×
×

Search in Mata Mata Musik

Tur ‘Joshua Tree’ Milik U2 Secara Total Meraup Keuntungan Sebesar Rp. 5,3 Trilyun

Posted on: 01/20/20 at 2:21 pm

US LIVE NATION
U2, ki-ka: Larry Mullen, Bono, Adam Clayton, The Edge (Foto: Live Nation)

Tur Joshua Tree yang dijalankan U2 di Australia dan Selandia Baru tahun lalu adalah jenis konser legendaris yang membuat para kaum senior dengan senang hati menceritakan pengalamannya kepada cucu mereka. Itu juga merupakan kesuksesan box office yang fantastis. Para rocker legendaris asal Irlandia itu memainkan 15 konser dalam Tur Joshua Tree mereka sepanjang Australia dan Asia pada bulan November dan Desember dan telah meraup keuntungan sebesar 73,8 juta Dollar AS (Rp. 1 trilyun) dan berhasil menjual 567.000 tiket, menurut Billboard Boxscore.

Diproduksi oleh Live Nation, kedelapan jadwal konser stadium di Australia dan Selandia Baru menghasilkan 35,7 juta Dollar AS (Rp. 487 milyar), atau sekitar 4,63 juta Dollar AS (Rp. 63 milyar) per malam dengan harga tiket rata-rata seharga 105 Dollar AS (Rp. 1,4 juta). Petualangan 7 konser mereka sepanjang Asia, yang termasuk konser mereka pertama kalinya di India dan Singapura, telah menghasilkan lebih banyak uang – sekitar 38 juta Dollar AS atau Rp. 530 milyar – berkat harga tiket rata-ratanya yang lebih tinggi (166 Dollar AS atau Rp. 2,3 juta), yang harganya adalah hampir 60% lebih dari biaya tiket konser di Australia. Asia bisa dibilang merupakan lokasi paling mahal bagi para penggemar untuk menyaksikan konser live U2 menampilkan ‘Where the Streets Have No Name’ dan semua hit lainnya dari album seminal rilisan tahun 1987 mereka, Joshua Tree.

Jika digabungkan, semua Tur Joshua Tree dari tahun 2017 hingga 2019 telah menghasilkan 390,8 juta Dollar AS (Rp. 5,3 trilyun) dan menjual 3,3 juta tiket di lebih dari 65 konser di seluruh dunia. Hasil keuntungan tersebut merupakan kenaikan 4 kali lipat dari keuntungan Tur Joshua Tree  yang asli dan pertama pada tahun 1987, di mana telah dilaporkan bahwa 76 konser sepanjang Amerika Utara telah meraup 33 juta Dollar AS (Rp. 450 milyar) dan menjual 1,9 juta tiket.

Secara keseluruhan, angka penghasilan dari tur U2 sepanjang masa berada di ketinggian stratosfer dan mungkin luar angkasa. Mereka menghasilkan hingga 2,2 miliar Dollar AS (Rp. 30 trilyun) dari 28,3 juta tiket yang sudah terjual dari 825 konser yang tercatat.

Panggung raksasa U2 ‘Joshua Tree Tour 2017’ (Foto: Francois Mulder)

Saat berbicara kepada TIO menjelang pembukaan tur Australia mereka di Suncorp Stadium November lalu, Ketua dari Live Nation Global Music dan CEO Global Touring, Arthur Fogel, memberikan pandangan sekilas ke dalam metode cara ia melakukan tur dengan sang vokalis U2, Bono, sang gitaris, Edge dan anggota band lainnya.

“Wilayah dunia ini adalah yang paling menantang secara logistik dalam hal memindahkan sebuah konser. Ini rumit dan mahal tetapi penting… band ini belum pernah ke sini selama sembilan tahun, selama 14 tahun mereka ke Jepang dan mereka belum pernah ke Asia Tenggara dalam karir 40 tahun lebih mereka,” jelasnya.

“Itu penting bagi para artis untuk dengan baik menyentuh semua wilayah di dunia. Sangat mudah bagi orang untuk pergi dan melupakan Anda jika Anda tidak menunjukkan cinta kepada mereka. Itulah salah satu alasan mengapa itu penting untuk datang ke sini (Asia Tenggara) saat ini. Tapi itu menantang, tidak perlu ditanya lagi”.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Bono & The Edge (U2)

Tonton ‘Stairway to Heaven’ Led Zeppelin Versi Akustik Bono dan Th...

Duo U2, Bono dan The Edge. (Foto: YouTube). Konser musik live tidak akan kembali dalam waktu dekat, setidaknya tidak dengan cara yang tradisional seperti du

on Jul 29, 2020
U2

Album ‘Zooropa’, 27 Tahun Silam Hampir Menghancurkan Karier U2

U2 di era album Zooropa. (Foto: Getty Images). Sebagian dari kita mungkin masih ingat, dan terutama penggemar berat U2 pasti ingat ketika sang vokalis karis

on Jul 21, 2020
Bono

Bono (U2) Sebut ‘Black Skinhead’ Kanye West Sebagai Lagu Penyelama...

Bono dan Kanye West. (Foto: CoS). Untuk ulang tahunnya yang ke-60, pentolan band rock U2, Bono membuat daftar "60 Lagu yang Menyelamatkan Hidupku". Sebagai

on May 19, 2020
Bono U2

Bono (U2) Nyanyikan Lagu Baru Untuk Dukung Pasien Virus Corona di Ital...

Bono, pentolan U2 saat tampil selama tur Experience and Innocence di SSE Arena Belfast pada 27 Oktober 2018 di Belfast, Irlandia Utara. (Foto: Charles McQuilla

on Mar 19, 2020