×
×

Search in Mata Mata Musik

Veteran Hardcore Stepforward Peringati 25 Tahun Dengan Rilisan Vinyl Baru

Posted on: 05/23/20 at 12:00 pm

Stepforward.
Stepforward, ki-ka: Junas, Jill, Ricky, Fajar. (Foto: Facebook Stepforward).

Di tengah pandemi pid kopad kopid yang memuakkan ini, untungnya masih banyak juga berita gembira, terutama dari scene musik Tanah Air setelah dibombardir tiap hari berita membosankan dari media mainstream. Salah satunya berita menyenangkan dari band hardcore veteran Jakarta, Stepforward.

Pada hari Sabtu (23 Mei) siang, gitaris Stepforward yang oleh generasi milenial lebih dikenal sebagai gitaris Seringai, Ricky Siahaan memposting di akun media sosialnya pengumuman rilisan vinyl 7″ baru dari Stepforward dalam rangka memperingati 25 tahun eksistensinya:

“Dimulai dari ide sahabat lama kami @stockroomrecordings yang berniat merilis sesuatu dalam rangka ulang tahun ke 25 unit HC ini, akhirnya rencana bisa kami wujudkan. Ayo pasang pre-order mu bila tertarik. Akan ada dua lagu “Solitaire” dan “Saksi Imaji” yang sebenarnya sudah direkam di tahun 2003. Sebagai info, label yang akan merilis 7 inci ini @stockroomrecordings dan pembuat photo cover @easybeats75 adalah para pendiri band ini di tahun 1995”.

Pada pertengahan 2016 lalu, Stepforward kembali setelah hampir lima tahun vakum dari scene musik Indonesia. Stepforward sempat eksis pada periode 1995-2002, kemudian vakum. Pada periode 2005-2007 sempat aktif, namun kembali vakum. Kemudian di tahun 2011 mereka kembali reuni untuk tampil di sebuah festival besar Java Rockin Land tahun 2011, namun sayang, setelah itu mereka kembali memutuskan vakum.

Formasi solid Stepforward masih dihuni oleh Jennifer Jill (vokal), Ricky Siahaan (gitar), Junas Miradiarsyah (bass), dan Fajar Arifan (dram). Pada akhir bulan Mei 2016, Stepforward melakukan pertunjukan reuni untuk kali pertama di Manado Mayhem Fest, kota Manado. Dan disusul dengan penampilan di beberapa konser termasuk di Synchronize Fest, Jakarta dan Rock in Celebes, Makassar.

Selama periode eksistensinya, Stepforward tercatat telah merilis beberapa single lepas untuk album kompilasi lokal era 1990-an hingga 2000-an awal seperti Breathless (1997), Ticket To Ride (2000), Keep It United (2000), The Riot Compilation (2006), dan The Art of Metal (2007). Album full-length mereka, Stories Of Undying Hope (Pinball Records, 2001) cukup berpengaruh untuk scene hardcore/metalcore lokal saat itu.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Bring Me The Horizon

Bring Me The Horizon Kasih Kode Cuplikan Sedang Rekaman Lagu Baru

Bring Me The Horizon saat di Grammy Awards 2020. (Foto: Steve Granitz/WireImage). Bukan rahasia lagi bahwa Bring Me The Horizon (BMTH) sedang sibuk di studi

on May 23, 2020
Paddy Bowden

Mantan Istri Bruce Dickinson (Iron Maiden), Paddy Bowden Wafat

Bruce Dickinson dan Paddy Bowden sebelum bercerai. (Foto: Danny Martindale, WireImage/Getty Images). Paddy Bowden, mantan istri vokalis Iron Maiden, Bruce D

on May 19, 2020
Asking Alexandria

Asking Alexandria Rilis Video Keren Single ‘House On Fire’ Dari Al...

Asking Alexandria. (Foto: GCM). Jagoan metalcore asal Inggris Asking Alexandria telah merilis video musik untuk single terbaru mereka ‘House On Fire’. I

on May 13, 2020
Inlander

INLANDER Kembali Menggugah Kesadaran Lewat 'The Real Weapon'

Inlander, ki-ka: Firman (dram), Radhit (gitar), Bani (vokal), Tomi (bass). Pertama kali melihat cover album terakhir Inlander yang berjudul Ultimatum cukup

on May 12, 2020