×
×

Search in Mata Mata Musik

Travis Scott Dituntut Pelanggaran Hak Cipta Atas Lagu ‘Highest In the Room’

Posted on: 06/11/20 at 6:30 am

Travis Scott.
Travis Scott. (Foto: Kevin Winter/Getty Images for LiveNation).

Tiga penulis lagu telah menuntut Travis Scott serta penulis dan produser musik lainnya yang dikreditkan atas lagu hit sang rapper, ‘Highest In the Room’, menuduh bahwa lagu itu telah menyontek melodi gitar khas mereka.

Baca juga: Lagu ‘The Scotts’ Travis Scott dan Kid Cudi Debut No. 1 Di Chart Billboard Hot 100

Mereka mengeluh dan menuduh Travis Scott serta penulis dan produser lainnya atas “berpura-pura tertarik untuk berkolaborasi,” hanya untuk “secara sengaja (melanggar) aturan dengan mengeksploitasi karya sang penggugat tanpa persetujuan atau lisensi, menyamar seolah-olah musik sang penggugat adalah milik mereka sendiri”.

Olivier Bassil, Benjamin Lasnier dan Lukas Benjamin Leth mengajukan gugatan itu pada hari Selasa (9 Juni) di pengadilan Federal California, Amerika Serikat (AS) terhadap Travis Scott yang bernama asli Jacques Webster, bersama dengan penulis dan produser lainnya yang dikreditkan pada lagu tersebut, yakni Oz (Ozan Yildirim), Nik D (Nik Dejan Frascona), Mike Dean, Cash Passion (Jamie Lepr) dan Sean Solymar. Gugatan itu juga menyebutkan Cactus Jack Records, Grand Hustle LLC, Sony Music Entertainment, Sony/ATV Music Publishing, Papa George Music dan These Are Songs of Pulse, sebuah perusahaan asal California.

Menurut gugatan berisi 37 halaman itu, ketiga penulis lagu itu menuduh bahwa mereka menciptakan lagu berjudul ‘Cartier’ dengan melodi gitar yang mirip pada tahun 2019. Empat hari setelah mereka menciptakan lagu itu, Benjamin Lasier memposting tautan ke lagu yang berisi melodi gitar aslinya dalam sebuah grup diskusi online publik untuk para produser musik. Dia kemudian mengirim karya asli mereka ke artis hip-hop Desiigner dan setidaknya 100 produser dan artis lainnya, termasuk Jamie Lepr, berharap mereka akan tertarik untuk melisensikan karya tersebut atau dalam bentuk kolaborasi di masa ke depannya.

Baca juga: Kid Cudi dan Travis Scott Bersatu Sebagai Duo Dalam Lagu Baru, ‘The Scotts’

Setelah juga memposting lagu itu ke Instagram, Benjamin Lasnier mengatakan bahwa dia mulai berkorespondensi dengan Jamie Lepr, mengiriminya berbagai beat dengan harapan dia akan melisensikannya. Benjamin Lasnier juga mengirim karyanya ke Ozan Yildirim dan Nik Dejan Frascona. Ketika lagu ‘Highest in the Room’ dirilis, Olivier Bassil, Benjamin Lasnier dan Lukas Benjamin Leth menemukan bahwa melodi gitar dari lagu itu secara substansial mirip dengan ‘Cartier’.

“Tidak ada keraguan lagi bahwa lagu sang terdakwa, ‘Highest in the Room’ dimodelkan sesuai dan menyontek bagian asli, kualitatif dan kuantitatif penting dari lagu sang penggugat, ‘Cartier’”, tulis gugatan itu.

Richard Busch, pengacara untuk tiga penulis lagu itu, memberi tahu Billboard bahwa, “Segala sesuatu yang pada dasarnya harus kami katakan sudah tercantum dalam surat pengaduannya. Aku hanya akan menambahkan bahwa klien kami adalah penulis/produser lagu yang sangat sukses yang, sebagaimana tercantum dalam pengaduan, dan merupakan praktik umum, berkorespondensi dengan para penulis terdakwa dengan tujuan untuk melisensi karya mereka melalui bentuk kolaborasi. Mereka tidak pernah berharap bahwa ini akan berakhir dengan gugatan hukum tetapi merasa mereka tidak punya pilihan selain mengambil tindakan ini dalam keadaan seperti ini”.

Tiga penulis lagu itu meminta hakim untuk menyatakan bahwa Travis Scott dan yang lainnya dengan sengaja melanggar hak cipta karya mereka. Selain itu, ketiganya meminta uang ganti rugi dan bagian keuntungan mereka dari royalti untuk ‘Highest in the Room’, yang mereka prediksi telah menghasilkan keuntungan hingga US$ 20 juta atau sekitar Rp 282 miliar.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kanye West for President?

Kanye West Resmi Umumkan Dirinya Sebagai Kandidat Presiden AS di 2020

Kanye West for President? (Foto: via CoS). Kanye West telah lama menyatakan minatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS), meskipun

on Jul 6, 2020
Pop Smoke

Album Anumerta Pop Smoke, ‘Shoot for the Stars, Aim for the Moon’ ...

Pop Smoke ‘Shoot for the Stars'. Album debut anumerta dari almarhum rapper Pop Smoke, Shoot for the Stars, Aim for the Moon, telah dirilis. Streaming albu

on Jul 4, 2020
Jackson Wang

Jackson Wang Apresiasi Fans Rilis MV Baru ‘100 Ways Jackson Wang LOV...

Jackson Wang. Untuk merayakan lagu ‘100 Ways’ yang menggebrak chart Top 30 US Pop milik Mediabase, rapper Jackson Wang telah merilis video musik spesial

on Jul 4, 2020
21 Savage

21 Savage Luncurkan Program Edukasi Finansial Gratis Untuk Anak Sekola...

21 Savage. (Foto: via Getty/Mike Coppola/FilmMagic). Perihal krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, rapper berdarah dingin asal Atlanta, Amerika Serikat (A

on Jul 3, 2020