×
×

Search in Mata Mata Musik

Vinyl Sumbang Sepertiga Hasil Penjualan Musik Fisik

Posted on: 03/2/19 at 1:45 pm

Laporan baru dari RIAA menunjukkan ada pertumbuhan berkelanjutan untuk layanan streaming berbayar dan penurunan signifikan pada penjualan CD.

Oleh: Amy X. Wang (Rolling Stone)

Selama tiga tahun berturut-turut, bisnis musik rekaman AS di tahun 2018 diberkahi dengan pertumbuhan dua digit terutama karena meledaknya jumlah pelanggan layanan streaming musik, menurut angka yang dirilis pada hari Kamis (7/2) oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (Recording Industry Association of America/RIAA).

Laporan tahunan, yang mencatat penjualan di seluruh platform digital dan fisik, menemukan bahwa streaming berbayar terus menjadi pendorong terbesar pertumbuhan industri musik sementara pendapatan penjualan CD mencapai level terendah dalam 32 tahun terakhir. 

Pendapatan dari musik rekaman secara keseluruhan tumbuh 12 persen dari 2017 ke 2018, mencapai $9,8 miliar dalam estimasi nilai eceran. Pendapatan streaming menyumbang $7,4 miliar, atau 75 persen, dari angka tersebut, dengan langganan (seperti layanan berbayar Apple Music dan Spotify) sebagai kontributor terbesar. “Anda bisa merasakan peningkatan kegembiraan dan optimisme di ruang label rekaman, dan ini adalah momen yang patut dirayakan,” kata ketua dan CEO RIAA Mitch Glazier dalam sebuah pernyataan yang menyertai laporan tersebut. “Hasil luar biasa dari komunitas artis memicu prestasi bersejarah sebanyak 50 juta pelanggan layanan musik, yang dengan demikian membantu mendorong pertumbuhan dua digit di industri musik dalam tiga tahun berturut-turut.”

Baca Juga: Psychedelic Rock Australia, POND, Rilis Album!

Glazier juga menyebut adanya peningkatan pendapatan berkelanjutan—yang kontras dengan penurunan penjualan yang terus menerus selama dua dekade yang harus dilalui industri musik sebelum segalanya akhirnya mulai berbalik di tahun 2016—sebuah tanda bahwa industri ini “telah merangkul masa depan dan menemukan kemajuan yang sehat dalam ekonomi digital.”

Kata-kata yang perlu diperhatikan yaitu “masa depan” dan “digital.” Menurut RIAA, pendapatan dari pengiriman produk fisik tahun lalu turun ke angka $1,15 miliar, turun sebesar 23 persen dari 2017, dan pendapatan CD khususnya turun 34 persen; CD meraup penghasilan sebesar $698 juta tahun lalu, menandai kali pertama format itu mencatat pendapatan sub-miliar-dolar sejak tahun 1986. Vinyl adalah satu-satunya yang terus berada di titik terang, dengan peningkatan sebesar 8 persen pada periode yang sama, menjadi $419 juta, yang merupakan angka tertinggi untuk kategori ini sejak 1988. Itu artinya, dari segi nilai, vinyl kini menyumbang lebih dari sepertiga pendapatan musik fisik.

Baca Juga: Demo “I’m Waiting For The Man” Lou Reed Perdana Disiarkan!

Tren seperti itu, sebagian, merupakan cerminan dari preferensi pendengar, tetapi juga merupakan hasil dari keputusan yang dibuat oleh industri musik itu sendiri: Semakin dikit orang yang membeli album dalam format CD, label rekaman mulai memproduksi lebih sedikit CD, dan memfokuskan upaya mereka pada rilisan digital. Demikian pula, vinyl akan menjaga jumlah produksinya selama penggemar piringan hitam yang hobi bernostalgia terus mencarinya.

Keterangan Foto Utama: Vinyl adalah satu-satunya format fisik yang terus berada di titik terang, yang mengantongi pendapatan terbesar sejak tahun 1988 di tahun lalu. (Foto: Lnp/REX/Shuttersto/Stephen Chung)

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pearl Jam

Sesi Pearl Jam di MTV Unplugged Akan Perdana Rilis dalam Versi Vinyl

Set berisi tujuh lagu ini akan dirilis untuk acara Black Friday Record Store Day. Penampilan Pearl Jam di MTV Unplugged pada tahun 1992 akan segera bisa d

on Nov 7, 2019
Lil Nas X

Lagu Lil Nas X “Old Town Road” Kantongi Sertifikat Diamond RIAA

Lagu country-trap milik Lil Nas X bersama Billy Ray Cyrus menjadi salah satu dari hanya 32 lagu yang mendapat sertifikat Diamond dari Recording Industry Associ

on Oct 25, 2019
Interpol Umumkan Reissue Vinyl Album Keduanya, Antics

Interpol Umumkan Reissue Vinyl Album Keduanya, Antics

Album kedua klasik Interpol, Antics, merayakan ulang tahunnya yang ke-15 bulan depan. Band asal New York ini akan menandai peristiwa penting itu dengan perilis

on Aug 25, 2019
Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual ‘Jutaan CD Palsu’

Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual Jutaan CD Palsu

“Pemalsuan adalah masalah lama,” kata Amazon, “tapi masalah yang akan terus kami lawan untuk melindungi konsumen, merek, dan penjual.” Recording Ind

on Aug 21, 2019