×
×

Search in Mata Mata Musik

Umumkan Album Baru, NOFX Lepas “Single Baru Rasa Lama” Fitur Avenged Sevenfold

Posted on: 01/13/21 at 10:00 am

Umumkan Album Baru, NOFX Lepas "Single Baru Rasa Lama" Fitur Avenged Sevenfold
NOFX dan Avenged Sevenfold. (Foto: via YouTube).

Band veteran punk rock kelahiran Los Angeles NOFX telah mengumumkan album full-length ke-14 mereka, berjudul Single Album. Sebelum dirilis pada 26 Februari mendatang, sang frontman, Fat Mike dan rekan-rekan bandnya telah meluncurkan single ‘Linewleum’ yang menampilkan kontribusi dari anggota Avenged Sevenfold.

Baca juga: Fat Mike (NOFX) Puji Lagu Band Pop Punk Bandung, Saturday Night Karaoke

Single Album menandakan album pertama NOFX sejak First Ditch Effort, album rilisan tahun 2016. Itu juga merupakan album pertama band sejak anggota NOFX membuat komentar yang sangat nggak sensitif di atas panggung tentang penggemar musik country yang meninggal dalam insiden pembantaian yang mengerikan di festival musik Route 91 Harvest, Las Vegas pada 2017. Tentu saja band ini kemjudian meminta maaf sebesar-besarnya, dan mereka menarik diri dari line-up Punk in Public festival garapan mereka sendiri serta serangkaian jadwal tur pun dibatalkan.

Artwork sampul album Single Album oleh NOFX.
Artwork sampul album Single Album oleh NOFX.

Single Album Tracklist:
01. The Big Drag
02. I Love You More Than I Hate Me
03. Fuck Euphemism
04. Fish in a Gun Barrel
05. Birmingham
06. Linewleum
07. My Bro Cancervive Cancer
08. Grieve Soto
09. Doors and Fours
10. Your Last Resort

Single baru sang pionir gaya melodic punk, ‘Linewleum’ ini sebenarnya merupakan versi baru dari salah satu lagu kebangsaan NOFX, ‘Linoleum’, yang merupakan lagu utama di album tahun 1994 Punk in Drublic. Fat Mike terinspirasi untuk merekam lagu versi baru, dengan lirik baru, setelah melihat begitu banyak musisi dan band lain meng-cover lagu tersebut. Untuk pembaruannya, doi menggandeng anggota Avenged Sevenfold ke dalam sesi rekaman dan video musiknya. Untuk lebih jelasnya, simak penuturan Fat Mike berikut ini:

Gue nggak tahu kenapa ‘Linoleum’ adalah lagu THE NOFX yang paling banyak di-cover oleh banyak band sedangkan lagu NOFX lainnya hampir nggak mendapat perhatian. ‘Linoleum’ bukanlah single, nggak ada video, nggak ada pemutaran radio, dan yang paling penting, bahkan nggak ada chorus-nya!!! Semua lagu populer memiliki chorus! WTF!

Jadi, suatu malam gue begadang sampai jam 4:00 pagi untuk memeriksa semua versi berbeda (lagu tersebut) di YouTube. Menonton ratusan band dari lebih dari 28 negara (kebanyakan Indonesia) memainkan ‘Linoleum’ adalah pengalaman yang menyejukan hati gue.

Jadi gue memutuskan untuk menulis lagu yang merupakan salam hormat bagi semua orang yang mempelajari keempat kord (lagu) itu dan mengingat lirik yang nggak berima. Kemudian gue meminta kepada band yang terbesar dari semua band itu (Avenged Sevenfold) untuk memainkan beberapa solo gitar di lagu tersebut. Kemudian M Shadows (vokalis Avenged Sevenfold -Ed.) menyarankan supaya kami membuat video bareng.

Terus, gue pikir gue harus memasukkan semua band ke dalam video. Yah, gue nggak bisa memasukkan semua band, tapi gue memilih banyak band yang keren! Sebuah lagu tentang nggak memainkan sebuah lagu yang bukan sebuah lagu hit dengan video tentang band-band lain yang meng-cover lagu tersebut! Inilah kenapa gue suka punk rock menulis lagu-lagu punk. Keluar dari aturan!”

Baca juga: Hell Yeah! Avenged Sevenfold Ternyata Sudah Punya Materi Album Baru

Single Album diproduseri oleh Bill Stevenson dan Jason Livermore, dan tentu saja akan dirilis melalui label milik Fat Mike, Fat Wreck Chords. Ok, sekarang saatnya untuk lo menyimak video musik ‘Linewleum’ di bawah ini!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sylvain Sylvain

    Gitaris Legendaris New York Dolls, Sylvain Sylvain Wafat Di Usia 69 Ta...

    Sylvain Sylvain. (Foto: via Twitter/@Stevestevens). Sylvain Sylvain, gitaris dan pianis band proto-punk glam rock legendaris New York Dolls, meninggal dunia

    on Jan 16, 2021
    Descendents

    Descendents ‘Say Goodbye’ Ke ManPres Donald Trump Via Single Baru ...

    Descendents. (Foto: Kevin Scanlon). Band punk rock legendaris Descendents mengucapkan selamat tinggal kepada (mantan) Presiden Donald Trump dengan lagu baru

    on Jan 15, 2021
    Sex Pistols

    Dari Memoar Steve Jones, Film Mini Seri Tentang Sex Pistols Akan Tayan...

    Sex Pistols (Foto: via Vernon Yard/Barry Plummer), Danny Boyle (Foto: Heather Kaplan). Danny Boyle didapuk menjadi sutradara dan produser eksekutif untuk fi

    on Jan 11, 2021
    Jendral Kantjil

    MV 'Mbhoots' Punk Rocker Jendral Kantjil Ditayangkan Perdana Di Biosko...

    Jendral Kantjil. Jendral Kantjil, band punk rock yang digawangi oleh Slebe (vokal), Panjul (bass), Phitoy (gitar), Bab (gitar), Gerry (kibord) dan Bunny (dr

    on Dec 5, 2020