×
×

Search in Mata Mata Musik

Update Baru YouTube Music Bikin Tambah Mirip Spotify

Posted on: 10/30/19 at 7:17 pm

YouTube Music baru saja diberikan dua pembaruan kecil yang cukup bermanfaat: dukungan penuh untuk Siri, dan dukungan untuk dipasang sebagai aplikasi web desktop.

Baca juga: Kebijakan Baru YouTube Untuk Video Musik Terlaris Dalam 24 Jam!

Buat kamu pengguna perangkat iOS, kamu sekarang bisa meminta Siri memutar lagu langsung dari YouTube Music. 

Selama ini, Siri tidak mendukung sumber musik yang bukan produk Apple. Namun di iOS 13, Apple menambahkan kemampuan Siri untuk mengakses aplikasi pihak ketiga dengan pembaruan yang sudah lama dinantikan. 

Spotify menambahkan dukungan untuk fitur ini pada awal bulan, dan sekarang YouTube mengikutinya dengan dukungan dari layanan streaming musiknya sendiri.

Fitur lainnya yang juga baru dirilis, dukungan aplikasi web desktop, memungkinkan pengguna untuk memiliki aplikasi YouTube Music sendiri di komputer, daripada harus mengunjungi situsnya di browser. 

Karena ini aplikasi web, tidak ada banyak perbedaan dari sekadar mengunjungi situs webnya, tetapi cukup menyenangkan saat pemutar musik berada di window-nya sendiri, tanpa antarmuka browser di sekitarnya. Dukungan ini juga dilengkapi dengan ikonnya sendiri untuk mempermudah peluncuran aplikasi.

Kalau kamu ingin menginstal aplikasi webnya, browser kemungkinan akan menambahkan ikon kecil di sisi kanan address bar saat kamu mengunjungi YouTube Music.

Aplikasi web tampaknya masih belum bisa dinikmati semua orang, tetapi YouTube berjanji masalah ini akan segera diatasi.

Baca juga: Video Musik “ME!” Pecahkan Rekor di YouTube

Kedua fitur ini membuat YouTube Music sedikit lebih mirip dengan pesaingnya, Spotify, dalam hal dukungan platform bawaan. 

Spotify, selain memiliki pemutar di web, juga mempunyai aplikasi desktop (meskipun jauh dari sempurna). Aplikasi YouTube Music memang bukan bawaan, tapi ini langkah ke arah yang benar agar pengguna merasa nyaman di setiap platform.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Spotify Hadirkan Fitur Live Stream: Virtual Event Dengan Songkick & Ti...

Spotify Virtual Event. Spotify pada hari ini, 16 September 2020 resmi mengumumkan peluncuran fitur acara virtual, yang memungkinkan para penggemar musik ter

on Sep 16, 2020
Jimin-Jennie-PSY

30 Peringkat Lagu Oleh Artis Solo K-Pop Yang Paling Sering Diputar Di ...

Foto: Jimin BTS (Babyitsu) / Jennie BLACKPINK (Scott Dudelson/Getty Images), PSY (via YouTube). Spotify telah menjadi salah satu platform musik streaming ya

on Sep 14, 2020
Midtown Carousel band

Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

on Sep 13, 2020
Michael Sweet

Michael Sweet (Stryper) Nggak Sabar Menunggu Spotify Akhirnya Musnah

Michael Sweet (Stryper). Pentolan Stryper, Michael Sweet adalah musisi terbaru yang mempermasalahkan saran CEO Spotify Daniel Ek yang mengatakan bahwa artis

on Aug 14, 2020