×
×

Search in Mata Mata Musik

TWICE Dituduh Plagiat Properti Latar Belakang Video ‘MORE & MORE’

Posted on: 06/4/20 at 8:30 am

Video klip TWICE dan karya Davis McCarty.
Video klip TWICE dan karya Davis McCarty.

Video musik terbaru girlband K-pop TWICE lagu ‘MORE & MORE’ dituduh plagiat alias menjiplak karya seni ciptaan Davis McCarty. Seniman ini menciptakan seni pahatan kristal berupa gapura yang indah dengan warna-warna pelangi yang cerah, dan properti set dalam video musik terbaru TWICE itu tampak sangat mirip dengan proyek seni dua tahun silamnya itu.

Baca juga: Jelang Album Baru ‘MORE & MORE’, TWICE Bagikan Opini Comeback-nya

Adegan yang memperlihatkan gapura tersebut ada pada saat bagian chorus terakhir sebelum TWICE melakukan bagian tarian mereka. Para anggotanya berdiri di atas panggung yang menampilkan gapura pelangi itu mengapung di atas sungai di depan pemandangan alam yang indah.

Properti itu sangat mirip dengan karya seni Davis McCarty pada April 2018 lalu untuk Light City Art Walk di Baltimore, Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah postingan yang sekarang telah dihapus, Davis McCarty menyebut kesamaan antara dua struktur itu sebagai “pelanggaran hak cipta yang terang-terangan”. Dia bertanya kepada para pengikutnya tentang bagaimana dia dapat menjangkau pihak yang tepat (JYP Entertainment) dan meminta mereka untuk menyebarkan postingannya.

Setelah beritanya sudah mencapai JYP Entertainment, perusahaan agensinya TWICE itu merilis pernyataan yang menjelaskan bahwa mereka telah sadar akan kesamaan yang dimaksud dan telah meminta produser video musiknya untuk menyelesaikan masalah itu dengan lancar bersama David McCarty.

Mereka juga berencana untuk membuat sistem yang akan mencegah insiden semacam itu terjadi di masa depan. Baca pernyataannya di bawah ini:

“Pagi ini, kami memperhatikan bahwa satu set tertentu dari video musik ‘More & More’ mirip dengan sebuah karya seni yang sudah ada. Kami meminta produser video musiknya untuk berbicara dengan pencipta karya aslinya untuk menyelesaikan masalah dengan lancar.

Baca juga: Twice dan Semua yang Harus Kamu Tahu

Karena JYP adalah perusahaan yang ditunjuk untuk merilis karya para artis kami, kami berencana untuk membuat sistem pengulasan untuk mencegah peristiwa seperti ini terjadi lagi di masa depan.

— JYP Entertainment”.

Tonton segmen yang dimaksud pada video terbaru TWICE di bawah ini:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    BTS & UNICEF Kampanye LOVE MYSELF, Sebar Cinta & Stop Kekerasan

    BTS dalam video kampanye 'LOVE MYSELF'. (Foto: via YouTube). Lagi-lagi BTS. Tetapi kami enggak bosan-bosannya memberitakan sepak terjang fenomena global ini

    on Mar 5, 2021
    BTS

    BTS Jadi Artis Asia Pertama Peraih Global Recording Artist Of The Year

    BTS. (Foto: Big Hit). BTS tidak henti-hentinya membuktikan diri mereka sebagai fenomena global dengan invasi K-pop-nya. Kali ini mereka telah menerima IFPI

    on Mar 5, 2021
    TXT Foto Utama

    TXT: Interpretasi Nama Grup, Karakter Member Dan Pertumbuhan Karier

    TXT. (Foto: Vogue Korea). Wajah rupawan dan penampilan menawan para member TXT menghiasi edisi terbaru majalah Vogue Korea. Selain melakukan sesi pemotretan

    on Mar 4, 2021
    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021