×
×

Search in Mata Mata Musik

Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album “Donda” Tanpa Izinnya

Posted on: 08/30/21 at 11:00 am

Kanye West, photo via Getty
Kanye West (Foto: Getty Images).

Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album ini merupakan album studio ke-10 Kanye hingga saat ini. Berjarak dua tahun sejak album studio ke-9 yang berjudul Jesus Is King dirilis.

Baca juga : Inspirasi album Donda milik Kanye West berasal dari mendiang ibunya

Donda sendiri diambil dari nama ibu Kanye yang meninggal pada 2007 di usia 58 tahun pasca menjalani beberapa operasi kecantikan.

Album ini mengalami beberapa kali penundaan karena kegiatan promosi dilakukan secara umum untuk melakukan public listening, sejauh ini sudah dilangsungkan di tiga tempat yaitu Las Vegas, Atlanta dan Chigago. Bahkan untuk kelangsungan acara, Kanye sempat tinggal di Stadion Mercedez Benz selama periode musim panas ini.

Kolaborasi di album Kanye West sarat kontroversi

Mencakup total 27 lagu. Album ini diramaikan oleh segenap nama beken seperti The Weekend, Travis Scott, Ariana Grande, Pusha-T, Young Thug, dll. Namun ada sederet nama musisi yang mengundang kontroversi turut berkontribusi dalam album ini. Kanye mengajak Marilyn Manson (terdakwa dalam kasus predator seksual), Dababy (pelaku homophobia) dan Chris Brown (pelaku kekerasan rumah tangga).

Marilyn Manson turut berpartisipasi bersama Kanye dalam lagu yang berjudul ‘Jail’, Chris Brown berkontribusi untuk lagu ‘New Again’, dan DaBabby turut bekerja sama dalam menulis lagu ‘Jail pt. 2’.

Namun dalam kabar baru Kanye menginformasikan bahwa Universal Music merilis album Donda tidak melalui izinnya terlebih dahulu. Hal ini diberitakan oleh Kanye sendiri melalui akun Instagramnya.

Kanye juga mengklaim bahwa Universal memblokir lagu berjudul ‘Jail pt. 2’ agar tidak muncul dalam album tersebut. Meskipun sampai saat ini kita masih bisa mendengarkannya di platform streaming musiko bersamaan dengan 26 lagu lainnya.

Promosi pertama Donda secara resmi rilis dalam iklan Beats by Dre, menampilkan lagu Kanye yang berjudul ‘No Child Left Behind’ dibantu oleh Sha’carri Richardson mempromosikan lagu-lagu lainnya dalam album tersebut.

Baca juga: Kanye West, Musisi Terkaya, Serial Dokumenternya Tayang Di Netflix

Artwork awal album Donda

Artwork album Kanye West Donda.
Artwork album Kanye West Donda.

Penulis, Penerjemah & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Edamame

    'Edamame' bbno$ & Rich Brian, Melting Pot Hip Hop Yang Asoy

    Kolaborasi musikal antara bbno$ (dibaca: baby no money) dengan Rich Brian, di lagu ‘Edamame’ ternyata berhasil membuat heboh serta menghasilkan respons

    on Oct 9, 2021
    Limp BIzkit

    Limp Bizkit Merilis Lagu 'Dad Vibes' Setelah Debut Live Di Lollapalooz...

    Sampul lagu terbaru Limp Bizkit. Panggung perdana Limp Bizkit setelah sekian lama tertunda akibat pandemi akhirnya dipecahkan di gelaran festival Lollapaloo

    on Oct 1, 2021
    David Bowie

    David Bowie Merilis Album "Toy" Yang Sempat Dilupakan Tahun 2011

    David Bowie (Foto: Frank W. Ockenfels 3). Sebuah album studio milik David Bowie yang tidak pernah dirilis sebelumnya akhirnya akan dirilis secara resmi seha

    on Sep 30, 2021
    Ad Infinitum

    Ad Infinitum Merilis MV 'Afterlife' Jelang Album "Chapter II - Legacy"

    Ad Infinitum, mungkin nama yang asing bagi sebagian orang. Tetapi tidak bagi kalangan penggemar heavy metal. Band symphonic metal ini merilis lagu kedua me

    on Sep 30, 2021