×
×

Search in Mata Mata Musik

Twice dan Semua yang Harus Kamu Tahu

Posted on: 12/6/19 at 8:57 am

Seiring momentum peluncuran iPhone 11 awal bulan ini, ada satu tagar yang mendadak trending di Twitter, yakni #MOMO. Usut punya usut, Momo adalah salah satu awak girl band Korea Selatan yang tengah naik daun, Twice.

Baca juga: TWICE Siap Tempur di Trailer Mobile Game DX!

Twice sendiri belum lama merilis trailer untuk mini album anyar mereka Feel Special, pada 23 September 2019. Warganet sendiri heboh lantaran Momo dalam video 20 detik ini tampil dengan gaya rambut unik.

Twice relatif produktif melahirkan karya. Tak kurang sepuluh album dan EP telah dimunculkan sejak debut mereka pada 2015. Grup ini secara konsisten merilis musik baru, dalam bahasa Korea dan Jepang, setidaknya tiga kali setahun.

Di YouTube, BTS, Blackpink, dan Psy adalah satu-satunya artis K-pop yang memiliki video musik dengan lebih banyak penayangan daripada Twice.

Selain merilis banyak album, mereka juga secara teratur menduduki puncak tangga lagu dan memenangkan penghargaan musik di Korea Selatan. Grup yang beranggotakan sembilan orang ini pun telah sukses juga di Jepang.

Awal tahun ini, Twice menjadi girl band K-pop pertama yang mengadakan tur di Jepang, menarik sekitar 210.000 penonton di lima konser. Jepang sendiri memiliki kapasitas masing-masing sekitar 50.000 penonton. Mereka menawarkan bukti yang tidak dapat disangkal tentang betapa cintanya orang Jepang pada Twice.

Jumlah kenaikan fans yang signifikan ini menjadi pencapaian buat Twice. Di level global, Twice memulai tur AS pertama mereka pada Juli. Label grup, JYP Entertainment, juga baru-baru ini mengumumkan kolaborasi dengan YouTube yang akan menayangkan dokumenter Twice, dengan tujuan mendekatkan kelompok ini dengan fans internasionalnya.

Tak hanya sibuk bermusik, baru-baru ini, bahkan Twice telah diakui oleh komunitas K-Pop untuk memajukan pembicaraan tentang kesehatan mental — suatu subjek yang masih dianggap tabu di sebagian besar Asia, di mana depresi sering dianggap sebagai tanda kelemahan, dan layanan kesehatan mental di negara-negara seperti Korea Selatan dan China terhitung minim.

Awal musim panas ini, JYP Entertainment mengumumkan bahwa salah satu anggota, Mina tidak akan berpartisipasi dalam tur dunia grup karena “kegelisahan ekstrem yang tiba-tiba dan rasa tidak aman untuk tampil di atas panggung.”

Dalam sebuah industri hiburan, pejelasan gamblang soal kondisi musisinya lantaran kesehatan mental dianggap sebagai sebuah keberanian.

Bagaimana Twice terbentuk?

Twice berasal dari acara kompetisi. Adalah Series 2015, Sixteen yang melibatkan banyak “trainee” JYP Entertainment — istilah yang digunakan untuk calon idola yang mempersiapkan debut potensial. Setelah serangkaian tantangan menguji kemampuan menyanyi, rap, dan menari, tujuh orang tersingkir, dengan sembilan sisanya membentuk ansambel baru.

Mengapa mereka disebut Twice?

Ketika pendiri JYP Entertainment, Park Jinyoung, mengumumkan grup cewek baru dalam label itu, ia menjelaskan nama Twice merujuk pada tindakan yang membuat dampak “sekali menembus telinga dan sekali melalui mata.” Ini dibuktikan dengan paduan suara yang renyah dan cara berpakaian yang cenderung didominasi warna cerah ceria.

Twice juga memiliki nama khusus untuk para penggemarnya — hal yang dilakukan oleh semua grup K-Pop (penggemar BTS disebut “ARMY,” Blackpink adalah “Blinks”). Penggemar Twice disebut “Once.” Para anggota menjelaskan artinya di media sosial pada tahun 2015, “Jika Anda mencintai kami sekali saja, kami akan membalas cintamu dengan Twice cinta kami.”

Apa yang membuat Twice berbeda dari kelompok lain?

Twice membedakan dirinya dari grup K-Pop lainnya dengan nada ceria dan gaya warna-warni — dalam mode, rambut, dan tata rias anggota, dan konsep grup di mana setiap anggota diwakili oleh warna yang unik. Paduan suara dan gerakan tarian yang berani adalah gaya berbeda dari trek judul di album Twice. Judul lagu dari grup yang hampir selalu viral, sebagian karena mereka mengambil inspirasi dari tren online terbaru.

Video untuk single “TT” 2016, misalnya, meniru emoticon menangis melalui koreografi khas jari-jari berbentuk “TT” yang mengalir di wajah seperti air mata. Sementara itu, single “Likey” 2017 menyinggung budaya Instagram berpose untuk foto yang sempurna untuk menarik hati.

Meskipun Twice telah memantapkan dirinya sebagai grup K-Pop papan atas dengan merangkul citra muda, peluncuran karya terbaru sengaja mengambil tone yang lebih gelap, lebih edgier.

Baca juga: NCT Dream, EXO-SC, TWICE & Chungha Raih Sertifikat Platinum Gaon Chart

Dalam video musik terbaru mereka “Fancy” dan “Breakthrough,” para anggota menukar seragam pemandu sorak yang cerah untuk pakaian hitam femme fatale-esque dan menampilkan koreografi yang lebih sensual. Apakah grup akan benar-benar berubah dari imej imut menjadi lebih ganas, tampilan yang lebih dewasa adalah topik yang banyak dibahas di kalangan penggemar.

Siapa anggota Twice?

Jihyo (Nama Lengkap: Park Jihyo), 22

Pemimpin grup, Jihyo menjadi idola K-pop di sekolah dasar dan dilatih selama sepuluh tahun sebelum memulai debut di Twice. Dia adalah vokalis utama grup, dengan garis-garis kunci dalam paduan suara Twice. Selain suara yang kuat yang jarang goyah dalam pertunjukan live, Jihyo dikenal karena keterampilan menari yang fleksibel dan kharismanya.

Nayeon (Nama Lengkap: Im Nayeon), 23

Nayeon adalah anggota tertua Twice, dan sering memiliki posisi “tengah” —yang, secara harfiah, berarti anggota di pusat pertunjukan. Salah satu vokalis terkuat di grup, Nayeon sering memulai lagu-lagu Twice dan memberikan ukuran chorus.

Jeongyeon (Nama Lengkap: Yoo Jeongyeon), 22

Jeongyeon berlatih selama lima tahun sebelum meluncurkan karir idolanya sebagai vokalis di Twice. Dia disebut sebagai perwujudan kelompok dari “flirting girl.” Di acara Sixteen, Jeongyeon mengakui ini sebagai titik balik dan terobosan karier — karena dia awalnya membayangkan karier dalam pemodelan.

Momo (Nama Lengkap: Hirai Momo), 22

Berasal dari Jepang, Momo tidak hanya dipandang sebagai penari terbaik di Twice tetapi juga salah satu penari terbaik di semua grup K-Pop perempuan. Dia tersingkir dari jajaran Twice di acara kompetisi Sixteen. Namun, kepala JYP Entertainment Park Jinyoung menambahkan Momo kembali ke grup sebelum acara berakhir, karena kemampuan penampilannya yang tak tertandingi. Rekaman individu tarian Momo dalam “Fancy” yang dirilis awal tahun ini telah menghasilkan hampir 10 juta penonton.

Sana (Nama Lengkap: Minatozaki Sana), 22

Sana, anggota lain dari Jepang, adalah vokalis dengan kepribadian yang sangat cerdas. Dalam tantangan pertama Sixteen, di mana para kontestan diminta untuk menunjukkan “kualitas bintang” mereka, Sana memilih untuk tidak menunjukkan keterampilan menyanyi, rap, atau menari. Sebagai gantinya, ia menyampaikan segmen memasak langsung dengan harapan dapat memikat penonton dengan daya tariknya yang unik — yang ia tunjukkan secara teratur dalam pertunjukan dan variety show empat tahun kemudian.

Mina (Nama Lengkap: Myoui Mina), 22

Satu-satunya anggota Twice lahir di AS, Mina pindah ke Jepang ssaat masih kanak-kanak. Selain menjadi penyanyi, dia adalah salah satu penari utama grup. Dia berlatih balet selama lebih dari satu dekade, yang dapat menjelaskan sikap anggun dan tenangnya, terbukti saat tampil dalam video musik atau berbicara dalam sebuah wawancara.

Dahyun (Nama Lengkap: Kim Dahyun), 21

Bahkan sebelum menjadi anggota Twice, Dahyun menjadi terkenal secara daring ketika sebuah video tentang dia yang melakukan “tarian elang” —tangan yang mengepakkan sayap yang meniru sayap burung — menjadi viral. Tarian ini menjadi inspirasi di balik animasi serupa di video game Fortnite. Salah satu pembuat mood utama grup, Dahyun adalah seorang rapper ekspresif dengan garis-garis punchy.

Chaeyoung (Nama Lengkap: Son Chaeyoung), 20

Sejak debut Twice, Chaeyoung telah mengambil peran sebagai rapper utama grup, menambahkan energi yang ganas dan menyenangkan untuk syairnya. Dia juga seorang seniman yang rajin menggambar sampul untuk salah satu album edisi terbatas Twice, serta menggambar sketsa teman-temannya.

Tzuyu (Nama Lengkap: Chou Tzuyu), 20

Lahir di Taiwan, Tzuyu adalah “maknae” Twice — istilah yang digunakan untuk anggota termuda di grup K-Pop — dan baru berusia 16 tahun saat bergabung dengan grup. Seperti Momo, Tzuyu pada awalnya bukan bagian dari lineup akhir untuk Twice di Sixteen tetapi ditambahkan dalam episode terakhir acara berdasarkan umpan balik pemirsa melalui jajak pendapat online. Sementara, ia pertama kali menonjol karena penampilannya yang mencolok — mata besar dan wajah kecil yang amat disukai menurut standar kecantikan Korea — Tzuyu telah tumbuh menjadi pemain yang tenang. Penyanyi ini terkenal karena peningkatan kemampuan vokalnya, tercermin dalam peningkatan jumlah baris dalam lagu-lagu Twice.

Bagaimana bisa Twice bisa populer?

JYP Entertainment telah lama menjadi pemain utama dalam industri musik Korea Selatan dan sebagian bertanggung jawab untuk memperkenalkan K-Pop kepada audiens global. Pada 2009, girl band Wonder Girls menjadi artis Korea pertama yang muncul di Billboard Hot 100.

Saat JYP mengumumkan pembentukan Twice yang akan datang pada 2015, video musik debut mereka, “Like OOH-AHH,” langsung diserbu oleh 100 juta penonton di YouTube. Sejak itu, sembilan dari video musik grup telah memperoleh setidaknya 200 juta penonton.

Di luar penampilan mereka, Twice menjadi berita utama pada 2016 ketika anggota Taiwan Tzuyu memicu kontroversi usai mengibarkan bendera Taiwan di sebuah acara televisi Korea. Pengguna internet China marah dan melarang Twice tampil di China. Idola berusia 16 tahun itu meminta maaf dalam sebuah video yang beredar luas. Ia mengatakan “hanya ada satu China,” yang selanjutnya memicu kemarahan di antara mereka yang menghargai otonomi Taiwan.

Baca juga: TWICE Siap Comeback Akhir September Nanti!

Insiden itu terjadi saat pemilihan presiden Taiwan 2016, dan para sarjana mengatakan itu mungkin telah menambah satu hingga dua poin persentase dalam kemenangan pemimpin saat ini Tsai Ing-wen dari Partai Progresif Demokratik yang berpihak pada kemerdekaan. Serangan balik terhadap Tzuyu adalah salah satu dari beberapa contoh di mana selebriti menghadapi tekanan untuk mendukung dukungan publik bagi pemerintah China atau menghadapi konsekuensi potensial terhadap karier mereka.

Rekomendasi lagu

Untuk mendapatkan pemahaman tentang lagu Twice yang terkenal, tonton video musik yang viral pada 2016 “Cheer Up” dan “TT.” Yang pertama menunjukkan koreografi pemandu sorak dalam rangkaian bertema sekolah. Sementara, yang kedua menampilkan adegan Halloween yang terinspirasi dari para seniman berpakaian aneka karakter dari Pinocchio sampai Tinker Bell. “TT” juga menjadi video YouTube yang paling banyak ditonton hingga saat ini, dengan hampir 500 juta penayangan.

Jika lagu pop bubblegum bukan selera Anda, coba dengan judul lagu yang dirilis pada 2019, “Fancy.” Ketukan elektronik yang dipasangkan dengan melodi lembut, berpadu dengan suara matang para penyanyinya, membuat Twice memang layak diacungi jempol.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK

BLACKPINK Ungkap Alasan Kenapa Mereka Beri Judul Album Debutnya “The...

Empat tahun setelah mereka pertama kali debut, BLACKPINK akhirnya merilis album full-length pertama mereka yang berjudul The Album. Terdiri dari delapan la

on Oct 28, 2020
Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020