×
×

Search in Mata Mata Musik

Twenty One Pilots Miliki Album Rock Terlaris Dekade Ini

Posted on: 11/19/19 at 3:47 pm

Band mana yang menulis album rock terbesar dekade ini? Berdasarkan penjualan album, Twenty One Pilots berkuasa dengan album Blurryface.

Popularitas Twenty One Pilots seketika meroket berkat album mereka dari tahun 2015 ini, yang secara tidak langsung mendorong genre rock. Blurryface berhasil terjual lebih dari 6,5 juta salinan di seluruh dunia dan lebih dari 1,7 juta penjualan di AS saja, menurut laporan Billboard. 

Album ini juga duduk di puncak chart album Billboard selama sembilan minggu dan bertahan di chart secara umum selama total 234 minggu. Akhirnya, album ini meraih empat kali sertifikat Platinum.

Blurryface menampilkan beberapa genre seperti hip-hop, pop, reggae dan indie rock, namun entah bagaimana masuk dalam kategori alt-rock. Kombinasi genre itu memungkinkannya menembus stasiun radio pop maupun rock dengan “Ride” dan “Stressed Out,” dua single terbesar band ini.

Baca juga: St. Vincent Kantongi Best Rock Song di Grammy

“Stressed Out” kemudian memenangkan penghargaan Grammy di 2017 untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance—sebuah indikasi album ini mungkin sama sekali bukan album rock. Saat menerima piala pun, band ini tampak separuh hati menyambut kemenangan itu dan menyampaikan pidato yang terasa terpaksa dan ketinggalan zaman.

Twenty One Pilots merilis album lanjutan mereka, Trench, tahun lalu. Mereka kini baru saja selesai menggelar tur untuk promosi album itu. Meski begitu, mereka masih punya segudang jadwal tampil di festival, termasuk penampilan di KROQ Almost Acoustic Christmas pada bulan Desember dan Mad Cool Festival Spanyol tahun depan.

Setelah Blurryface, album rock terlaris dalam satu dekade terakhir adalah sebagai berikut: Sigh No More (Mumford and Sons), Night Visions (Imagine Dragons), Guardians of the Galaxy: Awesome Mix Vol. 1, dan Evolve (Imagine Dragons).

Tapi tentunya perlu diingat, penjualan album tidak selalu setara tentang kualitas album itu sendiri. 

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Steve Harwell

    Steve Harwell Undur Diri Dari Smash Mouth Karena Masalah Kesehatan

    Foto: Michael Tullberg/Getty Images. Steve Harwell, vokalis Smash Mouth telah mengumumkan pengunduran dirinya dari band rock ini. Mengingat masalah kesehata

    on Oct 12, 2021
    Ghost

    Ghost Rilis Lagu 'Hunter's Moon' Sebagai Soundtrack Film "Hallowen Kil...

    Papa Emeritus IV Ghost, band heavy metal asal Swedia yang pernah meraih penghargaan Grammy Awards 2016 untuk nominasi Best Metal Performance setelah dua tah

    on Oct 1, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021