×
×

Search in Mata Mata Musik

U2 Beri Penghormatan pada Tokoh Wanita dalam Konser di Mumbai

Posted on: 12/17/19 at 2:36 pm

Band rock asal Irlandia U2 memberikan penghormatan pada beberapa tokoh wanita berpengaruh dari India dalam konser perdana mereka di Mumbai, menyoroti nama-nama besar antara lain Menteri Smriti Irani, penulis Arundhati Roy dan jurnalis Gauri Lankesh.

Baca juga: U2, Hiatus atau Rekaman Musik Baru?

Konser yang digelar pada 15 Desember di DY Patil Stadium ini menutup rangkaian tur U2 The Joshua Tree Tour 2019, yang menyambangi beberapa kota di Asia Pasifik seperti Singapura, Seoul, Auckland, Brisbane dan Melbourne.

Bono (vokal), The Edge (gitar), Larry Mullen (dramer) dan Adam Clayton (bassis) membuka konser dengan lagu klasik mereka ‘Sunday Bloody Sunday’ dan mengakhirinya dengan montase visual tokoh-tokoh wanita luar biasa di seluruh dunia, termasuk dari India.

Konser ini juga diramaikan oleh penampilan musisi pemenang penghargaan Academy Award dari India, A R Rahman. Rahman bersama anak-anaknya bergabung dengan U2 di atas panggung untuk pertama kalinya membawakan lagu baru mereka, ‘Ahimsa,’ yang digambarkan Bono sebagai “hadiah terbesar India untuk dunia”.

Dalam segmen khusus mereka, yang bertajuk Herstory, para musisi menampilkan foto-foto wanita yang dipajang pada layar raksasa di latar panggung seiring U2 memainkan lagu ‘Ultraviolet’.

Nama-nama yang ditampilkan di antaranya yaitu Smriti Irani, Arundhati Roy, Kalpana Chawla, Karuna Nandy dan Lankesh. U2 juga mengapresiasi kontribusi aktivis Greta Thunberg dan Ellen DeGeneres.

Baca juga: Detail Lengkap tur U2, The Joshua Tree 2019 di Singapura

Untuk menekankan masalah keamanan yang dihadapi wanita di seluruh dunia, U2 juga menyertakan foto-foto dari acara unjuk rasa baru-baru ini di Hyderabad setelah seorang dokter hewan muda diperkosa dan dibunuh. 

“Saat wanita merasa aman di rumah atau berjalan di jalanan, itu hari yang indah. Saat anak-anak perempuan bisa bersekolah seperti anak laki-laki, itu hari yang indah. Saat wanita di dunia bersatu untuk menulis ulang sejarah sebagai kisah mereka, itu hari yang indah. Menulis ulang sejarah sebagai kisahnya – itu hari yang indah,” kata Bono, disambut tepuk tangan penonton.

Tur ini merayakan album kelima U2 dari tahun 1987, The Joshua Tree. Lagu-lagu yang dibawakan termasuk ‘With Or Without You’, ‘Where The Streets Have No Name’ dan ‘Bullet The Blue Sky’.

Saat memulai pertunjukan, Bono menyapa para penggemar dengan ucapan “Namaste Mumbai” dan mengakui perlu waktu lama bagi mereka untuk berkunjung ke negara itu.

“Perlu empat dekade bagi kami untuk datang ke sini! India, negara yang luar biasa! Malam ini akan menjadi pertunjukan terbaik yang pernah ada. Kami sangat jatuh cinta pada India. Semoga malam ini menjadi malam rock n’ roll yang epik dan spektakuler. Kami datang ke India sebagai musafir. Kami muridnya, dan kalianlah guru kami,” ucap Bono.

Bono mengatakan, U2 merasa terhormat bisa menutup tur mereka di India. “Kami sudah di sini selama beberapa hari, tetapi bagi saya kami sepertinya harus kembali ke sini lagi,” tungkas Larry.

The Edge menuturkan, meskipun perlu waktu lama bagi band untuk datang ke negara itu, “[Kunjungan ini] sungguh menyenangkan. Ini terasa seperti sesuatu yang istimewa”.

Baca juga: U2 Perpanjang The Joshua Tree 30th Anniversary Tour Ke Australia dan Asia!

“Kami bersyukur perjalanan kami telah membawa kami ke India. Saya sangat senang orang-orang ini datang ke sini malam ini,” ungkap Adam.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesabaran kalian. Malam ini adalah malam terakhir tur The Joshua Tree… ketika wanita dan pria dari mana pun bekerja sama untuk perubahan, itulah cara kita mengubah dunia,” imbuhnya menutup sesi.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Che Cupumanik dan Robi Navicula

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

on Oct 27, 2020
Space Comma Space

Space Comma Space Rilis Double Single Melankolis 'Pale in Time/Loveles...

Space Comma Space. Setelah enam tahun lalu terbentuk dan hanya pentas di acara-acara sekolah, kolektif musik asal Jakarta, Space Comma Space merilis materi

on Oct 18, 2020
Stevie Nicks

Stevie Nicks Rilis ‘Show Them The Way’, Lagu Solo Barunya Fitur Da...

Stevie Nicks. Stevie Nicks baru saja merilis lagu solo baru pertamanya dalam hampir satu dekade terakhir. Lagu baru itu berjudul ‘Show Them The Way’ dan

on Oct 9, 2020
Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020