×
×

Search in Mata Mata Musik

Usai Menjual Seluruh Katalog Musiknya, Bob Dylan Digugat Rp 100 Miliar

Posted on: 01/27/21 at 10:00 am

Usai Menjual Seluruh Katalog Musiknya, Bob Dylan Digugat Rp 100 Miliar
Penampilan live lawas Bob Dylan circa Mei 1974. (Foto: Steve Morley/Redferns).

Bob Dylan telah menjual hak penerbitan musik dari seluruh katalog penulisan lagunya ke Universal Music Publishing pada bulan Desember 2020 lalu.

Baca juga: Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 Triliun!

Menurut New York Times, kesepakatan itu bernilai sekitar US$ 300 juta (sekitar Rp 4,2 triliun), dan memberikan kepemilikan Universal Music atas lebih dari 600 lagu Bob Dylan selama hampir enam dekade kariernya. Kesepakatan itu mencakup lagu-lagu klasik Dylan awal seperti ‘Blowin ‘in the Wind’, ‘The Times They Are A-Changing”, dan ‘Like a Rolling Stone’ melalui album terbarunya, Rough and Rowdy Ways tahun ini.

Namun sayangnya, penyanyi folk legendaris itu, pada 22 Januari lalu mendapat gugatan yang diajukan oleh istri Jacques Levy dan perusahaan penerbitannya. Jacques Levy adalah kolaborator Bob Dylan yang ikut menulis lagu-lagu dari album rilisan tahun 1976, Desire (termasuk ‘Hurricane’ dan ‘Isis’). Gugatan tersebut meminta hak bagian royalti sebesar US$ 7,25 juta (sekitar Rp 101,9 miliar), sebagaimana laporan ini dilansir dari New York Post.

Gugatan tersebut mengklaim bahwa tim Bob Dylan berutang kepada keluarga Levy sebesar 35% dari pendapatan yang diperoleh dari lagu-lagu yang ditulis bersama Levy. Lebih lanjut disebutkan bahwa tim Dylan telah “menolak untuk mengirimkan kepada (keluarga Levy) bagian yang sah dari pendapatan dan/atau pendapatan yang diperoleh dari penjualan katalog musik sehubungan dengan komposisi”.

“Gugatan ini merupakan upaya menyedihkan untuk mengambil untung secara tidak adil dari penjualan katalog baru-baru ini,” kata pengacara Dylan, Orin Snyder, dalam pernyataannya kepada Pitchfork. “Penggugat telah dibayar semua hutangnya. Kami yakin bahwa kami akan menang. Dan jika kami melakukannya, kami akan meminta pertanggungjawaban penggugat dan penasihat hukum mereka atas kasus yang tidak bermanfaat ini”.

Baca juga: Neil Young Menjual Separuh Hak Cipta Dari 1.180 Lagu Asli Yang Ditulisnya

Pitchfork pun telah menghubungi Universal Music Group, yang terdaftar bersama Bob Dylan sebagai tergugat dalam gugatan tersebut.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Bob Dylan

    Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 ...

    Bob Dylan. (Foto: Bob Dylan). Musisi kawakan nan legendaris Bob Dylan telah mencapai kesepakatan dengan Universal Music Group untuk menjual seluruh katalog

    on Dec 8, 2020
    Little Richard

    Tribute Untuk Little Richard Dari Elton John, Mick Jagger, Bob Dylan, ...

    Little Richard di masa aktif bermusik terakhirnya sebelum pensiun. (Foto: Vince Bucci/Getty Images). Berbagai musisi dan selebriti papan atas, bahkan sebagi

    on May 11, 2020
    Bob Dylan.

    Bob Dylan Lagi-lagi Rilis Lagu Baru, Judulnya ‘I Contain Multitudes...

    Bob Dylan saat tampil live di Los Angeles, AS. (Foto: Chris Pizzello/AP/REX/Shutterstock). Setelah meraih single No. 1 pertamanya, penyanyi folk legendaris

    on Apr 19, 2020
    Chris Martin meng-cover lagu Bob Dylan.

    Chris Martin (Coldplay) Nyanyikan Lagu Bob Dylan Di Acara ‘SNL At Ho...

    Chris Martin meng-cover lagu Bob Dylan. (Foto: Getty Images). Vokalis Coldplay, Chris Martin, membawakan versi akustik dari lagu ‘Shelter From the Storm

    on Apr 13, 2020