×
×

Search in Mata Mata Musik

‘Unconditional Love’, Single Solo Debut Fahem Yang Ungkap Ketulusan Cinta

Posted on: 08/24/20 at 8:00 am

Fahem Berkaus Putih
Fahem. (Foto: Beryl Reynaldi).

Solois asal kota Malang, Fahem baru saja merilis single bertajuk ‘Unconditional Love’. Single debut pria bernama lengkap Mohammad Irfan Fahmi tersebut sudah bisa dinikmati di berbagai platform digital seperti Spotify, Apple Music, dan lain-lain. Video liriknya juga telah tersedia di kanal resmi YouTube-nya mulai tanggal 21 Agustus 2020.

Baca Juga: Elang Terbang dan Curi Perhatian Lewat ‘Am I Lost’, Single Electro-Pop Barunya

“Cinta itu, menurutku, seharusnya tidak transaksional,” kata Fahem membuka percakapan tentang lagu ini, “Aku percaya bahwa cinta adalah soal ‘memberi’. Cinta adalah tentang give & give, bukan give & take.”

Nggak bisa dipungkiri, penjelasan itu nggak hadir dari ruang hampa. Fahem sendiri mengakui jika pandangan tersebut berakar dari berbagai pengalaman hidupnya. Lika-liku asmaranya, berikut pengamatannya terhadap sekitar membentuk sudut pandang tersebut hingga terciptalah lagu bernuansa R&B ini.

“Dalam pandanganku, fokus utama dari ‘mencintai’ adalah apa yang bisa kita beri. Sesederhana itu,” katanya.

Artwork cover single Fahem 'Unconditional Love'
Artwork cover single Fahem ‘Unconditional Love’.

Music Video (MV) dikerjakan oleh YAB Music yang berkolaborasi dengan Dates Production. Reza Triadi didapuk menjadi bapuk…ups…sebagai director dari MV ini. Penggarapannya pun hanya memakan waktu satu hari.

Fahem sendiri lebih dikenal sebagai frontman band Malang, Morisade. Dengan bandnya yang mengusung alternative rock tersebut, doi telah merilis sebuah album full length berjudul Heterochromia di akhir 2019. Tepat di sela kesibukannya sebagai “anak band”, doi kemudian memutuskan untuk bersolo karier.

“Sebenarnya bisa saja lagu ini aku bawakan dengan Morisade,” ujar Fahem, “tapi secara etika bermusik kayaknya kurang pas. Morisade itu lebih ke alternative pop/rock dengan berbagai influence, sedangkan soloku ini lebih ke arah emotional Pop/R&B”.

Ke belakang layar, semua proses lagu ini dilakukan di Up Music Production, Malang mulai bulan Februari 2020. Lirik dan komposisi lagu ini ditulis sendiri oleh Fahem, sedangkan aransemennya dibantu oleh Bambang Setyo Utomo. Audio tersebut kemudian dikerjakan mixing dan masterin-nya oleh Zeruya Anggraita sebelum dilepas ke publik.

Single ini adalah salah satu materi yang akan masuk dalam EP Fahem yang bertajuk In Relationship with Memories. Pria kelahiran Bogor, 29 Juli 1994  ini sendiri sedang berproses merampungkan EP tersebut sambil mempersiapkan materi musik bandnya, Morisade. Untuk sekarang, silakan menikmati ‘Unconditional Love’ melalui YouTube dan berbagai digital streaming platform.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Fahem

Fahem Beri Single Baru 'Another Pills' Untuk Ditelan Bersama Hubungan ...

Fahem. (Foto: Berryl Reynaldy). Jika single debut Fahem berbicara tentang romansa sebelum menjalin hubungan, 'Another Pills', single keduanya ini adalah seg

on Oct 7, 2020
Eros Tjokro

Eros Tjokro Beri Tips Buat Cowok Yang Sedang PDKT Di Single Barunya, '...

Eros Tjokro. Penyanyi Eros Tjokro merilis single terbaru bertajuk 'Gibberish' yang merupakan pembukaan Roses, tema besar dalam karya Eros Tjokro di tahun 20

on Oct 5, 2020
Dhora Bongs dan Murei

Dhira Bongs & Murei Kampanyekan Rasa Syukur Lewat 'Not an Ordinary Fai...

Dhira Bongs dan adiknya, Murei. Setelah November 2019 lalu, Dhira Bongs merilis single 'Sungguh Terlalu', Dhira kembali merilis single kedua pada 25 Septemb

on Sep 25, 2020
Pamela Hutchinson

Pamela Hutchinson, Penyanyi Trio R&B The Emotions, Meninggal Dunia

Pamela Hutchinson. (Foto: via CNN). Pamela Hutchinson, salah satu anggota dari trio R&B legendaris The Emotions, meninggal dunia pada hari Jum’at, 18

on Sep 22, 2020