×
×

Search in Mata Mata Musik

Universal Music Konfirmasi Hancurnya Puluhan Master Rekaman Artis Saat Kebakaran

Posted on: 02/15/20 at 4:19 pm

Universal City
Berita kebakaran gudang Universal Music yang disiarkan channel TV, ABC 7.

Rekaman dari Elton John, Nirvana, Soundgarden, Slayer, Sonic Youth, R.E.M. dan Jimmy Eat World hilang dalam kobaran api! Gila!

Kebakaran besar melahap sebuah gudang Universal Music Group di Florida, Amerika Serikat (AS) pada tahun 2008 lalu, namun laporan tentang apa yang ada di dalam terdapat 500.000 master rekaman berkualitas tinggi, di antaranya banyak rekaman artis ikonik yang informasinya tidak muncul ke permukaan sampai tahun lalu. Sekarang, Universal telah mengakui bahwa master rekaman albumnya Nirvana, Soundgarden, Slayer, R.E.M., Sonic Youth, Jimmy Eat World, Elton John rusak atau hancur dalam kebakaran itu.

Universal Music Burning
Pemadam kebakaran di gudang Universal Music.

Alasannya kenapa berita ini baru disiarkan 12 tahun kemudian adalah karena Universal tidak pernah memberi tahu para artis yang terkena dampak kebakaran, bahkan kepada mereka yang merupakan pemilik sah dari master-master rekaman tersebut. Adalah The New York Times yang memecah senyap masalah ini, yang mendorong artis seperti Hole, Soundgarden, dan Tom Petty untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Universal. Menurut Rolling Stone, sebagai bagian dari proses hukum, para artis ini meminta “daftar lengkap rekaman yang rusak.” Universal sekarang telah menanggapi dengan mengkonfirmasikan (melalui dokumen yang diajukan) bahwa master rekaman dari 19 artis telah “rusak atau hancur” dalam kebakaran.

Siapa artis bernasib naas yang mengetahui bahwa karya mereka yang telah “digoreng hingga garing” itu? Selain Nirvana, Soundgarden, Slayer, REM, dan Elton John, para korban termasuk …And You Will Know Us by the Trail of Dead, Bryan Adams, David Baerwald, Beck, Sheryl Crow, Jimmy Eat World, Les Paul, Peter Frampton, Michael McDonald, Sonic Youth, Soundgarden, Suzanne Vega, The Surfaris, White Zombie, dan Y&T.

Jika daftar artis korban itu terlihat pendek bagi Anda, tandanya Anda cukup memperhatikan. “Universal [awalnya] mengklaim 17.000 artis yang terkena dampak kebakaran ketika mereka menuntut ganti rugi,” kata Howard King, salah satu pengacara artis. “Sekarang mereka menghadapi gugatan oleh artis mereka, mereka mengklaim hanya 19 artis yang terpengaruh. Perbedaan ini tidak bisa dijelaskan”.

Elton John, Nirvana, Sheryl Crow
Elton John, Nirvana, Sheryl Crow di antara deretan panjang artis korban kebakaran.

Untuk pihaknya, Universal mengklaim bahwa mereka menyimpan kopian lain dari rekaman tersebut di suatu tempat, baik pada vinyl ataupun kaset pita, yang sulit untuk tidak dicemooh. Sebagai permulaan, major label ini tidak akan mengatakan rekaman artis mana yang telah disimpan melalui kopian cadangan. Mereka menggambarkan kopian rekaman ini sebagai “(rekaman) mixing mentah asli tertentu” dan “gulungan master multitrack asli” – frasa yang cukup samar untuk terdengar seperti mereka buru-buru mengambil stok apa yang ditemukan di lemari penyimpanan tunggal tanpa mengetahui dengan pasti.

Dan salah satu yang paling menyedihkan, master rekaman asli album Nevermind milik Nirvana diyakini “hilang selamanya”, begitu juga sebagian besar rekaman album Beck. Untuk semua ketakutan dan kepanikan yang dibenarkan seputar kerugian yang menghancurkan ini, ada satu artis yang merespons dengan cara yang benar-benar merendah, yaitu Smash Mouth. “Kehilangan kami tidak bisa dibandingkan dengan ribuan orang yang kehilangan rumah, hewan peliharaan, ingatan dan bahkan orang-orang yang mereka cintai,” kata mereka. “Kehilangan mereka yang sangat membebani hati kita”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dave Grohl

    Dave Grohl Merespons Gugatan Model Bayi Sampul Nirvana "Nevermind"

    Nirvana Nevermind (Foto: dok. DGC Records) / Dave Grohl (Foto: Amy Harris). Dave Grohl telah bereaksi terhadap gugatan yang diajukan terhadap Nirvana oleh S

    on Oct 5, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021
    The Metallica Blacklist

    The Metallica Blacklist: Peringkat 53 Lagu Cover Dari Terburuk Ke Terb...

    The Metallica Blacklist merupakan album kompilasi "tribute" yang paling megah dalam sejarah musik. Bagaimana tidak, mega proyek ini menampilkan 53 artis li

    on Sep 23, 2021