×
×

Search in Mata Mata Musik

Umumkan Judul & Tanggal Rilis Resmi Album Baru, BTS Ungkap Konsep Kontennya

Posted on: 09/28/20 at 8:00 am

Umumkan Judul & Tanggal Resmi Album Baru, BTS Ungkap Konsep Kontennya

Ok ARMY, ini pastinya kabar yang paling lo tunggu saat ini. Yoi, BTS telah menetapkan tanggal untuk comeback mereka berikutnya! Judul album baru dan tanggal rilisnya. Ah, kemungkinan besar kalian paling sudah tahu lebih dahulu dari Weverse, haha. Tapi berita baik ini harus dibagikan terus dan terus, ya nggak sih?

Baca juga: BTS Ungkap Detail Video Musik Baru Untuk Comeback Bulan Oktober Mendatang

Pada 28 September tengah malam waktu standar Korea, BTS mengumumkan melalui Twitter dan Weverse bahwa album baru mereka akan berjudul BE dan dirilis pada 20 November pada tengah malam waktu standar Asia (jam 2 siang waktu standar Korea).

Menurut pemberitahuan Weverse, BE akan dirilis dalam format edisi deluxe dan berisi “musik paling ‘BTS-esque’ yang pernah ada” yang menyampaikan pesan “bahkan dalam menghadapi normalitas baru ini, hidup kita terus berjalan”.

Seperti yang ditunjukkan BTS melalui kanal vlog-nya sepanjang tahun ini, album ini menampilkan keterlibatan langsung dari anggota BTS nggak hanya dalam musik tetapi juga dalam konsep, komposisi, dan desain.

Pada 7 Mei lalu, para anggota BTS: V, RM, dan J-Hope mengadakan livestream di YouTube sebagai bagian dari inisiatif #StayConnected mereka dan sebagai bagian dari pembaruan berkelanjutan mereka untuk album baru BTS mendatang yang akan diproduksi oleh anggotanya sendiri.

Jimin mengungkapkan bahwa doi telah mengambil peran sebagai manajer proyek musik untuk album terbaru BTS. Dalam acara livestream tersebut, V menjelaskan bahwa doi berperan sebagai manajer proyek visual dalam album.

V: “Dalam rangka mendandani para ARMY dengan citra yang keren, aku akan bertanggung jawab atas desain jaket, konsep, dan styling dalam album. Aku sudah meminta RM dan J-Hope, yang suka memakai pakaian dengan gaya yang beragam, untuk membantuku dengan styling-nya”.

J-Hope: “Sampai sekarang, kami telah mencoba berbagai gaya untuk foto-foto jaket album kami. Aku pikir kita semua akan merasa terhubung dengan ini, tetapi aku ingin mencoba sesuatu yang nyaman kali ini”.

V: “Karena semua anggota terlibat dalam proses produksinya, aku pikir akan ada banyak ide tentang konsepnya. Kami banyak bertukar ide ketika bertemu dengan pengarah visual kami. Para anggota selalu menyarankan ide, seperti ketika kami melakukan pemotretan jaket kami untuk ‘IDOL’. Aku pikir karena para anggota terlibat langsung kali ini, itu akan memiliki nuansa yang lebih alami dan ARMY akan menyukainya”.

V: “Ketika kami pergi berlibur, kami mengambil kamera dan hanya memotret sesuatu secara alami. Aku sangat menyukai gambar itu. Daripada terlalu fokus kepada produksi atau pengaturannya, aku ingin kami mengambil foto dengan perasaan bahwa kami sedang berlibur bersama”.

RM: “Di seluruh dunia, ruang yang kita sebut ‘rumah kami’ dan ‘kamar kami’ telah menjadi sesuatu yang sangat penting. Aku pikir akan lebih baik jika setiap anggota mendekorasi kamar mereka dengan aksesoris mereka sendiri dan memilih pakaian mereka sendiri. Setiap anggota akan datang dengan tema mereka sendiri”.

J-Hope: “Kami selalu berbicara di antara kami sendiri tentang seberapa banyak kami ingin tampil di atas panggung. Dalam masa-masa sulit ini, mungkin akan menyenangkan untuk mengadakan pesta rumah di mana kami mengenakan pakaian santai di ruang tamu dan melompat-lompat dan bermain dengan mikrofon karaoke”.

Sedangkan pada 11 Mei lalu, melalui kanal YouTube BANGTANTV, BTS menyiarkan langsung sesi rapat terbuka mereka, di mana para anggotanya mendiskusikan ide-ide untuk konsep dan pesan dari album baru BTS.

Suga: “Aku ingin album ini menjadi tidak terlalu gelap. Daripada membuat sesuatu yang terlalu nyaman, aku lebih suka jika kita bisa menawarkan pesan yang lebih bermetafor seperti Hari Musim Semi untuk memberikan harapan kepada semua orang”.

RM: “Aku ingin memasukkan pesan bahwa apa pun yang terjadi di dunia luar, hidup kita tetap akan terus berjalan”.

Jimin, yang menyebutkan situasi pandemi Covid-19 saat ini, mengatakan bahwa dOI akan senang jika BTS dapat menemukan cara yang santai dan menyenangkan untuk menyatakan terima kasih mereka atas hal-hal yang biasanya kurang diapresiasi.

RM: “Aku sedang berbicara dengan seorang teman tentang apa yang mungkin ingin didengar orang-orang, dan kita mulai berbicara tentang telepati. Jika kamu melihat Weverse atau Twitter, ada banyak orang yang kesal karena konser kita dibatalkan. Betapa hebatnya jika kita bisa menyampaikan perasaan kita tanpa harus mengatakan apa-apa? Aku pikir tujuh tahun yang kita habiskan bersama dan tatapan yang kita saling tukar selama konser adalah bentuk telepati kita”.

Suga mengusulkan bahwa setiap lagu dalam album dapat menjadi seperti huruf. “Kemarin, aku membuka sebuah buku, dan sebuah catatan jatuh darinya. Itu tiba-tiba muncul, dan pada saat itu, aku hanya menatapnya. Aku suka jika kata kunci untuk album kita bisa berbentuk huruf. Aku pikir akan menyenangkan jika setiap lagu adalah surat dan kita menulis tentang berbagai hal. Tidak ditujukan kepada seseorang atau kelompok tertentu, tetapi sesuatu yang dapat dihubungkan dengan semua orang”.

Jin: “Jika kita berbicara tentang masa-masa sulit dan masa-masa indah bersama teman-teman, kita semua memiliki pengalaman yang berbeda, tetapi kita dapat berempati. Bagaimana jika kita menulis tentang empati?”.

Jungkook: “Aku juga suka jika kita memiliki lagu yang dapat menghilangkan stres”.

Baca juga: Bikin Haru! BTS Kirim Motivasi Untuk ARMY Lewat Surat Yang Menguatkan

“BE (Deluxe Edition)” akan tersedia untuk pre-order mulai 28 September pukul 11 pagi waktu standar Korea. Big Hit Entertainment nampaknya sudah sangat matang mempersiapkan segala sesuatunya.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Reputasi Anggota Boyband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Okt...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

on Oct 22, 2020
Boyband K-Pop Terpopuler

30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Oktober 2020

30 urutan peringkat boyband K-pop terpopuler edisi bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

on Oct 20, 2020
15 Idol K-Pop Paling Banyak Didengar Di Spotify Oktober

15 Artis K-Pop Dengan Pendengar Terbanyak di Spotify Bulan Oktober 202...

Yuk cek beberapa artis K-pop dengan pendengar terbanyak bulan Oktober ini. Dari boyband hingga girlband serta solois, berikut adalah 15 artis K-pop terpopu

on Oct 18, 2020
Suga BTS & Alllex Black

Rapper Ukraina Yang Dituduh Plagiat Lagu ‘Daechwita’ Unggah Video ...

Rapper asal Ukraina bernama Alllex Black sebelumnya dituduh menjiplak lagu alter egonya Suga BTS, Agust D, ‘Daechwita’. Lagu yang dirilis rapper dari b

on Oct 17, 2020