×
×

Search in Mata Mata Musik

Trent Reznor Menilai Kanye dan the Weeknd ‘Menjiplak’ Pertunjukan Live NIN

Posted on: 06/27/18 at 7:36 pm

Sumber: https://pitchfork.com/news/trent-reznor-says-kanye-the-weeknd-ripped-off-nins-live-shows/

Posted on June 26, 2018

trent-reznor-nilai-kanye-the-weeknd-jiplak-pertunjukan-live-nin

Kanye West (Foto: Getty Images untuk The Meadows/Taylor Hill); Trent Reznor Nine Inch Nails (Foto: WireImage/Rob Loud); The Weeknd (Foto: Getty Images/Alexander Tamargo)

“Saya akan katakan tanpa ragu-ragu. Dan mereka tahu.”

Oleh Sam Sodomsky (Pitchfork)

Dalam wawancara terbaru dengan Lauren Laverne di BBC Radio 6 Music, Trent Reznor menyatakan bahwa Kanye West dan the Weeknd telah “menjiplak” pertunjukan live Nine Inch Nails. Reznor memulai dengan membahas penggunaan awal “layar dan teknik produksi eksperimental” oleh bandnya. Dia kemudian mengatakan, “Saya ingat kami menonton sederet penampilan band di Coachella dari sofa kami yang nyaman. Dan setiap band punya video yang diputar di belakang mereka. Dan setiap band disinkronisasikan dengan paket pencahayaan yang nyaman dan sopan.” Dia menambahkan, “Dan saya melihat Kanye West secara terang-terangan menjiplak dan the Weeknd menjiplak– tur kami dari segi produksi, yang saya akan katakan tanpa ragu-ragu. Dan mereka tahu.”

Reznor kemudian membahas bagaimana NIN telah mengadaptasi pertunjukan live mereka dan rencana mereka untuk tur mereka yang sedang berlangsung. Dia mengatakan, “Ketika saya mengingat kembali the Cure, saat saya pertama kali melihat mereka di pertengahan tahun ’80-an, atau Jesus and Mary Chain ketika kami membuka acara mereka, dan semua yang saya ingat dari itu adalah asap, mungkin sebuah warna, sedikit rambut seseorang, dan suara gitar yang sangat kencang. Itu sangat menyenangkan dan saya tidak melihat hal itu banyak terjadi sekarang. Jadi kami melakukan yang sebaliknya dari produksi imersif yang berdasar teknologi yang kami lakukan saat itu…. Itu adalah musik yang dimainkan agak sembrono dengan unsur bahaya yang tidak pasti dan tidak dapat diprediksi.” Dia melanjutkan, “Hal itu menjadi template untuk apa yang kami lakukan sekarang.” Wawancara lengkapnya akan tayang besok di BBC 6 Music.

Nine Inch Nails dan Kanye pernah bekerja dengan desainer produksi Martin Phillips (pencipta piramida Daft Punk yang ikonis) di masa lalu.

Dalam wawancara dengan Billboard pada 2017 lalu, Sooner Routhier dan Robert Long, desainer produksi dan pencahayaan the Weeknd untuk turnya “Starboy: Legend of the Fall”, mengakui pengaruh Reznor pada karya mereka. “Kami selalu menyebut estetika [the Weeknd] sebagai versi R&B-nya Nine Inch Nails,” ucap mereka. “Musiknya memiliki begitu banyak dinamika dan visual dan pencahayaannya harus mencerminkan itu. Tapi, harus tetap sederhana.” Routhier menambahkan, “Saya selalu mengagumi dan menghormati Roy Bennett. Desain pencahayaannya untuk Nine Inch Nails dan Prince telah menginspirasi saya sejak saya di bangku kuliah.”

Pernyataan Reznor tentang Kanye bukanlah yang pertama yang pernah ia buat dalam beberapa wawancara terakhir. Dalam percakapan dengan The Guardian, dia mengatakan kalau album solo terbaru Kanye, ye, “payah.” Dia menambahkan, “Orang itu sudah gila.”

Nine Inch Nails baru-baru ini merilis album baru Bad Witch.

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Chris Young Gavin DeGraw

Chris Young & Gavin DeGraw Bikin Nangis Penonton dengan 'Drown...

Chris Young dan Gavin DeGraw menyajikan penampilan yang intens dalam episode terbaru CMT Crossroads. Penyanyi country ini bergabung dengan DeGraw di atas pa

on Dec 13, 2019
Sam Smith

Jingle Bell Ball 2019: Sam Smith Beri Tutorial Tari “How Do You Slee...

Sebelum menghadirkan pertunjukan yang luar biasa di Jingle Bell Ball (JBB) 2019 yang digelar di O2 Arena London, Sam Smith memutuskan untuk memberikan tuto

on Dec 9, 2019
Taylor Swift

Taylor Swift Perdana Bawakan “Christmas Tree Farm” di Jingle Bell ...

Hanya beberapa hari setelah merilis "Christmas Tree Farm," Taylor Swift membawakan lagu barunya tersebut ke atas panggung Jingle Bell Ball yang diselenggarak

on Dec 9, 2019
Green Day

Green Day Hadirkan Nuansa Festival di MTV EMAs 2019

Rocker veteran Green Day membawakan “Father of All…” dan “Basket Case” saat menjadi penampil utama di MTV World Stage di Sevilla, Spanyol, sebelum ma

on Nov 6, 2019