×
×

Search in Mata Mata Musik

Venue Baru Khusus Social Distancing di Inggris Gelar Konser Musik Pertamanya

Posted on: 08/14/20 at 7:00 am

Konser Sam Fender sebagai debut konser di venue physical distancing, Newcastle, Inggris. (Foto: Jonathan Morgan / Twitter).
Konser Sam Fender sebagai debut konser di venue physical distancing, Newcastle, Inggris. (Foto: Jonathan Morgan / Twitter).

Venue musik outdoor baru di Inggris yang dibuat khusus “social distancing”, Virgin Money Unity Arena, menyelenggarakan konser musik resmi pertamanya pada Selasa malam lalu. Musisi indie-rock Sam Fender memainkan konser sold out itu di hadapan audiens di kota Newcastle, Inggris, yang semuanya tampaknya mematuhi aturan dan regulasi kesehatan setempat.

Baca juga: Konser Musik “Indoor” New Normal Pertama di Inggris Bikin Bangkrut!

Total ada 2.500 penonton yang hadir untuk konser live Selasa malam itu, menurut laporan dari NME. Mereka menonton konser dari platform tinggi yang berjarak dua meter, makanan dan minuman yang dipesan sebelumnya dengan aman menggunakan sistem satu arah yang diterapkan dalam arena, dan mengakses fasilitas toilet melalui lorong satu arah yang serupa.

Venue Baru Khusus Social Distancing di Inggris Gelar Konser Musik Pertamanya
Foto: AP.

Video dari acara tersebut mengungkapkan bahwa acara berjalan aman dan masuk akal, dengan performa musiknya juga berjalan lancar sesuai rencana. Sam Fender memainkan setlist berisi 16 lagu di panggung seukuran festival musik itu, dan sepertinya itu bisa didengar dari kursi paling belakang yang cukup jauh.

“Selamat untuk Newcastle, selamat untuk Sam Fender!!!! Kami baru saja pulang, saya telah berkendara lebih dari 8 jam hari ini dan semuanya sepadan!” tulis salah satu peserta konser itu, Jonathan Morgan di Twitter. “Saya nggak pernah berpikir saya akan melihat Sam Fender secara langsung tahun ini setelah tiket saya untuk (konser) Birmingham dijual tanpa saya sadari dan kemudian ada (wabah) COVID-19. Hari ini sangat epik!!”.

Baca juga: Jaga Jarak Penonton Dalam Konser Merugikan Promotor, Inggris Kasih Solusinya!

Namun, ada beberapa penggemar lain yang tetap skeptis, bukan karena itu nggak aman, tetapi karena itu memisahkan audiens sebuah konser live dari euforia menonton konser live secara keseluruhan. Dalam beberapa klip, obrolan di sekitar orang-orang hampir lebih keras daripada musiknya, menciptakan kembali nuansa festival musik yang kurang harmonis. “Gue suka Sam Fender, tapi kalau ini tetap terjadi di masa depan, gue minggat deh,” cuit Ashley Smith di Twitter. “Bukan itu gunanya konser bagi gue. Itu adalah suasana dikelilingi oleh orang lain yang sama-sama tertarik dengan apa yang terjadi di panggung sambil menikmati kehidupan”.

Virgin Money Unity Arena akan terus menyelenggarakan konser berbasis social distancing selama bulan Agustus dan September. Para artis yang akan tampil termasuk The Libertines, Supergrass, Two Door Cinema Club, dan Van Morrison.

Sementara itu, di Amerika Serikat (AS), CEO Live Nation yakin konser musik live akan dapat kembali berjalan lancar pada musim panas 2021 mendatang, bahkan jika eksekutif musik lain yakin bahwa tahun 2022 adalah target yang lebih masuk akal. Namun, untuk saat ini, sebagian besar industri musik live tetap tersisihkan, kecuali band-band seperti Smash Mouth dan Trapt, yang terus menentang saran dari pakar kesehatan dengan memainkan konser live yang ramai dan padat di tengah pandemi.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Live Nation

    Saham Live Nation Capai Titik Tertinggi Saat Pendapatannya Capai Titik...

    Live Nation Entertainment baru-baru ini mempublikasikan hasil laporan finansial tutup tahun 2020 mereka. Pendapatannya menurun 92% pada kuartal keempat dib

    on Feb 26, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021
    Konser

    Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

    Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

    on Jan 12, 2021