×
×

Search in Mata Mata Musik

Tulisan Paul McCartney (The Beatles) Untuk Lirik ‘Hey Jude’ Dijual Rp 14 Miliar

Posted on: 04/14/20 at 6:00 am

Paul McCartney.
Paul McCartney. (Foto: Grammy.com).

Menurut Music-news.com, lirik tulisan tangan asli Paul McCartney untuk lagu klasik The Beatles ‘Hey Jude’ dijual seharga US$ 910,000 atau sekitar Rp 14 miliar. Lagu legendaris itu – yang dirilis pada bulan Agustus 1968 – terjual sembilan kali lipat lebih besar dari perkiraan nilai aslinya dalam sebuah lelang online menurut rumah lelang Julien’s Auctions.

Baca juga: Paul McCartney Punya Kesan Baru tentang Film Lama The Beatles

Spesialis musik di Julien’s Auctions, Jason Watkins, mengatakan bahwa: “Lirik tulisan tangan ini digunakan di studio sebagai panduan ketika The Beatles merekam lagu itu”.

Lelang untuk lirik tulisan tangan itu – yang diadakan untuk menandai ulang tahun ke-50 dari perpisahan The Beatles – awalnya akan berlangsung secara online dan di Hard Rock Cafe di Times Square New York, Amerika Serikat (AS). Namun, lelang itu menjadi acara online karena pandemi Covid-19 atau virus Corona.

Lagu ‘Hey Jude’ menduduki puncak berbagai chart alias tangga lagu di Inggris selama dua minggu dan selama 9 minggu di AS, di mana lagu itu menjadi lagu/single The Beatles yang paling lama menjadi nomor 1 di chart AS.

The Beatles tidak merekam film promosi mereka sampai lagu ‘Hey Jude’ telah dijual di AS selama seminggu. Legenda Rock and Roll itu kemudian kembali ke Twickenham Film Studio, menggarap sang sutradara Michael Lindsay-Hogg yang pernah bekerja bersama mereka untuk video ‘Paperback Writer’ dan ‘Rain’. Sebelumnya, Michael Lindsay-Hogg telah menyutradarai berbagai episode acara Ready Steady Go! dan beberapa bulan setelah perilisan film untuk ‘Hey Jude’ dia membuat acara TV spesial The Rolling Stones Rock and Roll Circus yang menampilkan John Lennon dan Yoko Ono dan ditayangkan pada tahun 1996.

Untuk membantu pembuatan film ‘Hey Jude’, sekitar 300 orang lokal, serta beberapa penggemar yang berkumpul secara teratur di luar Abbey Road Studios, dibawa masuk untuk penampilan final dari lagu tersebut. Kehadiran mereka memiliki efek positif yang tidak diduga bagi The Beatles dalam konfilik mereka yang sudah berjalan lama dengan Musicians’ Union di mana organisasi itu tertipu untuk percaya bahwa The Beatles sedang bermain live, padahal sebenarnya mereka hanya meniru sebagian besar lagu tersebut. Paul McCartney, bagaimanapun, menyanyikan lagu itu secara asli dan live.

Baca juga: Paul McCartney ‘Cari Perubahan’ dalam Video Baru untuk PETA

Video tersebut pertama kali disiarkan di acara David Frost’s Frost On Sunday, empat hari setelah proses syuting selesai. Pada saat itu transmisinya masih dalam warna hitam dan putih meskipun promo ini awalnya direkam secara berwarna. Ini pertama kali ditayangkan di AS sebulan kemudian pada 6 Oktober 1968, di acara The Smotheres Brothers Comedy Hour.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rock

    Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

    Lunchbox Records di Charlotte, North Carolina, AS, 29 Juli 2018 (Foto: Luke Taylor/MPR). Rock is dead? Rock sudah mati? Jadi ingat pernyataan Gene Simmons t

    on Jul 28, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    The Beatles

    The Beatles: 13 Urutan Peringkat Album Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Jujur saja, judul artikel ini mengandung clickbait yang sedikit misleading. Di mana letak misleading-nya? Pemakaian diksi "Terburuk". Karena dari 13 album

    on Mar 20, 2021
    Beatallica

    Beatallica, Band Unik Tribute The Beatles & Metallica Kembali Siapkan ...

    Beatallica. (Foto: via Metal Assault Records). The Beatles bisa dibilang adalah band rock terhebat sepanjang masa, dan Metallica adalah band metal terbesar

    on Jan 20, 2021