×
×

Search in Mata Mata Musik

TWICE Dituduh Plagiat Properti Latar Belakang Video ‘MORE & MORE’

Posted on: 06/4/20 at 8:30 am

Video klip TWICE dan karya Davis McCarty.
Video klip TWICE dan karya Davis McCarty.

Video musik terbaru girlband K-pop TWICE lagu ‘MORE & MORE’ dituduh plagiat alias menjiplak karya seni ciptaan Davis McCarty. Seniman ini menciptakan seni pahatan kristal berupa gapura yang indah dengan warna-warna pelangi yang cerah, dan properti set dalam video musik terbaru TWICE itu tampak sangat mirip dengan proyek seni dua tahun silamnya itu.

Baca juga: Jelang Album Baru ‘MORE & MORE’, TWICE Bagikan Opini Comeback-nya

Adegan yang memperlihatkan gapura tersebut ada pada saat bagian chorus terakhir sebelum TWICE melakukan bagian tarian mereka. Para anggotanya berdiri di atas panggung yang menampilkan gapura pelangi itu mengapung di atas sungai di depan pemandangan alam yang indah.

Properti itu sangat mirip dengan karya seni Davis McCarty pada April 2018 lalu untuk Light City Art Walk di Baltimore, Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah postingan yang sekarang telah dihapus, Davis McCarty menyebut kesamaan antara dua struktur itu sebagai “pelanggaran hak cipta yang terang-terangan”. Dia bertanya kepada para pengikutnya tentang bagaimana dia dapat menjangkau pihak yang tepat (JYP Entertainment) dan meminta mereka untuk menyebarkan postingannya.

Setelah beritanya sudah mencapai JYP Entertainment, perusahaan agensinya TWICE itu merilis pernyataan yang menjelaskan bahwa mereka telah sadar akan kesamaan yang dimaksud dan telah meminta produser video musiknya untuk menyelesaikan masalah itu dengan lancar bersama David McCarty.

Mereka juga berencana untuk membuat sistem yang akan mencegah insiden semacam itu terjadi di masa depan. Baca pernyataannya di bawah ini:

“Pagi ini, kami memperhatikan bahwa satu set tertentu dari video musik ‘More & More’ mirip dengan sebuah karya seni yang sudah ada. Kami meminta produser video musiknya untuk berbicara dengan pencipta karya aslinya untuk menyelesaikan masalah dengan lancar.

Baca juga: Twice dan Semua yang Harus Kamu Tahu

Karena JYP adalah perusahaan yang ditunjuk untuk merilis karya para artis kami, kami berencana untuk membuat sistem pengulasan untuk mencegah peristiwa seperti ini terjadi lagi di masa depan.

— JYP Entertainment”.

Tonton segmen yang dimaksud pada video terbaru TWICE di bawah ini:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan idol K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Keseluruhan Grup K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Anggota Girlband K-pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan No...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

on Nov 22, 2020
30 Peringkat Anggota Boyband K-Pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Nov...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Nov 22, 2020