×
×

Search in Mata Mata Musik

Unit Metalcore IXIA Bereksperimen Via ‘Noir’, Single Tentang Mental Illness

Posted on: 09/14/21 at 11:00 am

Unit Metalcore IXIA Bereksperimen Lewat Single 'Noir' Tentang Mental Illness
Formasi terkini IXIA.

Unit metalcore asal Jakarta, IXIA, baru-baru saja merilis lagu terbaru yang diberi judul ‘Noir’. Perilisan lagu ini diluncurkan di berbagai platform layanan audio streaming yang sudah bisa kita dengarkan sejak pertengahan Agustus lalu.

Dalam lagu terbarunya, IXIA melakukan eksplorasi lebih luas secara menyeluruh jika dibandingkan dengan album mereka sebelumnya, Unividuals yang dirilis pada 2019. Kesan generik metalcore tidak sepenuhnya ditampilkan namun IXIA mencoba untuk lebih bereksperimen dengan berbagai nuansa.

Baca juga: Wawancara CARNIVORED Tentang Kisah Di Balik “Labirin” dan Perubahan Musiknya

Kali ini mereka mengajak Reda Mahastra, salah seorang personel dari band Undelayed, untuk membantu memproduseri lagu tersebut. Dengan memadukan musik metalcore dengan nuansa metal era 1990-an dan modern metalcore yang lengkap dengan drop tunning serta blast beat dan beberapa breakdown yang mengentak di beberapa part.

“Dari segi vokal, kami dan Raga (produser) benar-benar nge-push Dimas untuk ngeluarin karakter vokal aslinya yang paling maksimal. Karakter vokal dia di sini belum pernah ada di album sebelumnya, yang membuat single IXIA sekarang jadi terasa lebih horor. Vito tetap isi clean vocal supaya ada benang merah ke metalcore-nya,” ujar Hamdy, gitaris dari IXIA.

Tema Fenomena Mental Illness Dalam Lagu IXIA

Secara perspektif lirik, inspirasi lagu ‘Noir’ ini mengangkat tema mental illness dan fenomena mati muda yang kerap terjadi di era sekarang ini. Perkembangan teknologi memang membawa tekanan dari kehidupan nyata terasa melebur dengan tekanan dari dunia maya dan media sosial.

Untuk penggarapan lagu ini mereka dibantu oleh Michy, dramer dari band House You Live In dalam penggarapan lagu terbarunya. Ini menjadi pengalaman baru, di karya kali ini mencoba menghadirkan nuansa yang gelap, kelam, namun dengan nuansa musik beragam.

Bersamaan dengan perilisan ‘Noir’, IXIA juga merilis MV (Music Video)-nya. MV tersebut digarap oleh rumah produksi Pleasure 8 dengan melibatkan Ady Tengka sebagai sutradara dan Hendro Prasetyo dalam urusan produksi.

Baca juga: Holykillers Menggeram Via “Squalor”, Album Debut Metalcore Sarat Api

Selamat menyimak MV ‘Noir’ dari IXIA, bray!

Satu lagi karya seni yang dirilis di tengah pandemi Covid-19 berlangsung, kolaborasi antar musisi, music director sampai visual director membuahkan hasil dilahirkannya satu lagu baru dari IXIA. Bagi para penikmat musik dengan rentetan riff-riff gitar yang padat menghentak dipertegas dengan iringan instrument lainnya, “Noir” wajib masuk ke dalam daftar putar lagu kalian.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    holykillers

    Holykillers Berekspansi Ke Ranah Teknologi Blokchain Rilis NFT Albumny...

    Formasi album perdana Holykillers. Gejolak perkembangan dunia trading ranah digital tampaknya membuka peluang meraup keuntungan bagi siapa saja. Seperti yan

    on Sep 17, 2021
    kehlani

    Kehlani Suguhkan Pop R&B Segar Via Lagu 'Altar' Dari Album Mendatang

    Kehlani (Foto: Brianna Alysse). Tiap ketukan dram yang terdengar renyah diiringi synthsizer dan gitar yang turut membangun nuansa lagu. Sampailah di penggal

    on Sep 16, 2021
    Bangkutaman

    Bangkutaman Merekam Semua Peristiwa Hidup Di Album Baru "Dinamika"

    Formasi Bangkutaman di album Dinamika. Masih terdengar nyaring alunan nada lagu 'Badai' yang dirilis 2020 lalu. Kini Bangkutaman resmi merilis album terbar

    on Sep 15, 2021
    Employed To Serve

    Employed To Serve Siap Rilis "Conquering", Album Paling Metal Mereka

    Employed To Serve (Foto: Andy Ford). Employed To Serve (ETS) kembali dengan album baru, Conquering yang dirilis pada 17 September 2021 melalui Spinefarm Rec

    on Sep 12, 2021