×
×

Search in Mata Mata Musik

Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020 Untuk Sang Juara

Posted on: 09/8/20 at 9:00 am

Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020 Untuk Sang Juara

Oi oi! Kami kembali hadirkan permainan seru untuk menentukan satu lagu pemenang alias Sang Juara, kali ini dari 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020 sejauh ini berdasarkan pilihan kami. Seperti biasa kami menggelar permainannya secara turnamen.

Dan 24 lagu ini terdiri dari beragam subgenre punk rock, dari street punk, melodic punk, hardcore punk, dan pop punk. Dan memang, pop punk mendominasi turnamen ini, karena faktor kebetulan, selama tahun 2020 sejauh ini, band-band pop punk yang lebih banyak merilis lagu baru di platform musik digital.

Mungkin ada sebagian dari lo menemukan ada lagu yang hampir nggak nge-punk dan lebih condong atau tepat disebut emo. Sebenarnya emo lahir dari scene punk, namun sejak diadopsi oleh musisi-musisi indie pop/rock dan sukses secara mainstream, emo lantas masuk ke dalam kubangan sejarah. Sama seperti pop punk yang beda-beda tipis dengan emo. Versi punk yang nge-pop alias lebih populer, yaitu lebih easy listening dan cenderung mainstream. Tapi bukan berarti nggak ada spirit punk dalam diri band dan lagu mereka. Mungkin kutipan-kutipan dari para legenda punk rocker di bawah ini bisa menjadi acuan:

“Gue nggak suka bilang, ‘Lo punk dan lo bukan’. Ada sebuah album di luar sana yang berjudul Ca Plane pour Moi oleh Plastic Bertrand. Dan gue jamin jika gue harus memainkannya untuk lo sekarang, lo akan bilang, ‘Benar! Itu cadas! ‘Sekarang, jika lo bilang ke “punk purist” manapun, ‘Ini adalah album punk yang bagus’, mereka akan sangat marah. Tapi Plastic Bertrand, siapa pun doi, memiliki lagu tiga menit yang dikompres menjadi sebuah rekaman bagus yang akan membuat orang koma tersentak, lo tahu apa yang gue maksud? Menurut aturan purist, bahkan nggak boleh menyebut Plastic Bertrand. Namun, rekaman ini mungkin jauh lebih baik daripada kebanyakan yang disebut album punk” -Joe Strummer (The Clash)

“Punk menjadi sirkus, bukan? Semua orang salah. Pesannya seharusnya: Jangan ikuti kami, lakukan apa yang lo mau (do what you want)!” -Johnny Rotten (Sex Pistols)

“Punk rock adalah kata yang digunakan oleh penggemar berat dan manipulator nggak berperasaan tentang musik yang menghabiskan energi, tubuh, hati, jiwa, waktu, dan pikiran para pemuda yang memberikan apa yang mereka miliki… Gue nggak tahu Johnny Rotten, tapi gue yakin doi mencurahkan darah dan keringat sebanyak yang doi lakukan seperti yang dilakukan Sigmund Freud. Apa yang lo dengar (mungkin) seperti muatan besar kebisingan lawas yang nggak berguna, namun sebenarnya adalah musik brilian dari seorang jenius, yaitu gue sendiri. Dan musik itu sangat kuat sehingga berada di luar kendali gue, dan ketika gue berada dalam genggaman musik tersebut, gue nggak merasakan kesenangan dan gue nggak merasakan sakit, baik secara fisik maupun emosional” -Iggy Pop

“Bagi gue, punk rock adalah kebebasan untuk menciptakan, kebebasan untuk sukses, kebebasan untuk nggak sukses, kebebasan untuk menjadi siapapun. Itulah kebebasan” -Patti Smith

“Punk adalah: ekspresi pribadi keunikan yang berasal dari pengalaman tumbuh dalam hubungannya dengan kemampuan manusia untuk bernalar dan mengajukan pertanyaan; suatu gerakan yang berfungsi untuk menyangkal sikap sosial yang telah diabadikan melalui ketidaktahuan yang disengaja tentang sifat manusia; suatu proses mempertanyakan dan komitmen untuk memahami yang menghasilkan kemajuan diri, dan melalui pengulangan, berkembang menjadi evolusi sosial; keyakinan bahwa dunia ini adalah apa yang kita buat darinya, kebenaran datang dari pemahaman kita tentang apa adanya, bukan dari kepatuhan buta terhadap resep tentang cara segala sesuatu seharusnya; perjuangan terus-menerus melawan ketakutan terhadap dampak sosial” -Greg Graffin (Bad Religion)

“Punk adalah kebebasan musik. Punk itu tentang mengatakan, melakukan dan memainkan apa yang lo inginkan. Dalam istilah Webster, ‘Nirvana’ berarti kebebasan dari rasa sakit, penderitaan, dan dunia luar, dan itu sangat mirip dengan definisi gue tentang Punk Rock” -Kurt Cobain (Nirvana)

“Gue nggak perlu mengiklankan kekonyolan atau “ke-punk-an” gue. Punk sejati nggak perlu pamer… Ini seperti ahli Karate… seorang Karateka mengalir darahnya di dalam diri. Punk sejati adalah punk di dalam diri” -Mark Hoppus (Blink-182)

Inilah 24 lagu Punk Rock Indonesia terbaik 2020 yang telah kami kurasi:

1. Stupidity ‘Djakarta For The Punk’

2. The Sabotage ‘Down & Dirty’

3. Speak Up ‘One’

4. Scared Of Bums ‘Delay’

5. Rocket Rockers ‘April’

6. Endank Soekamti ‘Muncul Lagi’

7. Pyong Pyong ‘Aku dan Dunia’

8. Karnamereka ‘Satu Kata Untuk Mantan’

9. Fastcrash ‘Bimbang’

10. Midtown Carousel ‘Brown Hair Sweet Cheeks Bookworm Girl’

11. SRTN ‘Introvert’

12. 98 Chaos ‘Simfoni Sadar Diri’

13. Sorry For Yesterday ‘Pandemic Irony’

14. Secret A New Story ‘Melangkah’

15. NSFL ‘fall into your melody’

16. Uncle Bendoth ‘First Class Liar’

17. Hong! ‘Harak’

18. Saturday Night Karaoke ‘Pandemic Generation’

19. Toast ‘2 Siang’

20. Glory of Love ‘Inklusif’

21. Stand Here Alone ‘Judul Beneran’

22. The Rang-Rangs ‘Aktris Mp4’

23. Better Think Of Somethings ‘Kita Mulai’

24. Dumdumdugan ‘Angkuh’

Pola Permainan Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020:

Ibarat kaset pita, turnamen ini kami bagi menjadi 2 grup, yakni Side A dan Side B yang masing-masing memiliki 12 lagu yang saling beradu (battle), Lagu Versus Lagu sehingga terdapat 6 battle.

Dan turnamen ini berjalan selama 3 minggu yang merupakan babak turnamen. Minggu (siklus 7 hari).

  • Babak 1, tanggal 8-14 September, terdapat 12 battle dari Side A dan Side B untuk mencari 6 pemenang dari tiap Side A dan Side B dalam babak ini. Mulai hari ini, kami akan tampilkan 6 battle dari Side A dan Side B untuk lo vote siapa pemenangnya.
  • Babak 2, tanggal 15-21 September, terdapat 6 battle dari Side A dan Side B untuk mencari 3 pemenang dari tiap Side A dan Side B dalam babak ini. Mulai 22 September, kami akan tampilkan 3 battle dari Side A dan Side B untuk lo vote siapa pemenangnya.
  • Babak 3, tanggal 22-28 September, terdapat 3 battle dari Side A versus Side B untuk lo vote menentukan siapa yang keluar menjadi 3 finalis.
  • Babak Final, tanggal 29 September, kami akan umumkan 3 finalis yang akan battle. Tanggal 1 Oktober akan kami umumkan Sang Juara Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020 beserta Juara Dua dan Tiganya.

Diagram Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020:

Diagram Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020:

Inilah daftar 12 battle dari total Side A dan Side B babak pertama sesuai diagram turnamen di atas.

Side A

Stupidity ‘Djakarta For The Punk’
Vs
Speak Up ‘One’

Rocket Rockers ‘April’
Vs
Pyong Pyong ‘Aku dan Dunia’

Fastcrash ‘Bimbang’
Vs
SRTN ‘Introvert’

Sorry For Yesterday ‘Pandemic Irony’
Vs
NSFL ‘fall into your melody’

Hong! ‘Harak’
Vs
Toast ‘2 Siang’

Stand Here Alone ‘Judul Beneran’
Vs
Better Think Of Somethings ‘Kita Mulai’

Side B

The Sabotage ‘Down & Dirty’
Vs
Scared Of Bums ‘Delay’

Endank Soekamti ‘Muncul Lagi’
Vs
Karnamereka ‘Satu Kata Untuk Mantan’

Midtown Carousel ‘Brown Hair Sweet Cheeks Bookworm Girl’
Vs
98 Chaos ‘Simfoni Sadar Diri’

Secret A New Story ‘Melangkah’
Vs
Uncle Bendoth ‘First Class Liar’

Saturday Night Karaoke ‘Pandemic Generation’
Vs
Glory of Love ‘Inklusif’

The Rang-Rangs ‘Aktris Mp4’
Vs
Dumdumdugan ‘Angkuh’

Ok selamat vote, guys! Punk’s Not Dead!

Kurator & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Time Bomb and The Gangs

Lewat 'One Roots', Time Bomb and The Gangs Ajak Bersatu Semua Perbedaa...

Time Bomb and The Gangs. Dari zaman ke zaman perkembangan musik rock cukup signifikan penyebaran dan pengaruhnya di dunia. Nggak sedikit musik ini melahirka

on Sep 29, 2020
Turnamen Lagu Punk

Turnamen Babak Final - NSFL Vs The Rang-Rangs Vs Uncle Bendoth. Vote S...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Sep 29, 2020
Turnamen Lagu Punk

Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020 Babak Final – Vote...

Oi oi! Selamat datang di Babak Final dari Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020, permainan seru untuk menent

on Sep 29, 2020
Halsey & MGK

Halsey Nyanyi Bergaya Pop-Punk Di Lagu Machine Gun Kelly Dari Album Ba...

Halsey dan Machine Gun Kelly. (Foto: via Instagram/Halsey). Album kelima sekaligus pertama yang bergenre pop-punk dari Machine Gun Kelly, Tickets To My Down

on Sep 27, 2020