×
×

Search in Mata Mata Musik

Vicky Mono, Mantan Vokalis Burgerkill, Melepas Lagu Debut Solonya

Posted on: 09/17/21 at 12:00 pm

Vicky Mono, Mantan Vokalis Burgerkill, Rilis Lagu Debut Solonya, 'Putra Sang Fajar'

Vicky Mono sebelumnya lebih dikenal sebagai vokalis Burgerkill, band metal nomor wahid Indonesia. Beberapa bulan terakhir, telah beredar luas rumor bahwa Vicky hengkang dari band yang membesarkan namanya tersebut. Dan rumor tersebut lantas berubah menjadi fakta dengan pihak Burgerkill mengumumkan perpisahan resminya di media sosial walau secara tidak gamblang.

Baca juga: Eben Burgerkill Meninggal Dunia Setelah Pingsan Di Lokasi Syuting

Mungkin inilah salah satu alasan di balik keputusan terbesar yang pernah dibuat Vicky, yaitu doi ingin berkarier solo. Pada hari Minggu, 29 Agustus 2021 lalu Vicky melepas sebuah lagu debutnya sebagai solois yang bertajuk ‘Sang Putra Fajar’. Lagu tersebut diluncurkan oleh Vicky sebagai penghormatan untuk Ir. Soekarno, nampaknya hadir masih dalam euforia bulan kemerdekaan Indonesia. Dan yup, kali ini Vicky tidak ber-guttural scream seperti di Burgerkill, melainkan jauh dari kesan gahar. Vicky kini memiliki zona nyaman baru di ranah pop, shoegaze dan alternative rock yang jika dilebur menjadi post-rock.

Vicky Mono Tentang ‘Putra Sang Fajar’

Sesuai dengan judulnya, Vicky menceritakan sosok seorang Ir. Soekarno melalui lagu debutnya ini. Lagu ‘Sang Putra Fajar’ juga akan menjadi soundtrack dari pentas seni Bung Karno Series: Besok atau Tidak Sama Sekali.

“Secara keseluruhan, debut single ini mencerminkan tentang keteduhan dan keteguhan Sang Putra Fajar, hingga perjuangannya telah sampai pada titik akhir. Dia mulai dilupakan dan kenangan saat kejayaan mulai hilang tergerus zaman”, tulis Vicky.

Dalam proyek solo ini, tentu saja Vicky tidak sendiri, karena doi bukan Dewi Durga yang tangannya banyak, hehe. Vicky turut ditemani oleh sederet musisi lainnya yang tergabung dalam kolektif bernama Suarahgaloka Musik. Kolektif tersebut dihuni oleh nama-nama yang sudah tidak asing lagi di kancah musik Bandung. Mereka adalah Harry Koi (Under The Big Bright Yellow Sun, Trou, Balaruna) – dram, Ibrahim Adi (Pohaci Studio, Flukeminimix) – gitar, Raden Hilman – bass, Aria Ardikoesoema – strings/brass/synthetizer/vokal latar, Irwan Darmawan – bangsing.

“Lagu ini bukan hanya berbicara tentang kelahiran, tetapi lagu ini pun bisa menjadi sebagai pengingat bagi diri kita sendiri,” imbuh Vicky.

Bagian awal lagu ini memiliki nuansa waditra alias instrumen musik degung yang menghampiri telinga dengan lembut. Kemudian disusul oleh nuansa post-rock yang shoegazing dan alternative rock di bagian akhir. Serta terdapat potongan pidato dari Ir. Soekarno yang menjadi jembatan perubahan nuansa tersebut.

Baca juga: Burgerkill “Melampaui Koma & Keputusasaan” (In Memoriam Eben & Ivan)

Selamat menyimak MV (Music Video) ‘Sang Putra Fajar’ dari Vicky Mono.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Burgerkill Beyond Coma and Despair Ivan dan Eben

    Burgerkill "Melampaui Koma & Keputusasaan" (In Memoriam Eben & Ivan)

    Didedikasikan untuk almarhum Ivan dan Eben. Burgerkill adalah jawara metal nomor wahid di Indonesia bahkan Asia Tenggara dalam hal pencapaian prestasi dalam

    on Sep 6, 2021
    Eben Burgerkill

    Eben Burgerkill Meninggal Dunia Setelah Pingsan Di Lokasi Syuting

    Foto: Facebook.com/TrueMegabenz. Eben Burgerkill, begitu musisi ini dikenal, sosok musisi metal teladan yang banyak dikagumi sesama musisi terutama para Beg

    on Sep 3, 2021
    Under The Big Bright Yellow Sun

    Under The Big Bright Yellow Sun Suarakan Kemerdekaan Berekspresi

    kolaborasi seni musik dan seni pantonim Wanggi Hoed dan UTBBYS Apa jadinya jika seni pantonim dipadukan dengan iringan musik yang dibawakan oleh band yang p

    on Aug 25, 2021