×
×

Search in Mata Mata Musik

Update Baru YouTube Music Bikin Tambah Mirip Spotify

Posted on: 10/30/19 at 7:17 pm

YouTube Music baru saja diberikan dua pembaruan kecil yang cukup bermanfaat: dukungan penuh untuk Siri, dan dukungan untuk dipasang sebagai aplikasi web desktop.

Baca juga: Kebijakan Baru YouTube Untuk Video Musik Terlaris Dalam 24 Jam!

Buat kamu pengguna perangkat iOS, kamu sekarang bisa meminta Siri memutar lagu langsung dari YouTube Music. 

Selama ini, Siri tidak mendukung sumber musik yang bukan produk Apple. Namun di iOS 13, Apple menambahkan kemampuan Siri untuk mengakses aplikasi pihak ketiga dengan pembaruan yang sudah lama dinantikan. 

Spotify menambahkan dukungan untuk fitur ini pada awal bulan, dan sekarang YouTube mengikutinya dengan dukungan dari layanan streaming musiknya sendiri.

Fitur lainnya yang juga baru dirilis, dukungan aplikasi web desktop, memungkinkan pengguna untuk memiliki aplikasi YouTube Music sendiri di komputer, daripada harus mengunjungi situsnya di browser. 

Karena ini aplikasi web, tidak ada banyak perbedaan dari sekadar mengunjungi situs webnya, tetapi cukup menyenangkan saat pemutar musik berada di window-nya sendiri, tanpa antarmuka browser di sekitarnya. Dukungan ini juga dilengkapi dengan ikonnya sendiri untuk mempermudah peluncuran aplikasi.

Kalau kamu ingin menginstal aplikasi webnya, browser kemungkinan akan menambahkan ikon kecil di sisi kanan address bar saat kamu mengunjungi YouTube Music.

Aplikasi web tampaknya masih belum bisa dinikmati semua orang, tetapi YouTube berjanji masalah ini akan segera diatasi.

Baca juga: Video Musik “ME!” Pecahkan Rekor di YouTube

Kedua fitur ini membuat YouTube Music sedikit lebih mirip dengan pesaingnya, Spotify, dalam hal dukungan platform bawaan. 

Spotify, selain memiliki pemutar di web, juga mempunyai aplikasi desktop (meskipun jauh dari sempurna). Aplikasi YouTube Music memang bukan bawaan, tapi ini langkah ke arah yang benar agar pengguna merasa nyaman di setiap platform.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021