<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Tuntutan Dijatuhkan, A$AP Rocky Kemungkinan Dipenjara Selama 2 Tahun

Posted on: 07/29/19 at 8:05 am

Meski persidangan masih belum dilangsungkan, Rocky dituntut dengan penyerangan yang menyebabkan luka tubuh, dengan kemungkinan hukuman penjara 2 tahun penuh.

Baca Juga: A$AP Rocky Ditahan Karena Dugaan Terlibat Penyerangan di Swedia

A$AP Rocky baru saja didakwa dengan tuntutan kejahatan setelah ditahan selama beberapa minggu di penjara Swedia. Rocky dituntut dengan pasal Penyerangan yang Menyebabkan Luka Tubuh, yang berasal dari perkelahian di jalanan ibu kota Swedia. Dan jika divonis bersalah, dia akan menghabiskan dua tahun di balik jeruji.

Jaksa penuntut mengatakan, Rocky akan terus mendekam di penjara sambil menunggu persidangan, dan tanggal persidangannya belum ditetapkan. Perwakilan jaksa penuntut mengatakan pada TMZ, persidangan akan diadakan dalam dua minggu ke depan dan kemungkinan akan berlangsung selama tiga hari.

Dua anggota kru Rocky juga didakwa atas kejahatan yang sama, dan mereka pun akan ditahan sambil menunggu pengadilan.

Jaksa Swedia mengaku dirinya memiliki akses ke lebih banyak informasi daripada orang-orang di internet. Dia mengatakan telah meninjau video dan juga berbicara langsung dengan para saksi, dan menentukan bahwa klaim pembelaan diri dan provokasi yang dinyatakan Rocky dan dua orang krunya terbukti tidak valid, meskipun terduga korban adalah pihak yang awalnya terus-terusan mengganggu dan menyerang Rocky dan dua krunya.

Jaksa mengatakan dia juga mempertimbangkan pernyataan terduga korban, yang menurutnya didukung oleh pernyataan saksi. Terduga korban dikabarkan mengaku menyerang pengawal Rocky dengan satu set headphone, tetapi hanya setelah pengawal itu mengangkatnya dari tanah di bagian leher, sehingga jaksa menganggap serangan headphone tersebut sebagai pembelaan diri. Yang menarik, tindakan pengangkatan di bagian leher tidak ada di video, dan kalau jaksa benar-benar merasa pengawal itu adalah pihak penyerang, pengawal itu seharusnya juga telah dijatuhi tuntutan. Tapi malah, pengawal itu telah dibebaskan.

Proses tuntutan ini telah berlangsung selama tiga minggu. Sejak menyerahkan diri ke pihak berwenang Swedia awal bulan ini, Rocky telah ditahan bersama dua orang rekannya. Jaksa secara tidak sengaja membuat keputusan minggu lalu, dengan mengumumkan bahwa mereka akan menjatuhkan tuntutan kepada rapper asal Harlem itu. Dan pada Kamis kemarin (25/7) mereka akhirnya mengetuk palu.

Satu-satunya kabar baik bagi Rocky adalah, dia dan krunya tidak akan didakwa dengan Penyerangan Serius, pasal yang lebih berat dengan hukuman penjara enam tahun.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, pria yang menyerang kru Rocky di jalanan kota Stockholm TIDAK akan dituntut atas kejahatan apa pun, meskipun dia memicu kekerasan dan terus mengganggu Rocky sampai dia akhirnya menyerang balik.

Dalam video awal, Rocky terdengar mencoba untuk meredakan situasi dan dengan baik-baik meminta orang tersebut untuk berhenti mengganggunya, serta mengatakan tidak ada yang mau masuk penjara.

Baca Juga: SZA, The Weeknd & Travis Scott Luncurkan “Power is Power”

Dalam video dari perkelahian di jalanan, Rocky akhirnya hilang kesabaran, mendorong penyerangnya ke tanah dan menghabisi pria tersebut.

Sistem peradilan Swedia pun tidak tunduk pada tekanan dari pemerintah AS. Perdana Menteri Swedia secara halus mengatakan pada Presiden Trump dan Departemen Luar Negeri untuk menghentikan upaya mereka membebaskan Rocky.

Ibunda Rocky berpendapat, Swedia memang berniat memenjarakan putranya karena dia berkulit hitam, meskipun Rocky sendiri mengatakan dia tidak ingin membawa-bawa isu ras ke dalam kasusnya ini.

Menurut kabar terbaru, TMZ telah memperoleh foto-foto cedera terduga korban yang menjadi dasar tuntutan terhadap A$AP Rocky. Dalam foto tersebut, terduga korban terlihat mengalami pendarahan di bagian lengan, jari, lengan belakang dan bisep. Ada juga luka di bagian tubuh lain dan beberapa luka sayat.

Jaksa penuntut mengatakan, dia tidak akan merekomendasikan hukuman dua tahun penuh jika Rocky dinyatakan bersalah. Dia tidak memberi tahu lebih lanjut soal rekomendasinya, dan mengatakan itu tergantung pada situasi di persidangan.

Sementara itu, dia menyarankan persidangan dimulai Selasa depan, dan dilanjutkan pada hari Kamis dan Jumat. Persidangan kasus ini akan diadili oleh panel yang terdiri dari empat orang hakim, dan setidaknya tiga dari mereka harus menentukan keputusan akhirnya. Jika hasilnya seri, jaksa penuntut dapat meminta persidangan diulang. Jika Rocky divonis bersalah, hakim akan memutuskan hukumannya seminggu kemudian.

Keterangan Foto Utama: A$AP Rocky kemungkinan akan menjalani hukuman penjara dua tahun penuh di Swedia. (Foto: TMZ)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

J. Cole

Album Baru J. Cole Mungkin Rilis Awal 2020, Intip Detailnya Sejauh Ini

J. Cole tidak membodohi siapa pun. Bahkan, buktinya sudah cukup lama ada di depan mata kita. Saat pria bernama asli Jermaine Cole ini merilis KOD di 2018, da

on Nov 13, 2019
A Boogie Wit Da Hoodie

A Boogie Wit Da Hoodie Ingin Vakum Usai Rilis Artist 2.0

A Boogie Wit Da Hoodie masuk dalam deretan bintang muda yang menyatakan ingin mundur sejenak dari panggung hiburan. Hari Sabtu kemarin, dia mengumumkan le

on Nov 12, 2019
Drake

Drake Dibanjiri Cemoohan Saat Manggung di Camp Flog Gnaw

Tyler, the Creator merekrut Drake untuk hadir sebagai penampil utama kejutan dalam festival Camp Flog Gnaw Carnival di Los Angeles pada akhir pekan kemarin. Ta

on Nov 12, 2019
Eminem

Lagu Eminem yang Memihak Chris Brown dalam Kasus Rihanna Bocor

Lagu berjudul “Things Get Worse” konon direkam untuk album Eminem di 2009, Marshall Mathers Baca juga: Rekaman Master Eminem ‘Selamat’ dari Kebakara

on Nov 12, 2019