×
×

Search in Mata Mata Musik

U2, Hiatus atau Rekaman Musik Baru?

Posted on: 10/31/19 at 11:52 am

Meskipun setahun ini U2 sibuk menggelar The Joshua Tree Tour, Bono sang vokalis membuat pernyataan misterius kalau “band ini akan pergi sebentar.”

Baca juga: Detail Lengkap tur U2, The Joshua Tree 2019 di Singapura

Band asal Irlandia U2 merilis album debut mereka, Boy, pada tahun 1980 dan sejak itu sudah merilis 14 album studio. Tidak bisa dipungkiri, mereka adalah salah satu band rock paling sukses di dunia. Album terbaru mereka, Songs of Experience, dirilis di 2017 dan dianggap sebagai salah satu album terbaik tahun itu.

Tidak banyak yang tahu apa yang sedang atau akan dilakukan band ini sekarang, terutama setelah Bono mengungkapkan bandnya “akan pergi sebentar.”

Apakah mereka mengisyaratkan hiatus, atau justru sedang menyiapkan musik baru? Berikut yang kami tahu sejauh ini.

Awal mula terbentuknya U2

Band rock Irlandia asal kota Dublin ini dibentuk oleh empat orang remaja di 1976 yang terdiri dari Bono (vokal utama dan gitar ritme), The Edge (gitar utama, keyboard dan vokal pendukung), Adam Clayton (gitar bass), dan Larry Mullen, Jr. (drum dan perkusi).

Dalam waktu empat tahun, mereka bergabung dengan Island Records dan merilis album pertama mereka, Boy, di 1980. Lagu-lagu seperti “Sunday Bloody Sunday” dan “Pride (In the Name of Love)” mengukuhkan status supergroup mereka. Selama tahun ’80-an, mereka menjadi dan terus menjadi superstar dunia. 

Mereka pernah hampir bubar di awal karier mereka

Awal bulan ini, dalam sesi podcast Global Citizen, Cry Power, Bono mengatakan band ini hampir bubar di tahun-tahun awal karier mereka, tepatnya pada tahun 1981.

“Ada saat ketika band kami hampir bubar setelah [perilisan] album kedua kami, October. Kami mengalami krisis kepercayaan pada band kami dan fungsinya. Kami melihat sekeliling kami dan berkata ‘Dunia ini sangat hina dan begitu juga kita.’ Berantakan.”

“Bagaimana bisa band rock memainkan peran apa pun dalam memperbaikinya? Dalam satu hal, itu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kami hanya ingin berhenti.” 

Tapi untungnya bagi para penggemar mereka di seluruh dunia, mereka tidak berhenti.

Apakah mereka sedang rekaman musik baru?

Bono mengakhiri konser U2 di Berlin pada November 2018 dengan pernyataan misterius tentang masa depan band.

“Kami sudah menjalani tur selama beberapa waktu, terus berjalan selama 40 tahun, dan empat tahun terakhir ini benar-benar sesuatu yang istimewa bagi kami,” kata Bono di hadapan penonton di akhir acara. “Kami akan pergi sekarang.”

Pernyataan tersebut membuat fans bertanya-tanya apakah itu menandai akhir dari U2. Tapi sepertinya tidak begitu. 

Menurut situs web musik Italia, Rockol, vokalis/penulis lagu/produser One Republic Ryan Tedder belum lama ini dihubungi oleh band untuk membantu mereka di beberapa lagu yang sedang mereka garap untuk album baru.

“Saya baru mengobrol dengan mereka minggu lalu,” ujar Tedder pada Rockol bulan lalu. “Kami akan bekerja bersama pada beberapa karya baru saat saya di Los Angeles.”

“Saya rasa mereka berniat membuat album yang sama sekali berbeda dari dua album sebelumnya. Ini akan lebih mudah. Seperti pendulum. Ketika kamu membuat album dengan produksi yang besar, dengan begitu banyak instrumen di dalamnya, untuk proyek berikutnya kamu ingin sesuatu yang lebih santai, dan kamu bertanya-tanya: bagaimana jika rekaman itu memiliki suara empat musisi yang bermain di sebuah ruangan?”

Baca juga: U2 Perpanjang The Joshua Tree 30th Anniversary Tour Ke Australia dan Asia!

Tampaknya, band kecil dari Irlandia ini tidak akan ke mana-mana. Seperti yang dikatakan Bono pada The Mirror, “Kamu perlu ingat, berada di U2 rasanya seperti menjadi pendeta. Satu-satunya jalan keluar adalah dengan mati.”

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020
Alkemirasa

Lewat Single 'Tiga Puluh Dua Derajat', Alkemirasa Refleksikan Arti Keh...

Alkemirasa. Alkemirasa, band shoegaze rock yang berdomisili di Jakarta dengan formasi Akel (vokal/gitar), Fiqo (vokal/gitar), Akbar (dram), Edho (bass) kemb

on Sep 18, 2020
Sang Juara Turnamen Lagu Rock Indonesia 2020

Inilah Sang Juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020!

Saturia. (Foto: dok. Saturia). Ok guys, tibalah saatnya pengumuman sang juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020 persembahan MataMata Musik yang d

on Aug 31, 2020
Saturia vs Morfem

Turnamen Babak Final – Side A: Saturia Vs Side B: Morfem. Vote Sekar...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Aug 30, 2020