×
×

Search in Mata Mata Musik

Tribute Untuk Little Richard Dari Elton John, Mick Jagger, Bob Dylan, Ringo Starr dan Lainnya

Posted on: 05/11/20 at 5:30 am

Little Richard di masa aktif bermusik terakhirnya sebelum pensiun. (Foto: Vince Bucci/Getty Images).

Berbagai musisi dan selebriti papan atas, bahkan sebagian legendaris, telah memberi tribute kepada sang pionir dan arsitek musik rock and roll Little Richard, yang telah meninggal dunia di usia 87 tahun baru-baru ini.

Artis legendaris seperti Brian Wilson, Bob Dylan, Elton John, Mick Jagger, Steven Van Zandt, Gene Simmons dan banyak lagi lainnya sedang berduka atas meninggalnya sang penyanyi, penulis lagu, dan pianis bermartabat tinggi, yang penampilan live eksplosifnya sebagai penyulut semangat rock and roll yang membara sejak dekade 1950-an.

Little Richard circa 1950-an dikelilingi “fans”-nya yang masih muda belia, sebelum bocah-bocah ini terkenal. Yang nggak tahu siapa mereka “kebangetan”. (Foto: dok. Corbin Reiff).

“Dia ada di sana pada awal mula semuanya dan menunjukkan kepada kita semua cara memainkan rock and roll,” tulis Brian Wilson dari The Beach Boys di Twitter pada Sabtu (9 Mei). “Dia adalah talenta yang luar biasa dan akan dirindukan. Musik Little Richard akan bertahan selamanya”.

Selama lebih dari tujuh dekade dalam karier historisnya, Little Richard telah merekam dan menampilkan karya musik klasik seperti ‘Tutti Frutti’, ‘Good Golly’, ‘Miss Molly’, ‘Long Tall Sally’, dan ‘Rip It Up’. Little Richard sering menyebut dirinya sebagai sang “arsitek rock and roll”, dan seluruh dunia pasti setuju dengan itu.

Baca juga: Little Richard, Sang Pionir Rock & Roll, Gurunya The Beatles Tutup Usia

“Aku baru saja mendengar berita tentang Little Richard dan aku sangat berduka,” tulis Bob Dylan, yang dikenal jarang muncul di medsos. “Dia adalah bintangku yang bersinar dan cahaya pembimingku ketika aku masih kecil. Dia adalah jiwa asli yang menggerakkanku untuk melakukan semua yang telah kulakukan”.

Legenda rock and roll Jerry Lee Lewis juga memberikan penghormatannya kepada Little Richard, dengan menyebut sang ikon musik itu sebagai orang “paling berbeda dari yang lainnya”.

“Dengan hati yang sangat berat aku meminta doa untuk keluarga teman lamaku dan sesama rocker ‘Little Richard,'” ujar Jerry Lee Lewis dalam sebuah pernyataan. “Dia akan hidup terus dalam hatiku melalui bakat luar biasa dan persahabatannya! Dia adalah yang paling beda dari yang lainnya dan aku akan sangat merindukannya. Tuhan memberkati keluarga dan penggemarnya. Beristirahat lah dengan tenang temanku”.

Lihat lebih banyak reaksi di bawah ini atas kematian Little Richard dari Bruno Mars, Foo Fighters, Gene Simmons, Ringo Starr dan Iggy Pop.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Motorhead

    Motorhead Hampir Gelar 'Farewell Show' Jauh Sebelum Jadi Legenda

    Motorhead circa 1981. (Foto: dok. Motorhead). Motorhead memang sudah 'tutup buku' sejak sang komandan Lemmy Kilmister tutup usia pada 24 Desember 2015 silam

    on Jul 6, 2021
    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021