2, Pavement), The Man Who menghabiskan 11 minggu yang menakjubkan di posisi No. 1 di Britania Raya, lalu terjual sebanyak 3,5 juta salinan di seluruh dunia.

Pengakuan kritis segera mengikuti jejak mereka, termasuk Ivor Novello Awards di kategori Best Songwriter dan Best Contemporary Song untuk lagu “Why Does It Always Rain on Me?” dan BRIT Awards di kategori Best British Band dan Best British Album. Travis menghabiskan 18 bulan kemudian menggelar 237 konser keliling dunia.

Melihat ke belakang, vokalis Fran Healy tetap merendah: “Kami hanya menikmatinya—selama itu ada. Kami tidak memaksakannya. Kami menikmati masa-masa itu selama yang kami bisa, tetapi kami tidak cemas akan terjatuh.”

Menurutnya, Travis memiliki hasil pencapaian yang sehat, dosisi ketenaran yang terkendali, dan jumlah ambisi yang tepat. “Di akhir The Man Who, saya benar-benar bersemangat,” kenang Healy. “Kami tidak mengambil kesempatan untuk berhenti dan bersantai—kami tidak ingin melakukannya—kami hanya terus berjalan, sampai  The Invisible Band [di 2001].”

Bercermin pada penampilan legendaris mereka di Glastonbury, Healy merenung, “Kami semua pikir itu benar-benar penampilan yang di bawah standar dan kegagalan yang sebenarnya.

Saat saya pulang malam itu, saya menyalakan TV dan pembawa acara di sorotan Glastonbury memuji kami sebagai penampil terbaik di festival. Saya menonton penampilan kami beberapa tahun kemudian di YouTube. Itu penampilan yang luar biasa. Band yang tertatih-tatih di arus dan kemudian melesat hanya dalam satu pertunjukan.”

Hingga saat ini, keempat personil Travis masih sangat aktif sebagai band. Dua tahun terakhir ini, mereka merilis album kedelapan mereka—Everything at Once yang menyegarkan—menjalani tur dunia yang besar, dan membuat film dokumenter—yang berjudul Almost Fashionable. Healy, yang kini berbasis di Los Angeles, menyimpulkan, “Kami seperti pasangan yang merayakan ulang tahun ke-60 hubungan dan masih saling mencintai. Ini semua tentang hubungannya. Ini adalah pernikahan empat lelaki—dan menjaga dua orang agar tetap tertarik saja sudah cukup sulit, apalagi empat.”

Live At Glastonbury ’99 dan The Man Who rilis pada 21 Juni 2019. Lihat daftar lagu lengkapnya di bawah ini.

Live At Glastonbury, ’99: CD
“Blue Flashing Light”
“The Fear”
“Writing To Reach You”
“Good Feeling”
“U16 Girls”
“As You Are”
“Why Does It Always Rain On Me?”
“Coming Around”
“All I Want To Do Is Rock”
“Yeah Yeah Yeah Yeah”
“Good Day To Die”
“More Than Us”
“Driftwood”
“Slide Show”
“Turn”
“Happy”

The Man Who Deluxe Box Set (2 CD)

CD1: The Man Who:
“Writing To Reach You”
“The Fear”
“As You Are”
“Driftwood”
“The Last Laugh Of The Laughter”
“Turn”
“Why Does It Always Rain On Me?”
“Luv”
“She’s So Strange”
“Slide Show” / “Blue Flashing Light”

CD2: sisi B:
“Green Behind The Ears”
“Only Molly Knows”
“Yeah Yeah Yeah Yeah”
“High As A Kite”
“Be My Baby”
“Where Is The Love”
“Village Man”
“Driftwood” (Live at the Link Café, Glasgow, 1999)
“The Urge For Going”
“Slide Show” (Live at the Link Café, Glasgow, 1999)
“River”
“Days Of Our Lives”
“We Are Monkeys”
“Baby One More Time” (In Session)
“Coming Around”
“Just The Faces Change”
“The Connection”
“Rock ‘N’ (Salad) Roll”
“The Weight”

Keterangan Foto Utama: Travis, band asal Skotlandia yang melejit lewat lagu “Why Does It Always Rain on Me?” (Foto via uDiscover Music)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The Rolling Stones

The Rolling Stones Berencana Rilis Bridges to Buenos Aires

Bob Dylan ikut memeriahkan konser mereka di Argentina pada 1998 di lagu “Like a Rolling Stone” Baca juga: The Rolling Stones Umumkan Film Rock and Roll

on Oct 4, 2019
The Chemical Brothers

The Chemical Brothers Umumkan Koleksi Reissue Surrender

Mencakup lagu sisi B yang belum pernah dirilis sebelumnya, remix, dan DVD yang menampilkan set mereka di Glastonbury 2000 Baca juga: The Chemical Brothers

on Oct 4, 2019
the beatles

Rayakan 50 Tahun Abbey Road, The Beatles Hadirkan Video Musik “Here ...

Setelah 50 tahun lamanya, “Here Comes The Sun” milik The Beatles akhirnya akan dilengkapi dengan video musik. Baca Juga: The Beatles di Top Of The Pops A

on Sep 27, 2019
Ryuichi Sakamoto

Ryuichi Sakamoto Rilis Ulang Debut Albumnya Untuk Pasar Internasional

Thousand Knives Of Ryuichi Sakamoto akan hadir dalam format vinyl untuk pertama kalinya untuk pasar di luar Jepang pada 8 November 2019. Baca Juga: Ryuichi

on Sep 20, 2019