×
×

Search in Mata Mata Musik

Trompet Ikonik Milik Miles Davis Akan Dilelang!

Posted on: 09/8/19 at 10:15 am

Christie’s Auctions & Private Sales akan melelang trompet unik ‘Moon and Stars’ yang didesain dan dimainkan oleh ikon jazz Mile Davis bulan depan pada 29 Oktober.

Baca Juga: Box Set Vinyl John Coltrane 1958 Resmi Diumumkan

Christie’s Auctions & Private Sales akan melelang trompet yang dirancang dan dimainkan oleh ikon jazz Miles Davis pada 29 Oktober mendatang sebagai bagian dari Exceptional Sale mereka.

Pada tahun 1980, Davis secara langsung meminta Martin Company untuk memproduksi instrumen ini, yang menampilkan desain bulan sabit dan bintang yang khas beserta namanya, ‘Miles’, yang tertulis di ujung bagian dalam. Perusahaan pelelangan tersebut memperkirakan trompet ini bernilai antara $70.000 dan $100.000.

Trompet ini merupakan satu dari tiga instrumen yang diproduksi oleh desainer Larry Ramirez, yang juga seorang pemain trompet jazz paruh waktu, dalam tiga edisi warna yang berbeda: merah, biru dan hitam, yang masing-masing dihiasi dengan bulan dan bintang keemasan dan ‘Miles’ yang terpampang di dalamnya.

Sementara hanya versi biru tua saja yang akan dilelang, trompet merahnya menjadi bagian dari keluarga ahli waris Davis sementara yang hitam dimakamkan bersama Davis di Woodlawn Cemetery, Bronx. Pemilik trompet biru saat ini memperolehnya dari gitaris jazz yang juga kolaborator Davis, George Benson. Bersamaan dengan pengumuman lelang, Christie’s juga merilis video, yang menampilkan pemain trompet jazz Keyon Harrold yang memainkan sejumlah bagian trompet di film biopik Miles Davis, Miles Ahead dari tahun 2016.

Trompet Miles Davis
Trompet bercorak bulan dan bintang milik legenda musik, Miles Davis.

Dalam video, Harrold menjelaskan pentingnya instrumen ikonik ini dan dampak besar yang ditinggalkan Davis pada musik jazz.

“Ini barang klasik dan peninggalan penting. Sebagai pemain trompet yang memegang alat ini, ini luar biasa,” kata Harrold dalam video. “Mengetahui sejarah Miles sebagai orang yang sangat berorientasi pada detail, saya bisa membayangkan dia sendiri yang merancang ini sepenuhnya. Dia juga seorang artis visual. Tata letak trompet ini sangat indah: bulannya, bintangnya. Hanya dengan melihat desainnya, trompet ini begitu sempurna.”

Baca Juga: Jazz Gunung Ijen Siap Kembali di Tahun 2019

Trompet ‘Moon and Stars’ Miles Davis adalah bagian dari Christie’s The Exceptional Sale, yang akan digelar di New York pada 29 Oktober. Sementara itu, dokumenter baru tentang Mile Davis, Birth Of The Cool, baru-baru ini tayang di beberapa bioskop tertentu pada bulan Agustus dan akan diputar di bioskop lainnya di AS bulan ini.

Keterangan Foto Utama: Trompet bercorak bulan dan bintang milik legenda musik Miles Davis. (Foto via Classis Album Sundays)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ardhito Pramono

    Ardhito Pramono Rilis 7 Lagu Anak-Anak Dari Semar & Pasukan Monyet

    Ardhito Pramono nampaknya menyadari bahwa penikmat musiknya juga ada dari kalangan anak-anak. Namun melihat semakin langkanya lagu untuk anak, Ardhito terg

    on May 10, 2021
    Chick Corea

    Chick Corea, Pionir Dan Ikon Jazz Fusion Dunia Meninggal Di Usia 79 Ta...

    Chick Corea. (Foto: Concord Records). Chick Corea, yang dikenal sebagai pionir dan ikon genre jazz fusion dunia, telah meninggal di usia 79 tahun. Menurut p

    on Feb 12, 2021
    Hangga Aly

    Dengan Single 'Seribu Candi', Hangga Aly Tunjukkan Cara Jadi Bucin Yan...

    Hangga Aly. (Foto: dok. Hangga Aly). Musisi asal Surabaya, Hangga Aly, merilis debut single debut yang berjudul 'Seribu Candi' pada 27 Desember 2020 lalu. S

    on Feb 1, 2021
    Red Cherry

    Band Pop Samarinda Red Cherry Tuangkan Kisah 2020 Versinya Via Lagu 'E...

    Bagaimana tahun 2020 versi lo? Tahun 2020 menjadi tahun yang paling bersejarah. Nggak bisa dipungkiri sebagian orang atau mungkin semua orang, tahun 2020 m

    on Dec 15, 2020