×
×

Search in Mata Mata Musik

Upaya Beyonce Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Sebagai Seorang Ibu

Posted on: 01/9/20 at 1:25 pm

Beyonce Knowles (Foto: Instagram)

Beyonce Knowles memiliki banyak kesibukan: Dia adalah penyanyi, produser, aktris dan pengusaha – dia memiliki merek athleisure Ivy Park dan seorang CEO perusahaan manajemen Parkwood Entertainment – serta dia adalah ibu dari Blue Ivy (usia 7 tahun) dan anak kembarnya Rumi dan Sir (usia 2 tahun).

Bahkan mantan personil Destiny’s Child yang dikenal dengan lirik khasnya “who run the world? girls” ini kadang-kadang merasa stres dengan ‘dunia’ pekerjaannya.

Baca juga: Akankah Beyoncé Tandingi Perolehan Grammy Alison Krauss Tahun Ini?

“Saya pikir hal yang paling repot bagi saya adalah menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan,” kata Beyonce kepada Elle dalam menjawab pertanyaan dari pengguna Instagram yang mengatakan bahwa ia selalu tampak “memegang kendali”.

“Memastikan saya hadir untuk anak-anak saya, mengantar Blue Ivy ke sekolah, membawa Rumi dan Sir ke kegiatan mereka, meluangkan waktu untuk kencan malam dengan suami saya (Jay Z), berada di rumah tepat waktu untuk makan malam bersama keluarga saya dan semua itu dilakukan sambil menjalankan perusahaan, itu rasanya sulit,” ungkap Beyonce kepada Elle.

Beyonce dan sang suami, Jay-Z beserta putrinya, Blue Ivy (Foto; YouTube)

Beyonce adalah seorang miliarder independen senilai 400 juta Dollar AS tertanggal pada Juni, menurut Forbes, dan suaminya, Jay-Z alias Shawn Carter, adalah rapper pertama yang menjadi miliarder sejak bertahun-tahun silam. Mereka bisa mendapatkan pasukan bantuan jika mereka mau, tetapi Beyonce mengakui bahwa jenis-jenis stres seperti ini bersifat universal untuk orangtua yang bekerja.

“Mengorganisir semua peran itu bisa membuat stres, tapi saya pikir itu adalah hidup seorang ibu yang bekerja,” kata Beyonce kepada Elle. Kenyataan itu adalah salah satu alasan mengapa Beyonce mempekerjakan wanita dalam posisi kepemimpinan di Parkwood Entertainment.

“Saya percaya bahwa wanita itu lebih seimbang dan berpikir dengan empati dalam memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis,” katanya kepada Elle. “Mereka melihat gambaran besar tanpa adanya agenda pribadi. Kebanyakan wanita loyal dan berkomitmen dengan pelaksanaan 100 persen”.

Beyonce juga mengatakan bahwa dia berharap anak-anaknya, terutama putrinya, dapat belajar dengan melihat contoh panutan wanita yang kuat dan sukses, tulisnya dalam sebuah esai untuk Vogue pada bulan Agustus.

Baca juga: Beyoncé Kantongi 4 Nominasi di Grammy Awards 2020

“Penting bagi saya bahwa mereka dapat melihat diri mereka sebagai CEO, sebagai bos, dan mengetahui bahwa mereka dapat menulis naskah untuk hidup mereka sendiri – bahwa mereka mampu mengutarakaan pendapat mereka dan tidak ada yang dapat menghentikan mereka”.

Namun, bertumbuh dewasa sambil melihat “kedua orang tua mereka bertindak seolah-olah mereka adalah pahlawan super” juga bisa menjadi hal yang buruk, ucap Beyonce kepada Elle, karena itu akan mengajarkan perempuan untuk “fokus merawat orang lain sebelum diri mereka sendiri.” Mengingat itu, Beyonce mengatakan bahwa ia istirahat setahun setelah kehamilann anak kembarnya, Rumi dan Sir, hanya untuk fokus pada kesehatannya.

Itu adalah sebuah kemewahan yang sebagian besar orang Amerika tidak mampu miliki. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara berindustri yang tidak memberi warga negaranya cuti keluarga berbayar yang dijamin untuk orang tua baru. Sebuah survei baru-baru ini terhadap 2.966 orang Amerika oleh NORC di Universitas Chicago menemukan bahwa hampir setengah dari para ibu dan ayah setelah kelahiran atau adopsi anaknya bahkan tidak dapat mengambil cuti dua hari, dibayar atau tidak dibayar.

Dan untuk rutinitas perawatan diri Beyonce saat ini mencakup hal-hal seperti “akupunktur, meditasi, visualisasi, dan latihan pernapasan,” ucapnya kepada Elle.

Blue Ivy yang barusan ulang tahun ke-7 bersama Mama Bey (Foto: Alberto E. Rodriguez/GettyImages)

Beyonce dan suaminya, Jay Z, kerap menutup kehidupan pribadi keluarga mereka. Anak-anak mereka hanya sesekali muncul di depan publik untuk acara tertentu. Namun, kadang Beyonce secara tak terduga mau berbagi cerita keluarganya kepada publik. Pada cerita sampul majalah Elle Januari 2020, ia juga mengungkapkan pengalaman ketika mengalami keguguran. Hal tersebut terjadi sebelum kelahiran Blue Ivy pada 2012.

Pengalaman tersebut membuat ia berpikir ulang mengenai perjalanan kariernya. “Aku mulai mencari makna hidup yang lebih dalam ketika mempelajari hal yang tidak kuketahui dalam hidup,” ujar Bey (panggilan akrab Beyonce) menjawab pertanyaan seorang penggemar yang mempertanyakan album Lemonade yang mendapat banyak kritik pedas. “Arti sukses terlihat berbeda bagiku sekarang,” imbuhnya.

Baca juga: Beyoncé Luncurkan Video Musik untuk “Spirit”

Beyonce menuturkan, rasa sakit dan kehilangan pada kenyataannya ialah berkah. Mengalami keguguran membuatnya sadar, ia harus mengasuh dirinya sendiri sebelum ia dapat menjadi seorang ibu. “Ketika Blue lahir, pencarianku menjadi semakin dalam. Aku jatuh dan bangun dalam hubunganku, pencarian jati diri menjadi lebih lebih kuat lagi. Sulit untuk berbalik,” tandasnya.

“Menjadi nomor satu bukanlah prioritasku lagi. Keberhasilanku adalah menciptakan seni dan legasi yang akan berlangsung lama. Itu lebih dari cukup,” pungkas Si Ratu Bey.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Beyonce

Berkultur “Black”, Beyoncé Rilis MV ‘Already’ Fitur Major Laz...

Beyonce dalam MV 'Already'. (Foto: YouTube). Album visual Beyoncé, Black Is King, baru saja dirilis pada Jum’at (31 Juli) lalu, bersama dengan MV (Music

on Aug 1, 2020
Beyonce

Beyoncé Narasikan Trailer Baru ‘Black Is King’, Album Visual Baru...

Beyonce. (Foto: Joel C Ryan/Invision/AP). Trailer baru untuk Black Is King telah dirilis! Teaser itu dirilis pada hari Minggu (19 Juli) dan menampilkan Beyo

on Jul 21, 2020
Beyonce 'Black is King'.

Beyoncé Akan Rilis Album Visual Baru Berjudul ‘Black Is King’ Mel...

Beyoncé akan rilis album aisual baru berjudul ‘Black Is King’. Superstar R&B dan Pop, Beyoncé, telah mengumumkan sebuah album visual baru berjudul

on Jun 29, 2020
Beyonce

Beyoncé Rilis ‘Black Parade’, Lagu Baru Tribute Untuk Perayaan Ju...

Beyonce. (Foto: Andrew D. Bernstein/NBAE via Getty Images). Beyoncé telah bertindak besar-besaran untuk menghormati perayaan Juneteenth tahun ini, hari yan

on Jun 23, 2020